Tanggal:17 June 2024

Keuntungan Apa Saja Yang Didapatkan Dengan Perusahaan Yang Memilih Untuk Go Public?

Sebuah perusahaan pastinya memiliki banyak tujuan yang ingin dicapai sebagai salah satu perusahaan yang sukses dan tentunya ternama di antara perusahaan-perusahaan lainnya. Salah satunya sendiri adalah dengan go-public. Yang dimaksud perusahaan dengan go-public sudah tahu belum maknanya apa? 

Go-public atau penawaran umum saham merupakan kegiatan penawaran saham yang dilakukan perusahaan untuk menjual saham atau efek kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya. Jadi, sudah tahu kan sekarang mengapa sebuah perusahaan ingin go-public? Lalu, benefit-benefitnya apa aja ya? 

Banyak sekali benefit-benefit yang akan didapatkan oleh perusahaan yang nantinya akan berhasil go-public, salah satunya adalah mengangkat nama dari perusahaan itu sendiri ke public. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita cek dan pelajari bareng keuntungan yang akan didapatkan, jangan di skip ya list berikut ini!

1. Sumber Dana Baru 

Tentu saja, perusahaan akan mendapatkan dana baru melewati saham yang dijual kepada publik. Setelah itu, modal tersebut dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan seperti utang, pertumbuhan perusahaan, hingga digunakan untuk investasi lebih lanjut. Banyak banget bukan kegunaannya?

2. Company Value Meningkat 

Saham kamu akan pasti dijual di dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) setelah go-public berhasil, dan itu akan membuat company value kamu meningkat drastis. Dengan menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di bursa, kalangan perbankan atau institusi keuangan lainnya akan dapat lebih mengenal dan percaya kepada perusahaan. Setiap saat perbankan dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan melalui berbagai keterbukaan informasi yang diumumkan perusahaan melalui bursa.

3. Insentif Pajak 

Pemerintah akan memberikan insentif pajak kepada perusahaan yang go-public berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2013 Tentang Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Badan Dalam Negeri Yang Berbentuk Perseroan Terbuka. Dengan banyaknya perusahaan yang IPO dan menjadi perusahaan terbuka, maka semakin membantu juga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, penerimaan perpajakan negara akan ikut naik seiring berkembangnya pasar modal domestik.

4. Mempertahankan Berlangsungnya Usaha/Perusahaan 

Poin ini juga sangat menguntungkan bagi perusahaan yang sudah go-public, mengapa begitu? Karena jika ada permasalahan yang tiba-tiba terjadi, maka tanggung jawab dari keberlangsungan perusahaan tersebut juga akan menjadi tanggung jawab pemegang saham perusahaan tersebut. Serta, keberlangsungan perusahaan kamu akan lebih panjang dibandingkan perusahaan yang tertutup.

5. Citra Usaha Naik 

Citra perusahaan tentunya akan otomatis naik, mengetahui masyarakat juga mengetahui informasi-informasi yang juga diketahui oleh banyak pihak membuat perusahaan yang sudah go-public sangat terbuka dan akan menciptakan peluang usaha dan pelanggan yang baru setiap saatnya. Menarik bukan?

6. Image Perusahaan Naik 

Pasti kamu ingin banget kan image dari perusahaan naik? Mungkin dengan kamu membuat perusahaanmu go-public, hal tersebut akan terwujudkan. Setelah go-public, banyak sekali media akan meliput perusahaanmu dan membuat para investor penasaran dan tertarik untuk membeli saham perusahaanmu. 

7. Karyawan Makmur 

Konon, kalau perusahaanmu akan lancar dan sukses setelah go-public, maka karyawan-karyawan juga pasti kena imbasnya. Dengan kemungkinan gaji naik serta kinerja yang stabil membuat perusahaan makin bagus. Siapa sih yang tidak minat dengan keuntungan yang satu ini oleh sebuah perusahaan? Pasti menarik banget nih!

Kalau kamu ingin perusahaan kamu go-public, sudah tahu kan benefit-benefitnya apa aja? Jadi ingin go-public gak nih?

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *