Tanggal:19 May 2024
interview kerja

Merasa Kurang Saat Interview? Berikut Tips-Tipsnya!

Saat kamu ingin melakukan interview, kamu pasti ingin melakukan yang terbaik dan memiliki hasil yang baik, seperti mendapatkan posisi yang kamu inginkan. Tetapi, tidak setiap job interview yang kamu ikuti akan menghasilkan yang kamu inginkan. Bisa saja, kamu gagal dan pada saat interview tersebut kamu tidak menjawab dengan benar dan merasa gugup. Lalu, bagaimana sih cara mengatasinya? 

Kurang percaya diri memang menjadi salah satu alasan mengapa interview seseorang gagal mendapatkan pekerjaan. Jika kamu kurang percaya diri, maka kesempatan mendapatkan pekerjaan akan menjadi kecil. Maka dari itu, kamu harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan mempersiapkan wawancara kamu sebelum kamu mengikuti interview. Lalu, tips-tipsnya apa aja sih? Berikut tips-tipsnya!

1. Ubah Kelemahanmu Jadi Kelebihan 

Setiap orang memiliki kelemahan, mulai dari kurang fokus, susah untuk mengerti dengan cepat, dan masih banyak lagi. Cara kamu mengubah itu adalah dengan menggunakannya untuk dijadikan kelebihan diri kamu sendiri. Biasanya dengan kamu menjadikannya sebagai kelebihan, kelemahanmu akan terlupakan karena kamu sudah menggunakannya dengan baik. Jangan dijadikan alasan untuk tidak percaya diri ya!

Baca juga: Tugas debt collector dalam menagih hutang

2. Jangan Pernah Sombong 

Jika kamu sombong, kamu mungkin sulit untuk menjadi percaya diri. Jadi, jangan sampai kamu memiliki sifat sombong ya, terutama pada saat interview. Kamu harus menunjukkan skill-skill dan pengalaman, tetapi penyampaian harus benar dan tidak boleh sombong. 

3. Jangan Meremehkan Diri Sendiri 

Selanjutnya, kamu juga tidak bisa meremehkan diri sendiri kalau kamu merasa tidak yakin saat interview. Jawabanmu bisa menjadi bumerang saat kamu wawancara nanti kalau kamu meremehkan di depan orang yang mewawancaraimu. 

4. Percaya Diri 

 Tidak percaya diri harus kamu lawan, melainkan kamu harus percaya diri saat wawancara. Kalau kamu percaya diri, pihak yang mewawancara kamu juga pasti lebih yakin untuk menerima kamu dalam pertimbangan nanti. Bayangkan saja kalau kamu tidak percaya diri, pasti kesempatan kamu diterima sangat minim.

5. Siapkan Materi Interview Sehari Sebelum 

Yang terakhir, pastikan kamu sudah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk wawancara nanti. Dengan kamu mempersiapkannya dengan matang seperti sehari sebelum, pasti kamu akan siap saat menjalani wawancara keesokan harinya. 

Nah sekarang kamu sudah tahu nih tips-tipsnya, jangan lupa untuk digunakan pas nanti kamu mau wawancara ya! Selamat mencoba!

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *