Tanggal:28 April 2024
membasmi rayap

10+ Cara Membasmi Rayap, Ampuh Hingga Punah!

Rayap adalah hama kecil yang dapat menyebabkan kerusakan furnitur atau perabotan rumah yang terbuat dari kayu secara serius. Rayap juga dapat menggali lebih dalam dan memakan tiang penyangga rumah yang terbuat dari kayu. Pasalnya, para rayap selalu hadir dalam satu koloni lengkap beserta ratu rayap ketika bersarang di dalam rumah ataupun perabotan berbahan kayu.

Jangan menunggu rayap sampai mereka menghancurkan rumah dan perabotan kamu. Jika kamu melihat tanda-tanda rayap berada di rumah, segera singkirkan dan basmi hama kecil ini. Di bawah ini Vocasia telah memberikan rekomendasi bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai cara membasmi rayap secara tuntas. Yuk, disimak!

Cara Membasmi Rayap Di Rumah Secara Alami

Rayap (Sumber: canva.com)

1. Asam Borat

Cara membasmi rayap yang pertama adalah dengan asam borat. Asam borat adalah insektisida alami dan pengawet kayu yang secara tidak langsung dapat membunuh sekaligus membasmi rayap. Saat asam borat masuk ke dalam tubuh rayap, tingkat ini mencegah mereka menyerap nutrisi dari makanan. Akibatnya, akan membuat rayap mati secara perlahan.

Asam borat biasanya berbentuk bubuk dan dapat ditaburkan langsung ke area yang dihinggapi rayap. Pilihan lainnya adalah dengan mengencerkan asam borat dengan air, lalu menyemprotkannya pada area yang terinfeksi. Lakukan cara ini secara rutin selama seminggu dan lihat hasilnya.

Baca Juga: 15 Cara Mengusir Nyamuk Di Rumahmu, Dijamin Ampuh!

2. Cabai Rawit

Cabai Rawait untuk Membasmi Rayap (Sumber: canva.com)

Cabai rawit adalah pengendali hama organik yang sangat bagus untuk membasmi rayap. Capsaicin pedas dan panas dalam cabai dapat membunuh rayap secara alami dengan merusak sistem saraf mereka. Kamu bisa melakukannya dengan cara menaburkan bubuk cabai dalam jumlah banyak ke area yang terinfeksi dan ulangi prosesnya sampai area tersebut benar-benar bebas dari rayap. Kamu juga bisa mencampur bubuk cabai dengan minyak sayur dan mengoleskannya ke area yang terinfeksi. Kamu bisa melakukan cara ini selama 4-5 hari dan periksa apakah rayap benar-benar menghilang.

3. Garam

Garam dapat digunakan sebagai pengusir rayap secara alami yang aman dan tidak beracun. Garam dapat membunuh rayap dengan membuatnya dehidrasi dan mati. Kamu bisa menaburkan garam langsung pada permukaan yang terdapat rayap. Pilihan lainnya adalah mencampurkan garam dengan air hangat dan menyemprotkannya ke area yang dihuni rayap. Dijamin, rayap auto pergi!

4. Minyak Jeruk

Tahukah kamu? Senyawa D-limonene yang terdapat pada minyak jeruk merupakan musuh utama rayap. Senyawa ini menurunkan kerangka luar rayap, yang menyebabkan mereka kehilangan air dan protein, kemudian mati. Semprotkan minyak jeruk langsung pada rayap atau yang dicurigai terdapat rayap. Ulangi penyemprotan secara teratur untuk memastikan rayap sudah hilang.

5. Minyak Mimba

Minyak mimba telah digunakan sebagai agen pengendalian hama selama ratusan tahun. Bahkan, penggunaannya dikatakan lebih unggul dari minyak jeruk. Minyak mimba dapat mengganggu siklus reproduksi serangga dengan membuat mereka lupa makan dan kawin. Pada akhirnya, minyak ini mencegah rayap bertelur dan mencegah rayap menyebar. 

Minyak mimba juga bisa mengeluarkan bau yang tidak disukai rayap. Sangat mudah untuk menyingkirkan rayap dengan minyak mimba. Campurkan 5 ml minyak mimba dengan 2 ml sabun cair dan 1 liter air. Tuang campuran ini ke dalam botol dan semprotkan ke area yang terdapat rayap sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Perlu Diketahui! Berikut Cara Budidaya Ikan Nila

6. Cuka

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan cuka. Cara ini merupakan cara tercepat dan termudah untuk membasmi rayap. Kamu hanya perlu mencampurkan air perasan 2 buah lemon dengan 1/2 cangkir cuka. Tuang campuran ini ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang dihinggapi rayap. Keasaman campuran cuka dan jus lemon akan membunuh rayap. Semprotkan campuran lemon-cuka ini secara teratur sampai rayap benar-benar hilang.

7. Sinar Matahari

Rayap membenci sinar matahari. Faktanya, rayap bisa mati karena terlalu banyak terkena sinar matahari. Jika rayap menyerang furnitur kamu, segera jemur furnitur kamu di bawah terik matahari. Ulangi cara ini selama 2-3 hari atau sampai rayap benar-benar hilang.

Jika rumah kamu dihinggapi rayap, kamu dapat memasang lampu UV untuk menerangi area tersebut. Cara ini sama halnya dengan menjemur furnitur di bawah sinar matahari.

8. Kardus Basah

Dua hal yang disukai rayap adalah air dan selulosa. Nah, kamu bisa memasang jebakan dengan cara menuangkan air di atas kardus. Kemudian, susun beberapa kotak kardus basah tersebut sebagai umpan untuk memancing rayap. Jika rayap telah berkumpul dan memakan selulosa di dalam kardus, segera bakar tumpukan kardus untuk membunuh rayap di dalamnya.

9. Nematoda

Nematoda untuk Membasmi Rayap (Sumber: canva.com)

Cacing parasit ini sangat kecil dan tidak terlihat dengan mata telanjang. Cacing ini merupakan musuh berbagai jenis hama, termasuk rayap. Nematoda menyerang dan membunuh rayap mangsanya dengan menyuntikkan bakteri mematikan atau menyerang inangnya. Mereka membunuh rayap dalam beberapa hari setelah meracuni tubuh rayap.

Keuntungan lainnya adalah nematoda tidak merusak kayu dan tidak berbahaya bagi manusia serta hewan peliharaan. Nematoda mati setelah menyelesaikan tugasnya. Kamu dapat menemukan nematoda di apotek hama. Untuk menggunakannya, campurkan nematoda dengan air dalam mangkuk besar dan aduk perlahan. Tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang dipenuhi rayap. Semprotkan setidaknya sekali sehari.

10. Sirami dengan Air Sabun

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan menggunakan air sabun. Obat anti rayap berbahan kimia ini sangat mudah didapatkan dibandingkan cairan kimia lainnya. Air sabun menghambat aliran pernapasan rayap, menyebabkan rayap mati lebih cepat. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu cukup semprotkan air sabun pada furnitur kayu yang dihinggapi rayap.

11. Menyimpan Kapur Barus

Bahan kimia ini telah terbukti sebagai obat antirayap yang ampuh dan efektif. Kandungan naftalena di dalam kapur barus bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap.

Tidak hanya itu, penggunaan kapur barus untuk membasmi rayap di rumah akan membunuh berbagai jenis serangga, termasuk kecoa dan semut. Cukup letakkan segenggam kapur barus pada furnitur kayu kamu, dijamin rayap akan menjauh. Beberapa orang menganggap cara membasmi rayap dengan kapur barus ini lebih efektif daripada yang lain.

12. Perlebar Ventilasi

Memperlebar Ventilasi untuk Membasmi Rayap (Sumber: canva.com)

Kamu tidak harus menggunakan obat pembasmi rayap untuk membasmi rayap. Cara ini terbilang sederhana, namun sangat penting. Biasanya rumah terasa lembab karena udara dan cahaya yang tidak masuk dan bertukar.

Oleh karena itu, diperlukan penambahan atau perluasan ventilasi udara dan cahaya di dalam rumah. Hal ini harus dilakukan agar suasana rumah dan perabotannya tidak lembab. Jika kamu melakukan ini, suhu ruangan akan meningkat drastis dan rayap pasti akan berhenti datang.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Itu dia beberapa cara untuk membasmi rayap di rumah. Kombinasi dari cara-cara di atas akan membasmi rayap secara tuntas. Beberapa cara ini juga bisa digunakan untuk mencegah rayap kembali. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *