Tanggal:25 May 2024

Overthinking : Pengertian dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu mendengar istilah overthinking? Overthinking merupakan istilah yang diberikan kepada orang-orang yang selalu banyak berpikir. Apakah kamu salah satunya? Berpikir sebelum bertindak merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Namun, jika terlalu berlebihan, akan menganggu kehidupanmu karena menguras waktu, tenaga, maupun pikiran. Untuk itu, kamu harus menemukan cara mengatasi overthinking tersebut.

Kata overthinking, saat ini banyak sekali kita dibahas oleh anak muda, terutama di kalangan mahasiswa. Mereka kerap terjebak pada pada masa lalu dan selalu memiliki skenario “Bagaimana kalau…”. Overthinking pada usia remaja menuju dewasa bisa saja disebabkan sebagai salah satu hal yang diakibatkan dari quarter life crisis.

Pengertian Overthinking 

Apa itu overthinking (sumber: Unsplash)

Overthinking adalah suatu keadaan di saat orang merasa resah atau khawatir karena berpikir terlalu dalam guna mencari jawaban atas semua pertanyaan yang ada di kepala, sehingga mereka akan terus memikirkan hal tersebut walaupun terdistraksi oleh banyak hal. Dalam arti lain, overthinking merupakan istilah yang kerap digunakan kepada orang-orang yang terlalu banyak berpikir, tetapi berbeda dengan seorang pemikir, ya!

Overthinking ini tidak melulu memikirkan tentang hal yang penting saja, tapi kadang-kadang orang yang overthinking menghabiskan cukup banyak waktu untuk memikirkan hal yang seharusnya tidak dipikirkan. Mereka memikirkan hal itu secara berulang dan berlebihan sehingga bisa mengganggu aktivitas lain dan mengalami kesulitan untuk tidur.

Oleh karena itu, overthinking kerap menjadi masalah yang banyak terjadi di antara orang-orang. Selain itu, overthinking ini juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan secara fisik maupun mental. Mau tau apa saja? Simak dampak buruk dari overthinking di bawah ini dan cara mengatasi overthinking!

Dampak Buruk Overthinking

Dampak buruh overthinking (sumber: Unsplash)

Dilansir dari Halodoc, overthinking yang berlangsung dalam jangka yang panjang dapat memicu dampak negatif untuk kesehatan tubuh dan mental, yaitu:

  • Memengaruhi Kinerja Otak

Seseorang yang sudah overthinking kronis dapat mengubah fungsi otak dengan mengubah struktur dan konektivitasnya. Stres kronis bisa menyebabkan masalah mental, seperti gangguan kecemasan dan gangguan mood.

  • Memengaruhi Sistem Pencernaan

Terlalu banyak berpikir bisa menyebabkan stres, yang pada akhirnya memengaruhi sistem pencernaan. Paparan stres menyebabkan masalah pencernaan. Seperti penyakit radang usus, sindrom iritasi usus besar, perubahan motilitas saluran cerna dan sekresi lambung. Serta peningkatan permeabilitas usus dan perubahan mikrobiota usus.

  • Fungsi Jantung Terganggu

Overthinking dan khawatir berlebihan bisa membahayakan kesehatan kardiovaskular. Sakit dada, takikardia, pusing, merupakan beberapa masalah yang bisa muncul akibat overthinking. Faktor risiko, seperti depresi, penyalahgunaan zat, dan kesulitan tidur yang berkaitan dengan kekhawatiran kronis juga bisa memperparah masalah.

  • Menekan Sistem Kekebalan Tubuh

Stres karena pikiran yang berlebihan bisa menyebabkan pelepasan kortisol dalam tubuh, yang pada akhirnya melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ketika pertahanan alami tubuh ditekan, hal itu menjadi lebih rentan terhadap infeksi penyakit.

  • Risiko Kanker Meningkat

Berpikir yang berlebihan menyebabkan stres dan aktivitas konstan sumbu hipotalamus hipofisis adrenal merusak respons imun, yang menyebabkan kanker tertentu berkembang terus-menerus.

Begitu banyak dampak negatif jika kita terus-menerus overthinking. Mulai dari permasalahan mental, sampai kesehatan tubuh, seperti fungsi jantung yang terganggu, dan resiko kanker. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Ada baiknya kita segera mengatasi overthinking ini sebelum menyesal di kemudian hari. 

Cara Mengatasi Overthinking 

Solusi overthinking (sumber: Unsplash)

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa overthinking banyak menyebabkan hal buruk terjadi, oleh karena itulah penting bagi kita tahu bagaimana cara mengatasi overthinking. 

1. Ketahui Penyebabnya

Seringkali seseorang yang overthinking tidak sadar bahwa dirinya selalu berpikir yang berlebihan. Untuk itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui penyebab mengapa kamu sampai overthinking. Berpikiran yang berlebihan atau overthinking pasti memiliki penyebab pemicunya. Bisa dari kenangan pahit, atau traumatis masa lalu. Setelah kamu mengetahui penyebabnya, tenangkan lah pikiranmu. Jangan sampai setelah kamu mengetahui penyebabnya kamu malah semakin terbebani. Rileks, ya!

2. Berpikiran Terbuka

Overthinking adalah hal yang bisa membuat seseorang terlalu membatasi diri. Cobalah untuk berpikiran terbuka. Pikiran yang terbuka dapat membuatmu melihat solusi dari segala permasalahan, termasuk solusi untuk mengatasi dirimu yang overthinking. Singkirkan lah pikiran yang negatif, dan buatlah dirimu untuk terus berpikir positif. Sehingga kamu mendapatkan solusi dari segala permasalahanmu. Dan membuat pikiranmu lebih tenang.

Baca Juga :

3. Keluar Dari Zona Nyaman

Agar kamu bisa mengatasi overthinking, kamu harus mencoba keluar dari zona nyaman. Pertama kamu bisa mencoba untuk move on atas segala hal yang pernah terjadi pada dirimu. Maafkan dirimu, dan jangan pernah menyalahkan dirimu. Semua yang terjadi di masa lalu biarlah berlalu, masa kini dan masa depan itu selalu berubah. Jadi, jangan patokkan dirimu yang saat ini dan di masa depan dengan dirimu yang ada di masa lalu. Percaya saja jika kamu sudah pernah melewatinya, berarti kamu sanggup bertahan untuk melakukan hal yang baru di masa mendatang.

4. Latihan Terapi Mindfulness

Overthinking adalah keadaan yang bisa membuatmu cemas dan tertekan. Kamu bisa berlatih untuk melakukan terapi mindfulness. Terapi mindfulness ini bisa membantu kamu agar lebih menikmati hidupmu. Sehingga kamu tidak memikirkan hal-hal yang berlebihan, dan juga bisa meningkatkan kesehatan mentalmu. 

Baca Juga: Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

5. Melakukan Apapun yang Kamu Suka

Walaupun kamu sedang dalam kesibukan karena aktivitas yang padat. Nggak ada salahnya, lho, kalau kamu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Overthinking adalah keadaan yang bisa membuatmu takut bergerak maju. Kalau kamu melakukan hal-hal yang kamu sukai, kamu akan menjadi senang dan tidak banyak berpikir yang berlebihan. Kamu bisa mendengarkan musik, menonton film, liburan, atau apapun yang kamu sukai sehingga kamu jadi lebih menikmati hidup, dan terbebas dari overthinking.

6. Jangan Memaksakan Dirimu

Jika kamu menganggap bahwa overthinking adalah hal yang membuatmu selalu melakukan sesuatu, lebih baik jangan memaksakan dirimu terlihat sempurna dalam mengerjakan sesuatu. Tidak apa-apa jika kamu tidak bisa melakukan segala hal, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Jangan sakiti dirimu dengan standar bahwa segala sesuatu harus berjalan sesuai apa yang diharapkan. Kalau kamu terus-terusan seperti itu, kamu bisa stress yang berkepanjangan. Tanamkan di dalam dirimu, jika kamu belum bisa melakukan suatu hal dengan baik hari ini, maka esok kamu pasti bisa. Yakinlah! 

7. Banyak Bersyukur

Cara terakhir agar kamu bisa mengatasi overthinking adalah dengan banyak bersyukur. Dengan kamu banyak bersyukur, kamu akan merasa beruntung bahwa hidupmu sampai saat ini masih diberikan segala kemudahan oleh Tuhan. Banyak bersyukur juga membuat dirimu menjadi lebih positif karena kamu akan selalu berpikir bahwa segala sesuatu harus dinikmati dan disyukuri.

Nah, itu tadi 7 cara mengatasi overthinking, kamu bisa mencobanya perlahan-lahan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca Juga: 9 Macam Kecerdasan Manusia, Kamu Yang Mana?

Edited by Romadhona S.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *