Tanggal:20 July 2024

Cara Membuat Chicken Katsu yang Enak dan Mudah!

Terdapat banyak jenis makanan yang tersebar di seluruh dunia dan tentunya makanan tersebut memiliki rasa yang khas sehingga memunculkan stigma bagi orang-orang tentang asal negara makanan tersebut. Semakin unik rasa dan bentuk makanan tersebut, semakin membuat penasaran orang yang melihat dan mendengarnya. Dari yang penasaran jadi ingin mencicipinya. Oleh karena itu, tidak salah kalau beberapa makanan ini bisa jadi salah satu moodbooster bagi seseorang karena lewat makanan, hati pun jadi senang.

Salah satu makanan yang banyak digemari, yaitu chicken katsu.  Masakan ayam goreng tepung berbumbu yang berasal dari Jepang ini cukup disukai oleh banyak orang, khususnya kaum milenial. Hal ini karena penyajiannya yang unik dan praktis serta rasanya pun tak kalah enak. Cara membuat chicken katsu pun tidak susah, jadi kamu juga bisa buat sendiri di rumah agar lebih hemat dan sehat. Tetapi untuk soal rasa juga tidak kalah enaknya dengan yang ada di restoran. Nah, di sini kita akan membahas tentang gimana, sih, cara membuat chicken katsu yang enak di rumah

Baca juga: Franchise Fried Chicken D’Besto, Ayam Kriuk Dengan Harga Ekonomis!

Cara Membuat Chicken Katsu yang Enak  

Sebelum memasak, siapkan bahan-bahan berikut ini:

Daging ayam (sumber: Unsplash)
  1. ½ kg paha/dada ayam tanpa tulang dan kulit 
  2. Garam secukupnya
  3. 120 gram tepung serbaguna 
  4. 2 butir telur, dikocok dengan sendok 
  5. Tepung roti secukupnya 
  6. Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng) 
  7. Saus barbeque siap makan (instan)

Setelah semua bahan siap, mari kita memasak chicken katsu-nya. Sebelum memasak, jangan lupa cuci tangan dulu, ya, biar bersih dan sehat. 

Cara Memasak Chicken Katsu

Cara membuat (sumber: Unsplash)
  1. Pertama-tama, cuci paha/dada ayam tanpa tulang sampai bersih di air yang mengalir. 
  1. Kemudian, potong-potong daging ayam tipis-tipis dan pipihkan menggunakan cobek atau rolling pin agar dagingnya lebih tipis. Sebagai tambahan, sebaiknya memipihkan daging dengan halus dan hati-hati karena daging akan mudah hancur saat dipipihkan.
  1. Setelah daging ayam cukup tipis, lumuri dengan campuran garam dan kaldu bubuk yang sudah diberi air. Proses inilah yang disebut marinasi. 
  1. Daging ayam yang sudah dimarinasi, dibolak-balik agar bumbunya merata, lalu biarkan selama 30 menit hingga 1 jam agar meresap dengan sempurna ke dalam daging. 
  1. Sambil menunggu bumbu marinasi meresap ke daging, buat adonan untuk lapisan luar daging ayam, yaitu tepung basah dan kocokan telur. 
  1. Tepung basah terbuat dari 120 gram tepung serbaguna yang dicampur dengan air. Tepung basah juga bisa dibuat dari campuran tepung terigu, lada bubuk, dan garam secukupnya.
  2. Siapkan 2 butir telur lalu dikocok menggunakan sendok dengan ditambah sedikit air. Kocokan telur akan digunakan setelah daging ayam dibalut tepung basah. 

Baca juga: Ingin Berbisnis Ayam Geprek? Buka Franchise Ayam Kepabron Aja!

  1. Setelah satu jam berlalu, daging ayam sudah bisa dibalut dengan adonan tepung basah hingga merata. 
  1. Kemudian daging ayam yang sudah dibalut tepung basah dicelupkan ke kocokan telur yang sudah disiapkan sebelumnya secara merata. 
  1. Jika daging ayam sudah dibalut dengan tepung dan telur, saatnya daging ayam dilumuri kembali menggunakan tepung roti atau tepung panir. Pastikan tepungnya merata ke seluruh daging ayam, ya.
  1. Siapkan minyak goreng, kemudian tuang minyak goreng ke wajan dan panaskan. 
  1. Kemudian goreng chicken katsu di api yang sedang hingga berwarna kuning kecoklatan. Sebagai tambahan, sebaiknya saat menggoreng, tetap standby di depan penggorengan. Hal ini karena daging tulang pipih , ditambah adanya tepung panir membuat chicken katsu rentan gosong.
  1. Lalu angkat dan tiriskan. Susun chicken katsu di piring. Kamu bisa menambahkan nasi hangat, lalu siram dengan bumbu barbeque yang sudah disiapkan sebelumnya.  
  1. Chicken katsu siap disantap bersama keluarga.

Selain bisa langsung disantap, chicken katsu bisa juga disimpan di freezer terlebih dahulu, loh. Jika disimpan di freezer, tekstur tepung jadi lebih padat dan tidak mudah rontok ketika digoreng. Jadi, bisa digoreng setiap saat atau ketika waktu makan tiba. Tentu makanan ini bisa jadi penyelamat kamu saat stok bahan makanan menipis atau lapar di tengah malam, bukan?

Kreasi Chicken Katsu

Kreasi ayam (sumber: Unsplash)

Kamu bisa mengkreasikan chicken katsu ini menjadi berbagai menu dan kombinasi berbagai saus seperti:

  • Curry chicken katsu
  • Chicken katsu sambal matah
  • Chicken katsu saus teriyaki
  • Blackpaper chicken katsu
  • Chicken katsu saus tartar, dan
  • Chicken katsu saus keju bayam

Baca juga: Franchise Chicken Popop, Camilan Ayam Tepung Yang Gurih

Resep chicken katsu ini ramah buat keluarga kecil, loh. Karena bisa untuk 3-4 orang dan bisa dikonsumsi anak kecil juga. Waktu masaknya juga tidak memakan waktu yang lama. Sehingga bisa dijadikan opsi untuk bekal ke sekolah, kuliah, atau bahkan bekal kerja. Selain itu, chicken katsu juga bisa jadi santapan saat ada acara keluarga atau acara reunian dengan teman di rumah. Acaranya di rumah tapi berasa di restoran mewah karena memasak chicken katsu

Itulah tadi salah satu resep membuat chicken katsu yang sederhana dan bisa dicoba di rumah agar makanan lebih bervariasi dan tidak perlu keluar rumah untuk memakan chicken katsu. Untuk kamu yang membutuhkan informasi terkait kesehatan, hobi, dan gaya hidup, kamu bisa melihat selengkapnya di blog Vocasia hanya di sini.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *