Tanggal:26 April 2024

Sudah Tahu? Ini 7 Manfaat Kinesio Tape

Kinesio tape, benda yang sangat familiar bagi pecinta olahraga. Benda yang memiliki beragam warna dan menempel di tubuh, seperti plester panjang ini cukup menarik perhatian penonton, khususnya saat ada kompetisi olahraga. Baik ketika melihat langsung di stadion maupun secara online melalui televisi di rumah. Tapi pernahkah kamu berpikir, bagaimana asal-usul terbentuknya kinesio tape? Memangnya, apa fungsinya? Yuk, simak penjelasannya. 

Pengertian Kinesio Tape 

Kinesio tape (sumber: Pexels)

Kinesio tape adalah alat kesehatan yang merupakan temuan dari Dr. Kenzo Kaze pada tahun 1970-an. Pada tahun 1970-an, untuk pertama kalinya kinesio tape dirancang di negara Jepang. Pada awalnya, kinesio tape masih memiliki tekstur yang kaku sehingga kurang nyaman ketika dipakai dan tidak berfungsi dengan semestinya. 

Baca juga: 5 Pilihan Bahan Baju Olahraga Super Nyaman Dan Anti Gerah!

Kemudian Dr. Kenzo Kaze melakukan perbaikan pada temuannya itu. Dr. Kenzo Kaze membuat kinesio tape dengan tekstur yang lebih elastis. Tujuannya agar lebih nyaman ketika digunakan dan mampu berfungsi dengan semestinya saat berolahraga. Bahan yang digunakan adalah campuran katun dan nilon dengan warna yang sangat beragam.

Kinesio tape yang sudah layak digunakan akhirnya diperkenalkan ke dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1988 di Olimpiade Seoul. Sejak saat itu, kinesio tape mulai banyak digunakan oleh masyarakat, baik atlet maupun masyarakat biasa. Masyarakat tertarik dengan kinesio tape karena memiliki warna yang beragam. Selain warna yang menarik, kinesio juga memiliki manfaat yang tak kalah menarik juga, loh. Kinesio tape biasanya digunakan di bagian paha, punggung, bagian atas lengan, bawah lutut, betis dan beberapa bagian tubuh lainnya. Yuk, simak apa saja manfaat kinesio tape!

Manfaat Kinesio Tape 

1. Melatih Kerja Otot

Melatih otot (sumber: Pexels)

Baca juga: Manfaat Handgrip Untuk Otot Tangan Dan Tips Memilihnya!

Manfaat yang pertama, yaitu melatih kerja otot. Kinesio tape digunakan ketika otot telah kehilangan fungsi kerjanya atau otot-otot yang dipergunakan secara salah. Maka dengan menggunakan kinesio tape lah otot akan bekerja kembali normal. Selain itu, penggunaan kinesio tape juga berguna untuk memperbaiki postur tubuh akibat salahnya fungsi otot. Seperti pada kepala dan leher, juga pada penderita stroke agar bisa berdiri dengan baik 

2. Menumpu Otot atau Persendian yang Lemah 

Menumpu sendi (sumber: Pexels)

Dengan menggunakan kinesio tape, akan membantu menyokong otot atau sendi yang menjadi lemah. Seperti akibat iritasi pada otot pergelangan kaki bagian belakang, sindrom stress patellofemoral, dan sindrom gesekan jaringan ikat yang ada di sepanjang paha. Pemakaian kinesio tape juga berguna bagi orang yang memiliki tulang yang lebih lentur dari orang pada umumnya atau biasa disebut dengan hyperlaxity. 

3. Mengatasi Cedera

Cedera (sumber: Pexels)

Atlet merupakan salah satu orang yang memiliki tubuh yang lentur karena otot dan tulang selalu aktif. Selain atlet, orang yang memiliki tubuh dan postur tulang yang hyperlaxity juga memiliki otot yang lentur sehingga mereka ini rentan mengalami cedera. Oleh karena itulah, dengan menggunakan kinesio tape dapat menjadi salah satu tambahan selain terapi fisik untuk mengatasi cedera. Dengan menggunakan kinesio tape, juga dianggap bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri pada sendi dan pembengkakan akibat cedera.

Baca juga: 10 Gerakan Pemanasan Dasar Sebelum Olahraga Untuk Cegah Cedera

4. Melancarkan Aliran Darah dalam Tubuh 

Sirkulasi darah (sumber: Pexels)

Dengan menggunakan kinesio tape di bagian tubuh yang mengalami pembengkakan atau cedera, dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Selain itu, kinesio tape juga bisa meningkatkan sirkulasi cairan limfatik, yaitu sebuah cairan yang sebagian besar mengandung air, protein, bakteri, dan bahan kimia lainnya. Limfatik berfungsi untuk mengatur pembengkakan atau penumpukan. Jadi, dengan memakai kinesio tape akan memberi ruang ekstra dan mengubah tekanan pada area bawah kulit.  

5. Mengurangi Rasa Nyeri

Nyeri sendi (sumber: Pexels)

Kinesio tape juga dapat mengurangi rasa nyeri pada area tubuh yang mengalami cedera atau nyeri. Penggunaan plester ini dapat memberikan tekanan lembut pada bagian cedera tersebut. 

Baca juga: Tiba-Tiba Kaki Kram? Berikut Cara Mengatasi Kaki Kram!

6. Memberikan Ruang Pada Persendian 

Memberi ruang lebih pada sendi (sumber: Pexels)

Salah satu manfaat penggunaan jenis kinesio tape ini dapat terjadi saat plester digunakan pada lutut yang bermasalah. Dengan menggunakan kinesio tape pada lutut, maka bisa meminimalisir iritasi atau rasa sakit pada persendian saat melakukan aktivitas berat. Karena pada bagian lutut lah yang menopang anggota tubuh dan membutuhkan kekuatan agar bisa membawa beban berat. 

7. Memberikan Kenyamanan Ketika Berolahraga 

Meningkatan performa (sumber: Pexels)

Kinesio tape biasanya dipakai pada saat berolahraga, dan bisa dikatakan bahwa kenyamanan merupakan hal penting bagi seorang atlet. Karena beberapa dari mereka percaya bahwa dengan menggunakan kinesio tape, dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan penampilan serta melindungi atlet dari cedera saat sedang berlaga. Hal ini dikarenakan pada saat berolahraga persendian menjadi kurang stabil dan otot sedang berkontraksi.

Baca juga: Sudah Tahu? Ini 12 Obat Asam Urat Alami

Cara Menggunakan Kinesio Tape 

Penggunaan kinesio tape (sumber: Pexels)

Setelah mempelajari tentang manfaat menggunakan kinesio tape, selanjutnya artikel ini akan membahas cara menggunakan kinesio tape yang benar agar tidak menyebabkan rasa sakit atau dampak buruk lainnya.

  1. Sebelum memasang kinesio tape, pastikan kulit sudah dalam keadaan bersih dari minyak, air, ataupun kotoran lainnya. 
  2. Lebih baik menggunakan kinesio tape satu jam sebelum melakukan aktivitas apapun. Hal ini berguna agar kinesio tape tetap menempel dengan tepat di kulit.
  3. Buka plester secara perlahan. Berhati-hatilah pada bagian perekat agar tidak terkontaminasi dengan bahan lain dan plester tetap lengket 
  4. Ketika akan menempelkan salah satu ujung plester, longgarkan ujung bagian satunya agar kinesio tape tidak terlalu ketat dan menyebabkan iritasi kulit. Atau biasanya dapat menyebabkan kinesio tape mudah lepas.
  5. Saat menempelkan plester, jangan menyentuh bagian yang lengket dan menyesuaikan renggangan sesuai dengan yang dianjurkan oleh terapis. 
  6. Setelah tertempel pada kulit, gosoklah agar plester tersebut melekat dengan baik. Gosoklah kinesio tape menggunakan tangan dan jangan menggunakan alat lain.
  7. Setelah itu, sudah bisa melakukan aktivitas olahraga atau lainnya. 
  8. Kinesio tape dapat digunakan selama kurang lebih 3 hingga 5 hari, disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.
  9. Kinesio tape memiliki elastisitas hingga 75% sehingga tidak terlalu ketat dan menyebabkan cedera.
  10. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat agar tidak menyebabkan iritasi kulit. 

Demikianlah beberapa ulasan tentang manfaat dan cara menggunakan kinesio tape yang tidak hanya berguna bagi atlet saja, tetapi juga bagi orang yang mengalami cedera atau sakit pada tulang dan persendian. Untuk kamu yang menginginkan informasi lebih banyak tentang dunia kesehatan, olahraga, hobi, dan gaya hidup, kamu bisa mengunjungi blog Vocasia hanya di laman berikut.  

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *