Tanggal:25 April 2024

Cara Membuat Template di PowerPoint

Salah satu yang mendukung tampilan pada PowerPoint adalah template yang dipakai sebagai aspek yang akan diperhatiakn oleh audiens, tetapi beberapa orang masih bingung dalam membuat template pada PowerPoint sehingga sedikit menyulitkan bila ingin memakai template tapi belum bisa cara memakai template yang sesuai seperti keinginan hati. Jadi simak cara untuk membuat template dalam power point seperti berikut ini

Template Membantu Menghemat Waktu

Template dalam PowerPoint terdiri dari beberapa slide yang siap pakai untuk digunakan dalam kebutuhan presentasi tanpa harus membuang waktu untuk mendesain presentasi secara penuh dari awal, dengan template maka Anda jadi bebas mengedit, menambahkan konten, juga menyesuaikan kebutuhan sesuai presentasi yang akan dibawakan.

Penggunaan template pada power point akan membantu menghemat waktu dan tenaga, karena semuanya jauh lebih cepat dibandingkan membuatnya dari awal, selain itu, biasanya satu-satunya elemen yang bisa berubah ketika bekerja dengan template powerpoint adalah warna, tipografi, salinan, dan aset-ase vsual seperti foto salah satunya.

Cara Membuat Template PowerPoint

Pada PowerPoint juga tersedia bagaimana cara membuat template yang bisa dibuat tanpa berbayar, caranya :

1. Buka PowerPoint, pilih View, lalu klik Slide Master

Buka lembar kerja baru pada microsoft power point, kemudian klik menu “View” pada toolbar, dan pilih “Slide Master”

2. Sisakan satu Layout, kemudian klik kanan, kemudian pilih Format Background

Setelah itu, silakan hapus beberapa layout yang ada dan sisakan satu sampai 2 layout, setelah itu taruh kursor di layout pertama kemudian klik kanan dan pilih Format Background untuk mengedit backgroundnya.

3. Klik Picture or Texture Fill, lalu klik File pada Insert Picture

Selanjutnya klik ” Picture or texture fill” untuk mengubah tampilan background, atau ada beberapa pilihan background yang disediakan, dan pastikan untuk mengingat dimana tempat penyimpanannya.

Baca Juga | Kenali Prinsip dalam Desain Logo

4. Klik menu Insert dan pilih Shape

Klik “File” pada pilihan Insert picture from, kemudian nanti akan terbuka  jendela baru yang meminta kita untuk memilih file gambar yang akan digunakan, jadi pilih gambar yang sesuai keinginan.

5. Pilih Font dan Style

Selanjutnya tambahkan box, logo, dan nama brand. Caranya, klik menu “Insert” lalu pilih “Shape”, kemudian silakan pilih bentuk kotak atau yang lainnya sesuai dengan keinginan, selanjutnya terapkan pada lembar kerja. Bila ingin mengubah warna dan mengatur box, bisa dengan memanfaatkan menu yang ada apda toolbox, termasuk membuat warna box menjadi transparan.

Untuk menambhakan logo, silakan klik “Insert” lalu pilih “Pictures” dan akan muncul jendela baru untuk mengambil file gambar yang sudah disiapkan sebelumnya, silakan drag dan place pada titik yang diinginkan, bila ingin mengatur besar kecilnya bisa dengan klik ujung gambar lalu tarik untuk mengatur size nya, selanjutnya bisa menambahkan text dengan klik “Insert” lalu pilih “Wordart”.

6. Tambahkan Logo atau Text

Untuk mengatur besar font dan gaya sesuai dengan keinginan atau bisa juga dengan menyesuaikan warnanya dengan tema template bisa dengan cara, mengubah style font pada judul dan sub judul dengan klik area, blok text, lalu pilih jenis font dan ubah warnanya. Jika ukurannya kurang besar, bisa diubah dengan memilih ukuran font yang tersedia.

Selanjutnya untuk menambahkan layout, klik “Slide Master” lalu pilih “Insert Layout” , dan klik pada layout sebelumnya yang sudah selesai dibuat, selanjutnya klik “Apply to all” di pojok bawah bagian toolbox “Format background” yang akan menampilkan gambar sama pada smeua layout.

Baca Juga | Cara Mendesain Logo

7. Tambahakan logo atau text

Selanjutnya bisa tembahkan shape, logo, dan text sebagaimana yang sudah dilakukan pada langkah sebelumnya, untuk membuat kreasi yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan.

8. Simpan hasilnya

Jika sudah selesai bisa disimpan dengan cara : klik “file” pilih “Save As” lalu ubah save as type menjadi “PowerPoint Template” lalu klik “Save” maka semua akan selesai.

(Sumber : ngopibareng.id)

Baca Juga :

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *