Tanggal:22 July 2024

Cara Membangun Networking Untuk Fresh Graduate

Dalam dunia kerja, membangun jaringan atau jaringan profesional itu penting. Hal ini tentunya menyangkut reputasi dan juga tuntutan pekerjaan yang membutuhkan hubungan yang cukup luas. Sebagai lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan, memiliki jaringan yang luas dapat membantu kamu menemukan pekerjaan dengan lebih mudah.

Baca Juga : Tips Memasuki Dunia Kerja Untuk Fresh Graduate

Lalu kenapa fresh graduate harus memulai networking? Kamu bisa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan dari relasi yang kamu miliki. Selain itu, memiliki networking yang luas juga dapat menunjang karir kamu saat memasuki dunia kerja.

Baca Juga : Interview Kerja

Alasan penting mengapa networking diperlukan terutama bagi fresh graduate, selain memberikan peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan, mengasah kemampuan komunikasi, mendapatkan banyak informasi penting, dan melatih untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

Cara Membangun Networking Bagi Fresh Graduate

Membangun jaringan sebenarnya tidak perlu saat memasuki dunia kerja. Kamu dapat mulai mencari koneksi dari perguruan tinggi. Keterkaitan ini bisa ditemukan dengan mengikuti berbagai kegiatan yang bisa dilakukan selama masih kuliah. Misalnya dengan mengikuti kegiatan UKM atau kegiatan perkumpulan. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengikuti workshop atau volunteering yang biasanya terbuka untuk mahasiswa.

Membangun jaringan bukanlah hal yang mudah, terutama bagi fresh graduate. Namun, kamu juga tidak perlu terburu-buru untuk membuat jaringan ini karena jenjang karir setiap orang berbeda-beda.

Buatlah tujuan networking yang jelas yang akan kamu buat, buka selebar mungkin pintu jejaring yang kamu buat karena semakin banyak semakin baik. Sebelum kamu mencoba mendekati orang tertentu, perhatikan bagaimana kamu bersikap saat mendekati orang tersebut. Sikap ketika kita dengan jaringan yang satu level dengan level yang lebih tinggi atau lebih rendah tentunya harus berbeda.

Baca Juga : Portofolio

Lulusan baru yang baru saja memasuki dunia kerja tidak asing dengan hubungan profesional. Dalam networking, fresh graduate seringkali merasa canggung untuk memulai percakapan dengan orang lain. Lantas bagaimana sebenarnya membangun jaringan bagi para lulusan baru agar dapat memaksimalkan kiprahnya di dunia kerja?

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan fresh graduate untuk membangun networking yang baik di dunia kerja nantinya.

1. Be Yourself

Cara pertama saat membuka hubungan baru adalah kejujuran. Dengan menjadi diri sendiri, kamu tidak perlu merasa minder dengan usia yang masih muda dan status fresh graduate di dunia profesional.

Apalagi jika orang yang kamu coba hubungi masih almamater yang sama. Jadi manfaatkan usia mudamu dan status lulusan baru untuk menghubungi (potensial) mentor, serta mendekati profesional untuk networking.

Sebelum kamu mulai berjejaring, kamu harus melakukan riset target. Kemudian, ketika kamu bertemu dan berbicara dengan para profesional, kamu dapat mengajukan pertanyaan, membuat catatan, dan belajar banyak. Dengan meminta saran dan saran, orang-orang profesional akan tersanjung.

2. Berteman dengan siapa saja

Cara ini bisa menjadi awal ketika kamu ingin memulai networking. Saat pertama kali mulai bekerja, cobalah berteman dengan rekan kerja, karyawan di divisi lain, bos, hingga klien di luar hubungan profesional. Menjalin pertemanan yang tulus adalah cara yang tepat untuk membangun jaringan yang akan berkembang menjadi jaringan yang kuat di masa depan.

Kamu dapat berbagi banyak hal dengan temanmu kapan saja, bahkan di luar pekerjaan. Dimulai dengan dilema pekerjaan dan sulitnya kehidupan karir. Namun, hindari terlibat dalam gosip. Dengan persahabatan yang kuat, teman-teman kamu akan mengingat kamu ketika kamu mendapatkan pekerjaan atau peluang karir yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Teman di Kantor

3. Fokus dan Punya Strategi

Cara ini dapat menjadi penguat untuk lulusan baru, networking lebih dari sekadar menyebarkan kartu nama ke semua orang. Networking akan mengantarkan kamu pada kondisi lingkungan yang semakin luas. Oleh karena itu, kamu perlu fokus. Mulailah dengan mengenali target yang ingin kamu ketahui lebih lanjut. 

Kemudian kamu dapat menemukan hubungan yang ada antara kamu dan target networking. Kamu dapat mulai mencari cara terbaik untuk mengenali profesional menggunakan relasi, acara reuni, atau sosial media profesional yaitu LinkedIn.

Baca Juga : Meningkatkan Motivasi Kerja

4. Tindak lanjuti relasi yang kamu miliki

Membuka hubungan profesional lebih mudah daripada mempertahankannya. Jika kamu telah berhasil membangun jaringan dengan seseorang, jangan lupa untuk menindaklanjutinya. Kamu bisa mengirimkan artikel-artikel menarik, ucapan selamat atas pencapaian, atau selamat ulang tahun.

Mungkin kamu merasa canggung menyapa seseorang yang baru kamu kenal. Namun, setelah kamu mengikuti akun media sosial rekan kerja kamu, itu menjadi jauh lebih mudah. Misalnya, ketika dia memperbarui status tempat kerja barunya, kamu dapat mengucapkan selamat kepadanya. Jangan sampai kamu mengabaikan rekan kerja dan hanya menghubungi mereka saat ada keperluan saja.

Baca Juga : Komunikasi Kerja

5. Mengikuti kelas atau webinar pengembangan skill

Cara terakhir ini menjadi pelengkap dan juga pendukung dalam usaha kamu membangun networking. Dengan begitu, kamu akan mendapat wawasan baru juga bertemu dengan berbagai orang baru. Hal ini menjadi kesempatan untuk semakin meluaskan jaringan kamu dengan banyak orang terutama seorang professional.

Lulusan baru harus tahu bahwa faktor sukses di dunia kerja bukan hanya skill yang mumpuni, namun harus diiringi dengan membangun networking yang baik. Kamu harus membuat jaringan yang kuat yang dapat membantu di masa depan. Jadi selagi kamu masih muda, mulailah menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk berjejaring.

Baca Juga : Hard Skill dan Soft Skill

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *