Tanggal:16 May 2024
Smartwp.com

Cara Menghapus Tautan Footer yang Didukung oleh WordPress

Apakah Anda ingin menghapus tautan footer yang didukung oleh WordPress di situs Anda? Baru-baru ini salah satu pembaca kami bertanya apakah mungkin untuk menghapus kredit footer di tema WordPress. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghapus tautan footer yang didukung oleh WordPress di tema Anda.

Tema WordPress default menggunakan area footer untuk menampilkan tautan “Proudly powered by WordPress”. Banyak pengembang tema mengambil ini lebih jauh dan menambahkan kredit mereka sendiri, sehingga terlihat seperti “Diberdayakan oleh WordPress. Tema oleh Perusahaan Z”.

Tetapi jika Anda menjalankan situs web bisnis, maka tidak masuk akal untuk menampilkan kredit ini. Beberapa bahkan berpikir bahwa itu membuat situs web Anda terlihat tidak profesional.

Apakah legal untuk menghapus tautan kredit footer WordPress?

Kami mendapatkan pertanyaan ini banyak. Ya, benar-benar legal untuk menghapus tautan kredit footer di situs WordPress Anda.

WordPress gratis, dan dirilis di bawah lisensi GPL.

Singkatnya, lisensi itu memberi Anda kebebasan untuk menggunakan, memodifikasi, dan bahkan mendistribusikan ulang WordPress. Tema atau plugin WordPress apa pun yang Anda unduh dari direktori resmi WordPress.org, dan bahkan sebagian besar tema WordPress komersial juga dirilis di bawah lisensi yang sama.

Jadi Anda memiliki hak penuh untuk melakukan apa yang Anda inginkan dengan situs web Anda termasuk menghapus tautan kredit footer.

Mari kita lihat cara menyesuaikan footer WordPress Anda dan menghapus tautan kredit ini.

Menghapus WordPress Didukung oleh Tautan

Ada banyak cara untuk menghapus tautan kredit footer WordPress, tetapi kami hanya merekomendasikan 3 cara berikut untuk melakukannya.

Halaman Pengaturan Tema

Sebagian besar penulis tema yang baik tahu bahwa pengguna mereka ingin memiliki opsi untuk menghapus tautan kredit footer. Itu sebabnya mereka membuatnya tersedia di area pengaturan tema mereka.

Tema yang berbeda memiliki pengaturan ini tersedia di bawah bagian yang berbeda. Tetapi tempat pertama untuk mulai mencari adalah di dalam penyesuai tema WordPress (Penampilan » Kustomisasi).

Baca Juga | 10 Desain Footer Situs Web Inspirasi Inspirasi Di Tahun 2022

Metode Kode Footer.php

Jika tema Anda tidak memiliki opsi untuk menghapus atau memodifikasi kredit footer dari admin WordPress, maka opsi lainnya adalah mengedit kode footer.php.

Setiap kali membuat perubahan pada kode situs web Anda, kami sarankan untuk membuat cadangan terlebih dahulu sehingga Anda dapat memulihkan situs Anda jika terjadi kesalahan.

Juga, ingatlah bahwa ketika Anda membuat perubahan pada file tema Anda, perubahan itu akan hilang jika Anda memperbarui atau mengganti tema Anda. Inilah cara memperbarui tema Anda tanpa kehilangan penyesuaian.

Anda dapat menemukan file footer.php di folder tema Anda. Misalnya, /wp-content/themes/yourtheme/footer.php (cukup cari nama tema Anda saat ini alih-alih “yourtheme”).

Cukup buka file ini di editor teks dan cari teks kredit footer seperti “Diberdayakan oleh”, dan itu akan menunjukkan kepada Anda bagian yang perlu Anda hapus.

Metode Pembuat Halaman

Jika Anda ingin membuat lebih banyak perubahan pada desain dan tata letak tema WordPress Anda, lebih baik menggunakan plugin pembuat halaman seperti Beaver Builder atau Divi.

Seret dan lepas pembuat halaman memudahkan untuk menyesuaikan tema Anda tanpa mengetahui kode apa pun.

Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang pembuat halaman seret dan lepas terbaik untuk WordPress.

Baca Juga | 3 Cara Mudah Menambahkan Tombol Social Share ke WordPress

Hindari Metode CSS dengan Segala Cara

Sekarang beberapa situs tutorial WordPress mungkin menunjukkan kepada Anda metode CSS yang menggunakan display: none untuk menyembunyikan tautan kredit footer.

Namun hal itu akan membahayakan SEO situs Anda. Google tidak suka menyembunyikan tautan dengan tampilan: tidak ada karena itu adalah teknik yang digunakan spammer untuk menyembunyikan tautan dari pengguna sambil tetap menunjukkannya ke Google (dengan harapan peringkat yang lebih tinggi).

Situs Anda mungkin ditandai, dan itu akan menyebabkan Anda kehilangan peringkat mesin pencari Anda.Meskipun terlihat sederhana, itu tidak baik untuk SEO.

Kami sangat menyarankan menggunakan dua metode yang kami tunjukkan di atas. Jika Anda tidak dapat melakukan salah satu dari itu, maka kami sarankan untuk menyewa seorang profesional untuk membantu Anda menghapus tautan kredit footer Anda atau bahkan mempertimbangkan untuk mengubah tema WordPress Anda.

Kami harap artikel ini membantu Anda menghapus tautan footer yang didukung oleh WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang cara meningkatkan keamanan WordPress Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan Saluran YouTube kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Baca Juga | 6 Cara Mengoptimalkan Website Perusahaan

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *