Tanggal:05 May 2024

Gaya Hidup Minimalis yang Mudah untuk Diterapkan, Patut Dicoba!

Gaya hidup minimalisme merupakan pola hidup yang cenderung sederhana, tidak berlebihan, dan lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas. Tak hanya mengurangi biaya, gaya hidup minimalis juga dapat membantu mengurangi tingkat stres seseorang. Itu karena seiring kita melakukannya, gaya hidup minimalis memberikan dampak positif terhadap pola pikir dan kehidupan kita.

Konsep gaya hidup minimalis sempat menjadi tren di berbagai belahan dunia, hal ini disebabkan oleh film dokumenter yang menceritakan tentang Marie Kondo dengan metode KonMari yang diusungnya. Gaya hidup ini didefinisikan sebagai perlawanan terhadap arus konsumerisme. Dengan hidup minimalis, kita bisa membatasi diri untuk membeli, memiliki atau mengonsumsi banyak hal yang kurang bermanfaat. Pola gaya hidup yang satu ini akan membantu kita supaya bisa hidup hemat dan memiliki banyak waktu luang.

Untuk dapat memulainya, tentu membutuhkan waktu beradaptasi dengan gaya hidup ini, karena harus ada niat dari dalam diri sendiri dan komitmen yang kuat untuk melakukannya. Namun tidak perlu khawatir, gaya hidup minimalis ini sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cukup praktikkan beberapa perubahan kecil di bawah ini dan kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati hidup dengan orang-orang terkasih.

Lantas, bagaimana gaya hidup minimalis yang mudah untuk diterapkan? Artikel ini telah merangkum lima gaya hidup minimalis yang patut kamu coba. Simak di bawah ini, ya!

5 Gaya Hidup Minimalis yang Mudah untuk Diterapkan

1. Gunakan atau Buang

Kamu harus menciptakan mindset untuk hidup dengan barang-barang yang dibutuhkan. Praktikkan aturan “Gunakan atau Buang”. Apabila kamu yakin barang tersebut pasti akan digunakan maka simpan. Sebaliknya, jika kamu merasa barang tersebut sudah tidak dibutuhkan maka segera buang.

Maksud “buang” di sini sebenarnya bukan berarti kamu harus membuangnya ke tempat sampah. Jika barang tersebut masih dalam kondisi bagus dan layak pakai, kamu bisa menjual, memberikan atau mendonasikannya ke orang-orang yang lebih membutuhkan. Apa pun itu, hindari membiarkan barang-barang yang minim fungsi tersebut berada di rumah.

2. Beli Lebih Sedikit Namun Berkualitas

Setelah berhasil mengurangi jumlah barang di rumah dengan aturan “Gunakan atau Buang” di atas, pastikan kamu juga mengurangi hal-hal yang dibeli di luar. Bukan berarti kamu tak bisa belanja sama sekali, namun lakukan dengan lebih pintar dan selektif. Saat hendak membeli sesuatu utamakan fungsi, manfaat, dan kualitasnya. Lebih baik lagi jika multifungsi. Usahakan hanya membeli barang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan berdasarkan nafsu semata.

3. Jangan Malas Merawat Barang yang Dimiliki

Saat kamu memiliki barang dengan jumlah yang lebih banyak, maka kamu akan cenderung malas untuk melakukan perawatan atas barang tersebut. Tanpa disadari, kebiasaan ini akan membuat masa pakai barang yang dimiliki menjadi lebih singkat dan konsekuensinya adalah pembelian barang baru mau tidak mau dilakukan saat barang tersebut rusak. Sayangilah dan lakukan perawatan rutin atas barang yang sering kamu pakai sehari-hari sebagaimana kamu menyayangi kekasihmu.

Baca juga: 5 Tips yang Bisa kamu Lakukan untuk Memulai Hidup Frugal Living

4. Menata Isi Ruang

Agar ruangan tidak terkesan pengap dan padat, pastikan kamu selalu memerhatikan pemilihan furnitur yang berukuran standar sesuai kebutuhan ruang tamumu. Umumnya kebutuhan ruang tamu dipengaruhi oleh gaya hidup sang pemilik rumah. Oleh karena itu, jika kamu sudah berkomitmen untuk menerapkan gaya hidup minimalis, tata dan pilahlah isi ruang dengan penuh perhitungan.

5. Fokus untuk Hidup Tanpa Hutang

Banyaknya tawaran kartu kredit memang sangat menggiurkan, apalagi bila ditambah dengan iming-iming diskon dan cashback. Tidak ada salahnya untuk memiliki atau menggunakan kartu kredit, tetapi akan sangat menjadi berbahaya apabila jumlah cicilanmu terlalu besar. Bisa-bisa kamu akan terlilit hutang.

Oleh sebab itu, segera lunasi hutang-hutang yang kamu miliki. Biasakan diri untuk menabung dan membayar segala sesuatunya secara langsung agar terhindar dari lilitan hutang. Dengan begitu hidup kamu akan menemukan kedamaian dan terfokus pada hal-hal yang lebih penting.

Itu dia penjelasan tentang gaya hidup minimalis yang mudah untuk diterapkan. Pada akhirnya, cara hidup minimalis tak harus jadi suatu hal yang sulit dan mustahil. Dengan menerapkan lima gaya hidup minimalis di atas, kamu bisa hemat lebih banyak uang, ruang, dan mengurangi beban pikiran. Gaya hidup ini juga bisa menjadi kegiatan healing yang super praktis dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan mentalmu.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang baru ingin memulai gaya hidup minimalis. Jangan lupa untuk cek postingan artikel yang lainnya juga, ya! Dan ikuti kami di InstagramTwitterYoutube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang tidak kalah penting!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *