Tanggal:28 April 2024

7 Cara Menghargai Orang Lain: Sederhana, Mudah Dilakukan, Dan Tepat!

Kemampuan menghargai orang lain sangat penting dimiliki. Hal ini akan mengurangi konflik dalam berhubungan sosial dengan orang lain. Cara menghargai orang lain dapat dilakukan dengan menjadi pendengar yang baik, peka terhadap sinyal non-verbal hingga, menahan komentar yang kiranya tidak perlu.

Pentingnya untuk tahu cara menghargai orang lain karena tentunya mustahil apabila setiap individu bertindak sama seperti yang kita lakukan dan inginkan. Oleh karena itu, untuk bisa berbaur dalam suatu lingkungan, kamu harus bisa menjaga sikap dan perbuatan. Hal itu agar orang lain tidak sakit hati dengan baik ucapan ataupun perilakumu.

Sebab, sebagaimana fitrahnya manusia yang terlahir sebagai makhluk sosial, hidup baru terasa lengkap jika memiliki orang di sekitar kita. Baik itu sahabat dekat, teman-teman, dan juga keluarga, semuanya merupakan orang penting yang hubungan baiknya harus dijaga. Tak perlu dengan hal yang mentereng, kamu bisa menghargai orang lain dimulai dari hal sederhana yang rupanya berharga. Simak caranya di bawah ini, ya!

Baca juga | Pengertian Toleransi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli, Ketahui Jenis Hingga Pentingnya

7 Cara Menghargai Orang Lain

Mengetahui cara agar bisa menghargai orang lain merupakan sesuatu yang sangat penting untuk ditanamkan dalam keseharian untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa cara menghargai orang lain yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga | Apa Itu Inisiatif? Kemampuan Dalam Dunia Kerja Yang Dapat Mendukung Diri Kita!

1. Jadi Pendengar yang Baik

7 Cara Menghargai Orang Lain. Sumber: unsplash.com

Mendengarkan orang lain saat berbicara adalah cara dasar untuk menghargainya. Semua orang tentu memiliki pendapat atau cerita yang ingin diberi tahu kepada orang terdekatnya. Semua orang tentu merasa ingin didengarkan. Mendengarkan orang lain dengan baik memang terdengar mudah, tetapi sebenarnya bisa menjadi salah satu keterampilan paling sulit untuk dilakukan.

Apabila kamu ingin seseorang tahu bahwa kamu menghargainya, maka selaraskan apa yang dikatakan orang tersebut. Letakkan handphone-mu, dan lihat matanya lalu berikan tanggapan jika diminta. Berikan perhatian penuh terhadap pembicaraan tersebut, dengan begitu mereka akan merasa penting dan dihargai.

Baca Juga | Apa Itu Kompetensi? Pengertian, Faktor, Manfaat, Dan Cara Mengembangkan

2. Jangan Memotong Pembicaraan Orang Lain

7 Cara Menghargai Orang Lain. Sumber: pexels.com

Tentunya semua orang tidak senang jika sedang menjelaskan sesuatu hal, namun ada orang lain yang memotong-motong pembicaraannya. Pastinya, akan merasa tidak dihargai dan akan menyinggung perasaannya. Perlu diingat, hal tersebut sebaiknya harus kamu hindari. Kalau kamu mau dihargai oleh orang lain, maka kamu harus memperlakukannya dengan baik juga terhadapnya.

Baca Juga | Apa Itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

3. Sikapi Kesalahan dengan Bijak

7 Cara Menghargai Orang Lain. Sumber: pexels.com

Setiap orang, bahkan kamu sendiri, pasti pernah membuat kesalahan. Jadi, jika kamu melihat orang lain melakukan kesalahan, bayangkan jika dirimu berada di posisimu dan apa yang kamu harapkan. Apakah kamu ingin disalahkan dan dipermalukan, atau diberi nasihat baik-baik dan diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan? Perlu diingat, tentu setiap manusia membutuhkan uluran tangan orang lain sekarang dan nanti. Membantu orang lain memperbaiki masalah dengan bermartabat adalah tanda nyata bahwa kamu telah menghargai orang tersebut dengan sepenuh hati.

Baca juga | 7 Cara Mencari Topik Pembicaraan Menarik dan Seru, Yuk Simak!

4. Jangan Melakukan Hal yang Berbau Diskriminasi

7 Cara Menghargai Orang Lain. Sumber: pexels.com

Seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa sikap diskriminasi adalah sikap yang tidak dibenarkan baik dari sudut manapun. Kamu harus dapat menghargai serta menghormati semua pendapat atau pilihan yang orang lain ambil. Kamu haruslah memberikan semua sikap yang menunjukan respek kepada siapapun tanpa memandang status mereka, tanpa harus melihat jabatan apa yang ditempati, penampilan apa yang diperlihatkan, serta hubungan apa yang mereka jalin.

Baca Juga | Apa Itu Rasis? Pengertian Dan Bentuknya, Ternyata Wajib Kita Waspadai Loh!

5. Tahan Komentar yang Tidak Perlu

7 Cara Menghargai Orang Lain. Sumber: pexels.com

Terkadang orang bisa tersinggung hanya karena komentar selewat dari orang lain. Jika ingin tahu cara menghargai orang lain, sebaiknya tahan komentar tidak perlu apabila tidak diminta. Contohnya komentar ketika melihat cara orang lain mengasuh bayinya hingga komentar seputar status orang lain yang belum menikah atau punya anak. Lagipula, komentar tidak perlu hanya akan membuat orang lain tersinggung. Tidak ada manfaat dari komentar tersebut. Selama tidak bisa ditanya dan bisa berkomentar sesuai kapasitas, sebaiknya tetap diam.

Baca Juga | Kamu Seorang Visioner? Kenali Karakteristiknya!

6. Jangan Merendahkan Pendapat Orang Lain

7 Cara Menghargai Orang Lain. Sumber: pexels.com

Bagaimanapun juga, pendapat seseorang adalah buah pemikirannya yang setidaknya bisa dihargai oleh orang lain, meskipun pendapatnya itu salah menurutmu. Karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam pemikirannya. Maka dari itu, jika kamu menyepelekan pendapat seseorang, pasti dia akan tidak percaya diri, sakit hati, bahkan dia bisa saja marah terhadapmu. Sebaiknya, jangan sekali-kali merendahkan pendapat orang lain.

Baca Juga | Apa Itu Law Of Attraction? Yuk, Ketahui Tujuan Hidup Dan Cara Mendekatkan Mimpi Kita

7. Hindari Membuat Janji Palsu

7 Cara Menghargai Orang Lain. Sumber: unsplash.com

Hal yang satu ini mungkin tidak terlintas pada pikiran semua orang, bahwa salah satu cara menghargai orang di sekitar ialah dengan tidak membuat sembarangan janji pada siapa pun bahkan hal kecil sekalipun. Semua janji harus ditepati, dan jika kamu tidak menepati janji yang kamu buat, bahkan yang kecil, maka kamu akan dianggap tidak menghargai mereka. Karena kamu tidak tahu ‘kan janji mana yang membuat orang lain berharap dan kecewa padamu ketika tidak ditepati?

Baca juga | 10 Tips Cara Menghilangkan Rasa Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orang

Nah itu dia beberapa cara-cara untuk menghargai orang lain yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, menghargai orang lain bukanlah hal yang harus dibuatkan tata cara, karena semua hal itu datangnya dari diri sendiri yang berupa perilaku moral dalam kehidupan bermasyarakat. Jadi, belajarlah untuk menghargai orang lain supaya kamu memiliki hubungan yang penuh kasih sayang dengan orang-orang disekitar kamu.

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *