Tanggal:07 May 2024

10 Tips Cara Menghilangkan Rasa Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orang

Berbicara di depan banyak orang adalah tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Walaupun kamu adalah orang yang sangat percaya diri, tetapi ketika berdiri di depan banyak orang bisa saja kamu akan merasa gugup setengah mati. Kejadian seperti ini tidak jarang kita temukan pada kehidupan sehari-hari. Kamu akan merasa takut jika berucap salah atau bertindak melakukan hal yang memalukan atau tindakan yang lain sebagainya. Eits, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa mempelajari salah satu kemampuan untuk menghindar kejadian tersebut yaitu dengan mengasah kemampuan public speaking kamu. Bagaimana caranya ? Vocasia akan memberikan tipsnya agar kamu terhindar dari keringat dingin saat berbicara di depan

1. Sedikit Bercerita ketika pembukaan

ayah menceritakan dongeng kepada anak

 

Menceritkan pengalaman pribadi untuk pembuka – @pexels.com

Dengan bercerita saat membuka pembicaraan, suasana hatimu akan menjadi rileks dan lebih santai sekaligus juga dengan bercerita audiens akan merasa antusias dan mulai fokus memusatkan perhatiannya kepada orang yang sedang berbicara di depan. Emosi diantara kamu dan audiensmu akan terkoneksi, seperti kekesalan, kegembiraan atau rasa penuh harapan.

Baca juga: Kiat sukses interview kerja

2. Berikan Kepercayaan

orang sedang presentasi

 

Kepercayaan audiens akan memperkuat argumenmu – @pexels.com

Terkadang seorang yang sedang berbicara di depan memiliki kecemasan apakah presentasinya akan bisa dipercaya oleh para audiensnya, jadi hal ini bisa saja yang akan membuat kamu gugup sampai berkeringat dingin. Jadi cobalah kamu untuk memperkuat argumenmu dengan cara menceritakan suatu kasus, bisa itu diambil dari pengalaman pribadimu sendiri atau orang lain yang kamu kenal. Hal ini akan lebih baik kamu lakukan dengan memberikan pembuktian melalui argumen yang kamu sampaikan.

Baca juga: Cara menulis di wattpad yang menarik untuk para pemula

3. Meringkas Poin – Poin Penting Pembicaraan

lampu bohlam, ide baru

 

Menulis poin membantumu menghafal presentasimu – @pexels.com

Kamu mungkin pernah merasa gugup saat berbicara di depan sehingga kamu menjelaskannya tanpa arah atau pembahasaannya ke sana kemari. Sebelum memulai presentasi cobalah untuk menulis poin-poin penting inti dari isi pembicaraanmu, hal ini juga akan sangat membantu kamu untuk menghafal materi presentasimu.

Baca juga: 9 jenis alat musik yang modern

4. Merekam saat Kamu Berlatih Presentasi

orang sedang selfie

 

Video rekaman membantumu membayangkan presentasimu – @pexels.com

Sering sekali kegugupan itu timbul karena adanya rasa ketidaktahuan, tidak terkecuali saat presentasi. Kamu tidak memiliki bayangan seperti apa penampilanmu nanti ketika berada di depan banyak orang. Nah, alangkah baiknya sebelum kamu berbicara di depan umum, cobalah untuk berlatih di depan kamera sekaligus merekamnya untuk melihat bagaimana penampilanmu saat berbicara di depan banyak orang nanti.

Baca juga: Destinasi wisata terbaik di Indonesia tahun 2021

5. Evaluasi Melalui Rekaman Video Latihanmu

Cobalah untuk menulis apa saja kelebihan dan kekuranganmu saat latihan melalui video yang sudah kamu rekam sebelum. Tunjukan juga video itu kepada teman atau keluarga agar kamu bisa mendapatkan saran yang membantu.

Baca juga: Makanan khas Jawa Tengah yang enak!

6. Fokus

Melatih fokus ketika menyampaikan presentasi merupakan hal penting. Rasa fokus akan menolong kamu saat ingin menguasai diri kamu di depan, misalnya kamu merasa terlalu banyak bergerak ketika berbicara di depan seperti ke kanan dan kekiri secara terus menerus lalu terkadang juga kamu berbicara terlalu cepat sehingga audiensmu merasa kebingungan. Dengan konsentrasi dan fokus, kamu akan segera menyadari hal tersebut kalau kamu sedikit lepas kendali.

Baca juga: Cara agar sukses di usia muda

7. Mengenal Audiens

bersalaman saat meeting

 

Mengenal audiens akan membantumu untuk rileks – @pexels.com

Berbicara dengan adiensmu saat sebelum memulai presentasi akan membuat kamu merasa lebih santai ketika di depan karena kamu merasa sudah mengenal mereka dan tidak merasa seperti presentasi di depan orang asing.

Baca juga: 

Kelebihan dan kekurangan dropship

8. Tiba di Lokasi lebih cepat

Jam beker

 

Datang lebih cepat untuk bersiap – @pexels.com

Datanglah ke lokasi lima belas menit sampai dua puluh menit sebelum kamu memulai berbicara di panggung. Sisa waktu ini bisa membuatmu merasa lebih nyaman karena kamu sudah mulai mengenal sekaligus beradaptasi dengan ruangan tempat kamu tampil nanti. Lagipula, saat kamu presentasi nanti kamu juga harus menyiapkan beberapa hal seperti kerapian penampilan atau alat-alat pendukung. Ketika kamu tergesa-gesa dalam melakukan presentasi itu akan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi nanti. Ditambah lagi kesalahan teknis yang mungkin terjadi karena adanya kekurangan kesiapan.

Baca juga: apa itu pemasaran digital

9. Perhatikan Cara Penyampaianmu

dosen sedang menjelaskan di Kelas

 

Melakukan kontak mata saat presentasi – @pexels.com

Pertama yang perlu diperhatikan yaitu volume suara dan intonasi suaramu, pastikan volume dan intonasi suaramu pada saat kamu presentasi itu enak didengar. Kemudian yang tidak kalah penting lagi yaitu melakukan kontak mata dengan audiensmu.

Baca juga: Kelebihan dari uang kripto

10. Berikan Petunjuk kepada Audiens

Guru sedang mengajar di Kelas

 

Pastikan audiens paham apa yang akan mereka lakukan – @pexels.com

Tips terakhir yakni adalah memberikan petunjuk kepada audiens terkait apa yang harus mereka lakukan setelah mendengar presentasimu. Pastikan bahwa audiens tidak lagi merasa bingung dengan materi yang telah kamu sampaikan.

Nah jadi itu dia 10 tips cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan banyak orang, dengan kamu menerapkan tips diatas presentasimu akan jauh lebih baik. Walaupun sulit, public speaking hanya butuh latihan dan pengalaman yang cukup kok untuk menguasainya

Kamu juga bisa melatih skill public speaking mu dengan mengikuti pelatihan online dari Vocasia
Kursus Pelatihan Public Speaking For Business “Sukses Karir Profesional Melalui Komunikasi Publik” oleh Farid Subkhan. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, seperti

  • Kamu akan mampu melakukan Public Speaking dengan karakter yang unik dari diri Anda.
  • Mampu Merencanakan Public Speaking Dengan Baik
  • Mampu Mengendalikan Masalah Public Speaking
  • Sukses Mempraktikkan Public Speaking Secara Efisien

Daftarkan diri kamu sekarang dengan cara mengklik tautan berikut, KLIK DISINI

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *