Tanggal:01 May 2024

15 Cara Menghilangkan Mata Panda! Sudah Tahu?

Mata panda seringkali membuat wajah terlihat kurang segar dan terlihat lebih tua. Kelelahan, kurang tidur dan dehidrasi adalah beberapa faktor penyebab lingkaran hitam atau mata panda di bawah mata. 

Bagi sebagian orang, memakai riasan tebal adalah cara cepat untuk menghilangkannya. Namun, tidak hanya cara ini yang bisa menjadi solusi sempurna. Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkannya. Yuk, simak ulasan beriku ini!

Penyebab Mata Panda

Perempuan dengan Mata Panda (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya mata panda. Penyebab utama lingkaran hitam di bawah mata adalah kelelahan. Berikut beberapa penyebab mata panda yang bisa terjadi pada kamu:

  1. Dehidrasi
  2. Efek merokok
  3. Mengonsumsi minuman beralkohol
  4. Kurang tidur atau insomnia
  5. Alergi
  6. Paparan sinar matahari
  7. Faktor genetik
  8. Produksi melanin terlalu banyak
  9. Penuaan
  10. Adanya gangguan tiroid
  11. Infeksi kulit wajah
  12. Penggunaan tetes mata untuk penyakit glaukoma
  13. Mata lelah
  14. Kebiasaan menggosok area bawah mata

Menatap layar ponsel atau laptop terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab mata panda. Hal ini dikarenakan mata yang terlalu lama menatap layar hp atau laptop menjadi lelah karena pantulan cahaya perangkat.

Mata panda juga bisa diperparah oleh kecerahan layar yang berlebihan. Oleh karena itu, mengurangi durasi melihat layar perangkat merupakan cara yang efektif untuk mengobati mata panda. Namun, jika kamu harus menatap layar ponsel atau laptop dalam waktu lama, ingatlah untuk mengistirahatkan mata setiap jam untuk menyegarkan mata.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Ilustrasi Cara Menghilangkan Mata Panda (Sumber: Freepik.com)

1. Jangan Bergadang

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda. Jadi, sebaiknya mulai atur pola tidur yang baik dan benar karena mata panda bisa hilang secara alami.

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda menurut usia. Namun idealnya, waktu tidur normal seseorang adalah sekitar 7-8 jam semalam. Tidur yang cukup tidak hanya bisa menghilangkan mata panda, tetapi juga membuat tubuh lebih segar dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup juga dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga | Cara Merawat Ketiak Agar Tidak Bau, Simak Yuk!

2. Atur Posisi Tidur

Selain harus mengatur pola tidur, kamu juga harus mengatur posisi tidur untuk menghilangkan mata panda. Posisi tidur yang benar adalah saat kepala lebih tinggi dari badan. Ini mencegah air mata menggenang di bawah mata, yang dapat menyebabkan bengkak. Pastikan juga bantal yang kamu gunakan nyaman sehingga tidak memengaruhi kualitas tidur kamu.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Minum Air Putih (Sumber: Freepik.com)

Air juga bisa menjadi cara menghilangkan mata panda secara alami. Munculnya lingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh atau dikenal dengan istilah dehidrasi.

Air tidak hanya dapat mengurangi mata panda, tetapi juga baik untuk pencernaan dan membuat badan lebih segar. Tubuh manusia membutuhkan sekitar 2 liter air setiap hari. Jadi, kamu perlu membiasakan diri untuk menambahkan cairan agar tubuh tetap bugar dan menutrisi kulit dari dalam.

4. Kompres Es Batu atau Air Dingin

Cara alami menghilangkan mata panda lainnya adalah dengan mengompres area bawah mata dengan es batu atau air dingin. Ini karena air dingin terbukti memperbaiki bengkak dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata.

Untuk mengompres area bawah mata, kamu dapat menggunakan handuk kecil yang bersih dengan cara membungkus es batu di dalam handuk tersebut dan menempelkannya di bawah mata. Tekan selama sekitar 20 menit.

5. Kompres Kantong Teh Bekas

Selain es batu atau air dingin, kamu juga bisa menghilangkan mata panda secara alami dengan meremas kantong teh bekas. Setelah meminum teh celup, jangan langsung membuang sisa teh yang ada di dalam kantung. Sisa tehnya bisa digunakan untuk mengompres mata dan menutupi bintik hitam di bawah mata.

6. Memanfaatkan Sendok Dingin

Pilihan yang sama mudahnya adalah menggunakan sendok dingin. Kamu bisa memasukkan sendok bersih ke dalam freezer selama 15-20 menit atau hingga sendok menjadi dingin. Setelah itu, tempelkan bagian belakang sendok di bawah mata. Kamu bisa menggunakan cara sederhana ini secara rutin hingga lingkaran hitam dan kantong di bawah mata kamu hilang.

7. Pakai Lidah Buaya

Selain bisa menebalkan rambut, lidah buaya juga bisa menghilangkan mata panda secara alami. Hal yang harus kamu lakukan adalah mengoleskan lidah buaya murni ke area mata dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Kamu bisa melakukan perawatan ini pada malam hari dan membilasnya keesokan harinya. Produk perawatan kulit atau produk perawatan kulit dengan lidah buaya juga bisa menjadi pilihan untuk kamu.

8. Masker Mentimun

Cara menghilangkan mata panda secara alami, selanjutnya dengan masker mentimun. Kandungan air yang tinggi membuat mentimun efektif menghilangkan lingkaran hitam. Kamu bisa langsung memotong mentimun menjadi potongan-potongan tipis dan letakkan di bawah area mata dan biarkan selama kurang lebih 16 menit. Lakukan cara ini secara rutin sampai lingkaran hitam hilang.

9. Masker Tomat

Tomat mengandung likopen dan betakaroten yang dapat meminimalisir kerusakan jaringan kulit. Nah, masker tomat bisa menjadi pilihan kamu untuk menghilangkan mata panda secara alami. Hal yang harus kamu lakukan adalah membersihkan tomat dan mencampurnya dengan jus lemon. Campur, oleskan pada area mata dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kamu dapat menggunakan metode ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik. 

10. Masker Kopi

Kopi sebagai minuman berkafein juga bisa menjadi cara menghilangkan mata panda secara alami. Gunakan masker kopi dengan cara mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan di bawah mata, tunggu 15-20 menit lalu bersihkan dengan air bersih.

Baca Juga | 10+ Cara Membasmi Rayap, Ampuh Hingga Punah!

11. Gunakan Irisan Kentang

Kentang dikenal baik untuk kecantikan kulit. Kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang efektif mencegah penuaan dini dan kerutan serta mengurangi munculnya mata panda.

Kandungan tersebut juga mampu mempercepat regenerasi sel kulit baru. Cara menghilangkan lingkaran hitam dengan kentang cukup mudah. Kamu cukup memotong kentang dan letakkan di area mata selama 15 menit. Kamu juga bisa menggiling campuran kentang dan mentimun untuk dijadikan masker.

12. Manfaatkan Buah Bengkuang

Apakah kamu suka buah ini? Bengkuang ternyata juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk menghilangkan mata panda. Ini karena Bengkuang mengandung vitamin C dan vitamin B1 yang membantu mencerahkan kulit secara alami.

Gosok bengkuang hingga benar-benar halus. Lalu oleskan pada area mata panda dan biarkan selama 15 menit. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelahnya, ya, Sobat Vocasia!

13. Pakai Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya adalah teteskan minyak zaitun yang mengandung vitamin E. Masukkan air ke dalam mangkuk, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan aduk rata. Basahi bola kapas dengan campuran tersebut lalu letakkan di kulit sekitar mata selama 25 menit. Tekan perlahan agar lebih meresap.

14. Menggunakan Putih Telur

Cara menghilangkan mata panda lainnya adalah dengan menggunakan putih telur. Dikenal sebagai sumber protein hewani yang cukup tinggi, secara alami dapat mengencangkan kulit. Ambil saja bagian putih telurnya dan kocok terlebih dahulu. Lalu oleskan pada kulit sekitar mata dan biarkan selama 20-25 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

15. Memakai Air Mawar

Air mawar tidak hanya berbau harum, tetapi juga dapat menenangkan dan meremajakan kulit yang lelah. Seperti halnya mentimun, air mawar memiliki kandungan yang sedikit astringen, sehingga dapat berfungsi sebagai tonik kulit. Ini juga telah lama digunakan untuk menghilangkan mata panda dan lingkaran hitam. Cukup rendam bola kapas dalam air mawar selama beberapa menit lalu letakkan di kelopak mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit selama 2 kali sehari.

Baca Juga | Tiba-Tiba Kaki Kram? Berikut Cara Mengatasi Kaki Kram!

Demikianlah penjelasan tentang 15 cara menghilangkan mata panda secara alami. Jangan sepelekan mata panda yang kamu alami. Segera obati mata panda kamu dengan cara dari Vocasia di atas agar kulit kamu tetap terawat dan sehat. Semoga artikel ini bermanafaat!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *