Tanggal:05 May 2024
Asam urat

Sudah Tahu? Ini 12 Obat Asam Urat Alami

Asam urat adalah penyakit yang biasanya ditandai dengan nyeri, bengkak, dan rasa panas pada persendian. Setiap persendian di tubuh bisa berisiko terkena asam urat. Namun, persendian yang paling sering terkena gejala asam urat adalah persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Pada tingkat yang lebih parah, penderita asam urat bahkan tidak bisa menggerakkan persendiannya. Asam urat lebih mudah terjadi pada pria, terutama yang berusia 30-an ke atas. Pada wanita, asam urat bisa terjadi setelah menopause.

Tetapi jangan khawatir, Sobat Vocasia! Gejala asam urat dapat diatasi dengan menggunakan obat herbal asam urat yang efektif. Berikut adalah daftar 12 obat asam urat alami untuk meredakan gejala asam urat!

Obat Asam Urat Alami Tanpa Efek Samping

Aasm Urat (Sumber: Canva.com)

1. Ceri atau Jus Ceri Asam

Menurut sebuah studi tahun 2016, berbagai jenis ceri, yang rasanya asam, manis, berwarna merah atau hitam, merupakan obat alami asam urat yang sangat populer dan efektif di kalangan banyak orang. Beberapa penelitian di tahun 2012 menunjukkan bahwa buah yang berukuran kecil ini bermanfaat untuk mencegah asam urat kambuh kembali.

Kamu bisa menggunakan ceri untuk mengobati asam urat dengan memakannya langsung atau menggilingnya dengan air untuk dibuat jus. Suplemen ekstrak ceri juga dapat ditemukan di beberapa toko makanan kesehatan. Jumlah yang disarankan adalah sekitar setengah cangkir dan 1 pon ceri per hari.

Baca Juga: Sudah Tahu Obat Alami Sakit Tenggorokan? Berikut Penjelasannya!

2. Jahe

Jahe (Sumber: Canva.com)

Jahe adalah bumbu yang sering diresepkan untuk kondisi peradangan. Jahe juga terkenal efektif dalam mengatasi asam urat. Satu studi menemukan bahwa jahe topikal dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Penelitian lain menunjukkan bahwa ramuan ini dapat menurunkan kadar asam urat.

Jika kamu ingin mencoba obat asam urat alami ini, campurkan 1 sendok makan jahe parut segar dengan air. Kemudian rendam kain dalam air rebusan. Oleskan kompres dingin ke area yang nyeri selama 15 hingga 30 menit setidaknya sekali sehari.

Selain itu, kamu juga bisa minum rebusan air jahe. Caranya adalah dengan menambahkan 2 sendok teh jahe ke dalam air dan didihkan selama 10 menit. Minum 3 gelas dalam sehari.

3. Cuka Sari Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit adalah bahan-bahan alami yang seringkali direkomendasikan untuk mengatasi penyakit asam urat. Jika ketiganya digabungkan, mereka bisa sebagai minuman obat asam urat alami yang nikmat.

Cara membuatnya adalah campurkan perasan 1/2 lemon ke pada air hangat, kemudian masukkan 2 sdt kunyit dan 1 sdt cuka sari apel. Kamu bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari.

4. Seledri atau Biji Seledri

Seledri (Sumber: Canva.com)

Seledri merupakan sayuran yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah kencing. Untuk pengobatan asam urat, ekstrak dan biji sayuran ini telah menjadi obat asam urat alami yang populer. Seledri dikatakan dapat mengurangi peradangan.

Sayangnya, belum diketahui berapa banyak seledri yang cukup untuk mengobati asam urat. Cobalah makan lebih banyak seledri secara teratur, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau bijinya. Saat kamu membeli ekstrak atau suplemen seledri, ikuti petunjuk penggunaan pada kemasannya.

5. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Dalam sebuah penelitian, 184 orang dibagi menjadi dua kelompok, satu menerima suplemen vitamin C (per hari 500 miligram) dan satu menerima plasebo. Setelah dua bulan, kadar asam urat berkurang secara signifikan pada mereka yang mengonsumsi vitamin C, tetapi tidak pada mereka yang mengonsumsi plasebo.

Namun, tidak semua orang dapat mengonsumsi suplemen vitamin C. Penderita penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Selain itu, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan beberapa jenis zat besi dari makanan, sehingga penderita hemokromatosis sebaiknya menghindari konsumsi suplemen.

6. Air lemon

Air Lemon (Sumber: Canva.com)

Mengutip The Health, cara terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat asam urat adalah dengan mengurangi kadarnya dalam aliran darah. Lemon adalah buah lain yang bisa kamu gunakan sebagai obat alami asam urat. Air lemon bertindak dalam tubuh sebagai zat yang mengurangi jumlah asam urat. 

Ada beberapa cara menggunakan air lemon sebagai obat alami asam urat. Kamu bisa mencampur jus lemon utuh dengan setengah sendok teh baking powder. Kemudian saat sudah berhenti berbuih, tuangkan ke dalam segelas air dan segera minum. Pilihan lainnya adalah menambahkan jus lemon ke dalam segelas air dan minum sekitar tiga gelas sehari.

Baca Juga: 10 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

7. Soda Kue

Soda kue yang sehat merupakan bahan yang juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat. Soda kue menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan meredakan nyeri akibat asam urat. Sebaiknya campurkan setengah sendok teh ke dalam segelas air dan minum hingga empat kali sehari selama dua minggu sebagai obat alami asam urat. Orang yang berusia di atas 60 tahun cukup meminum larutan ini tiga kali sehari.

8. Arang Aktif

Mengutip The Health, kamu bisa meracik arang aktif menjadi obat alami asam urat. Kemampuan arang untuk menyerap asam urat membantu meringankan gejala nyeri hebat akibat penyakit ini. 

Ada beberapa cara untuk menggunakannya, pertama rendam setengah cangkir bubuk arang dalam bak mandi. Kamu juga bisa mencampur bubuk arang dengan air untuk membuat pasta atau krim. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri akibat asam urat.

9. Brotowali

Tanaman selanjutnya yang dikenal sebagai obat herbal adalah brotowali. Ampuh mengobati berbagai penyakit, kamu juga bisa menggunakan brotowal sebagai obat asam urat alami. Selain itu, brotowali juga bisa mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, meningkatkan imunitas bahkan membuat kulit kencang dan awet muda, lho!

10. Jelatang

Jelatang (Sumber: Canva.com)

Mengutip Healthline, jelatang (urtica dioica) merupakan obat alami asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit yang ditimbulkannya. Satu penelitian menunjukkan bahwa jelatang dapat melindungi ginjal, tetapi pada kelinci jantan, kerusakan ginjal disebabkan oleh pemberian antibiotik gentamisin. 

Menggunakan jelatang sebagai obat alami untuk asam urat. Untuk melakukannya, kamu bisa menyiapkannya sebagai teh. Ambil 1-2 sendok teh jelatang kering dan seduh dengan air panas. Minum 3 minuman panas setiap hari.

11. Pisang

Mengutip The Health, meski pisang mungkin merupakan makanan rumahan, sebenarnya pisang bisa menjadi obat alami untuk asam urat. Kandungan kalium yang tinggi pada pisang mengubah kristal asam urat dalam tubuh menjadi cairan, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine. Pisang juga mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi asam urat. Selain itu, pisang merupakan makanan antiradang yang dapat mengurangi peradangan akibat asam urat.

12. Daun Sirsak

Daun Sirsak (Sumber: Canva.com)

Daun sirsak dikenal sebagai daun sejuta khasiat, salah satunya dipercaya sebagai obat alami asam urat. Cara membuat obat asam urat alami dari daun sirsak adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan 5-10 lembar daun sirsak di bawah air mengalir.
  • Daun sirsak dipotong dan diperas untuk membantu sari buah keluar dari daun.
  • Rebus daun sirsak dengan dua gelas air.
  • Rebus air daun sirsak ini hingga jumlahnya berkurang menjadi setengahnya saja.
  • Untuk penyakit asam urat, minumlah air rebusan daun sirsak secara teratur dua kali sehari.

Baca Juga: Penyakit Gagal Ginjal: Gejala, Penyebab, Diagnosis Dan Cara Mengobatinya

Itu dia penjelasan tentang obat asam urat alami. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan bahwa obat asam urat alami di atas sebenarnya efektif untuk mengobati penyakit asam urat. Sebaiknya kamu membicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen atau obat apapun.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *