Tanggal:30 May 2024

Cara Merawat Ketiak Agar Tidak Bau, Simak Yuk!

Rasa percaya diri seseorang tidak hanya ditentukan melalui penampilan saja. Keadaan tubuh yang bersih dan harum pun juga memengaruhi kita saat beraktivitas salah satunya adalah bau badan. 

Penampilan bisa dirawat dengan memadupadankan outfit atau make up. Tapi ada satu hal lagi yang juga mempengaruhi penampilan loh yaitu ketiak, khususnya saat kamu beraktivitas menggunakan baju yang terbuka. Jika ketiak kamu cerah dan tidak hitam, kamu akan lebih percaya diri. 

Selain itu, ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi tempat keluarnya keringat. Dan bisa saja keringat tersebut bercampur dengan bakteri dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Memang, keringat yang telah diproduksi akan keluar dari seluruh bagian tubuh. Tetapi, pada bagian ketiak mengandung lebih banyak protein dan lemak sehingga menyebabkan bau ketiak menjadi tidak sedap.  

Oleh karena itulah, kita juga harus merawat kesehatan ketiak agar tidak bau dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat ketiak 

Selalu Menjaga Kebersihan Tubuh

Rajin mandi (sumber: Freepik)

Tips yang pertama yaitu kamu harus rajin menjaga kebersihan tubuh agar ketiak tetap bersih dan cerah. Dengan begitu maka bakteri penyebab bau badan akan hilang. Berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap bersih yaitu:

  • Mandi minimal 2x sehari, apalagi setelah kegiatan di luar ruangan
  • Menggunakan sabun anti bakteri untuk mengurangi paparan bakteri
  • Setelah itu, keringkan tubuh. Karena bakteri mudah berkembangbiak saat kondisi lembab
  • Rajin mengganti pakaian. Jika sudah beberapa kali dipakai, hendaknya ganti pakaian yang baru
  • Rutin mengganti handuk

Hindari Pakaian yang Lembab

Mengeringkan pakaian (sumber: Pexels)

Pakaian yang lembab akan rentan mempercepat perkembangan bakteri. Selain itu, baju yang kurang kering juga akan membuat pakaian menjadi apek. Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan cara menjemur pakaian hingga benar-benar kering, lalu disetrika. 

Namun kadang, ada beberapa faktor yang menyebabkan pakaian tidak bisa kering maksimal. Misalnya, tidak ada sinar matahari yang cukup. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pelembut pakaian lalu diangin-anginkan beberapa saat hingga baju kering sempurna dan tidak bau.

Baca juga: Auto Pede! Berikut 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Rajin Mencukur Area Ketiak

Rajin mencukur ketiak (sumber: Freepik)

Seperti yang telah diulas di awal tadi, bahwa bagian ketiak merupakan salah satu sarang keringat dan memunculkan bakteri. Bulu ketiak yang berlebihan, ditambah produksi keringat yang berlebihan dan tubuh kotor, menyebabkan bau badan lebih parah.

Untuk itulah, kamu perlu mencukur bulu ketiak secara rutin, msal seminggu sekali. Proses mencukur ini juga membutuhkan cara tersendiri agar tetap sehat. Misalnya:

  • Gerakan mencukur searah untuk menghindari iritasi
  • Memastikan kondisi ketiak yang lembab
  • Menggunakan gel pelembab dan mengganti cukur secara berkala agar tetap bersih
  • Menggunakan alat cukur yang tajam dan berkualitas
  • Melakukan treatment khusus di klinik jika kamu tidak ingin repot-repot mencukur
  • Bisa melakukan waxing untuk membersihkan rambut-rambut halus ketiak

Menghindari Makanan yang Memicu Bau Ketiak

Memilih makanan (sumber: Pexels)

Bau ketiak tidak hanya disebabkan oleh pakaian dan kondisi tubuh saja, makanan pun jug bisa berpengaruh. Jenis makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kondisi tubuh dan produksi keringat. Ada beberapa makanan yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsinya agar terhindar dari bau ketiak.

  • Kurangi mengkonsumsi keju, bawang merah, bwang putih, bawang bombay, dan daging merah, karena mudah bercampur dengan keringat 
  • Mengurangi konsumsi makanan pedas dan panas, karena bisa membuat tubuh lebih gampang mengeluarkan keringat dan menyebabkan bau badan
  • Menghindari minuman beralkohol dan kafein karena dapat memicu produksi keringat

Baca juga: 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit 

Memilih Deodorant yang Tepat

Memilih deodoran (sumber: Pixabay)

Banyak orang yang menggunakan deodoran untuk mengurangi bau badan. Namun, memilih deodoran juga tidak bisa sembarangan. Karena jika deodoran tidak cocok, akan menimbulkan bau badan yang lebih parah dan ketiak akan menjadi hitam. Lebih baik kamu memilih deodoran yang anti perspirant karena bisa menghambat produksi keringat.

Kamu bisa mengurangi penggunaan deodoran yang mengandung alkohol karena bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Dan juga, hindari penggunaan pemutih agar tidak menyebabkan iritasi. Jadi, memilih deodorant pun harus sesuai dengan jenis kulit. Jika memang deodoran tersebut berdampak buruk pada kulit, sebaiknya kamu berhenti menggunakannya atau mengganti merk deodorant.

Jika dirasa sudah cocok dengan kulit, kamu bisa menggunakan deodoran secara teratur. Dan waktu yang tepat untuk menggunakan deodoran adalah beberapa saat setelah mandi dan sebelum beraktivitas. Sebagai catatan, saat kamu menggunakan deodoran ketiak harus dalam keadaan kering agar deodoran bisa bekerja maksimal. Fungsi deodoran sendiri yaitu  membasmi bakteri penyebab bau keringat sehingga ketiak tetap bersih dan tidak menyebabkan bau badan saat beraktivitas.

Baca juga: 10 Cara Memiliki Kulit Sehat Alami

Bisa Juga Menggunakan Bahan Alami

Menggunakan bahan alami (sumber: Pexels)

Selain menggunakan deodorant, kamu bisa merawat ketiakmu menggunakan formula dari bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan seperti:

  • Lidah buaya. Dengan memanfaatkan daging buahnya, kamu bisa menggunakannya sebagai masker pada area ketiak. Cara yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya. Lalu, diamkan beberapa menit dan bersihkan.
  • Kentang. Kamu bisa memotong kentang menjadi beberapa bagian, lalu oleskan secara merata pada area ketiak. Setelah itu, diamkan beberapa menit hingga mengering. Barulah bersihkan are ketiak menggunakan air bersih.
  • Minyak kelapa. Caranya cukup sederhana, yaitu oleskan minyak kelapa pada area ketiak, lalu diamkan beberapa menit. Terakhir, bersihkan area ketiak.

Baca juga: 15 Makanan Berbahan Kelapa Untuk Ide Bisnis!

Berpakaian yang Nyaman

Baju yang nyaman (sumber: Freepik)

Bau badan juga bisa disebabkan oleh pakaian yang kamu gunakan. Misalnya, jarang mengganti pakaian sudah kotor. Untuk itulah, kamu bisa menggunakan cara berikut:

  • Rajin mengganti pakaian, terutama saat padat berkegiatan
  • Hindari menggunakan pakaian ketat karena akan mempercepat perkembangan bakteri saat berkeringat
  • Memilih pakaian sesuai dengan aktivitas. Misal saat cuaca panas, lebih baik hindari berpakaian tebal
  • Menggunakan pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat

Nah, usai sudah pembahasan kita tentang kiat-kiat menghilangkan bau ketiak. Tentu, bau ketiak merupakan permasalahan yang penting untuk diatasi. Hal tersebut bersangkutan dengan rasa percaya diri kita saat berinteraksi dengan orang banyak atau sedang di luar ruangan. 

Jika kamu ingin mengetahui berbagai informasi lain, entah tentang hobi, lifestyle, atau kesehatan, kamu bisa mengunjungi blog Vocasia yang akan membantumu menggali informasi dan tips lainnya hanya di sini.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *