Tanggal:23 July 2024

5 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Pekerjaan sambilan bagi mahasiswa.

Apa sih motivasi kerja? Motivasi kerja adalah salah satu aspek yang harus perlu perhatikan karena motivasi dalam bekerja bisa berangsur-angsur menghilang akibat semakin banyak tugas-tugas yang harus dikerjakan. Ketika karyawan sudah tidak mempunyai motivasi ini bisa berdampak pada kinerja kayawan yang dimana karyawan tidak bisa fokus dengan apa yang dia lakukan sehingga tidak produktif itu bisa menghambat pekerjaan dan tidak tercapainya tujuan perusahaan nanti.

Baca Juga | Sering Minder ? Ikuti Cara ini untuk Memiliki Self Esteem yang Sehat!

Oleh karena itu, dibutuhkan peran pemimpin perusahaan yang mampu mengenali karakter – karakter setiap karyawannya karena ini adalah salah satu faktor terpenting untuk perusahaan mencapai goals visi dan misinya. rasa atau dorongan semangat yang memacu individu untuk bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya, dan memberikan kinerja terbaik demi meraih suatu tujuan yang diharapkan. Bagaimana caranya? Berikut 7 cara yang bisa anda lakukan.

Baca Juga | Ingin Bekerja Di Luar Negeri? Ini 4 Cara Mudah Mendapatkan Visa Kerja

1. Memberikan reward untuk karyawan

(Pexels/Karolina)

Tidak ada salahnya memberikan karyawan reward untuk mereka yang beprestasi bentuk reward ini bisa menjadi acuan untuk karyawan lebih bersemangat lagi dalam bekerja sehingga dapat memotivasi mereka. Misalnya, Anda bisa memberikan bonus atau insetif  bagi karyawan.

Ohh iya, reward tidak hanya harus berupa uang lohh! Pimpinan bisa memberika apresiasi tinggi seperi berupa ucapan secara langsung kepada karyawan yang memiliki kinerja bagus sehingga karyawan merasa dihargai.

Baca Juga | 7 Cara Kreatif untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

2. Menjalin Komunikasi yang Baik

(Pexels/Laura Tan)

Baca Juga | Yuk, Ketahui 5 Komponen dalam Komunikasi serta Hambatannya!

Didalam pekerjaan, komunikasi adalah kunci kesuksesan dengan menjalin komunikasi antara pimpinan dan karyawan visi misi akan sejala. Komunikasi yang baik juga dapat membantu terjalinnya Kerjasama untuk mengoptimalkan kinerja lebih mudah dan searah. Misalnya, mengadakan gathering atau pertemuan agar dapat menjalin hubungan keakbraban di perusahaaan.

Adanya komunikasi disini maksudnya kita memastikan bahwa semua karyawan mendapatkan informasi terbaru terkait peraturan, kebijakan, atau target (tujuan) perusahaan yang baru, sehingga semua orang memahami perubahan dengan sangat baik. Dengan kata lain, tidak ada satu karyawan pun yang merasa tertinggal terhadap informasi baru, merasa tidak diperhatikan. Tentu saja perasaan seperti itu akan membuat para karyawan merasa tidak nyaman.

Baca Juga | 5 Teknik Komunikasi Persuasif, Lawan Bicara Auto Tunduk!

3. Memberikan Masukan yang Membangun

(Pexels/Thirdman)

Karyawan sangat memerlukan masukan positif untuk bisa memotivasi dirinya ke arah yang lebih baik dan meminimalisirkan kesalahan. Tanpa adanya masukan mereka tidak tahu hal apa yang harus diperbaiki. Masukan negative juga diperlukan tetapi harus disampaikan secara konstruktif ya! Ini akan menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Baca Juga | 5 Bentuk Kerja Sama Bisnis Dalam Islam, Saling Menguntungkan!

4. Kenali Kekurangan dan Kelebihan Karyawan

(Pexels/Eva Elijas)

Setiap masing – masing karyawan pasti mempunyai karakteristik tersendiri. Pemimpin harus dapat mengenali kekurangan dan kelebihan mereka agar dapat mengoptimalkan kinerja karyawan. Dengan ini Anda bisa dapat membantu karyawan yang nantinya mempunyai kesulitan tersendiri agar bisa meraih prestasi bersama dengan rekan-rekan lainnya.

Baca Juga | 5 Tips agar Karyawan Betah Bekerja di Perusahaanmu

5. Memberikan Fasilitas Training

(Pexels/Christina)

Dengan adanya training ini juga bisa membuat karwayan terrmotivasi mereka tidak harus serta merta mengerjakan pekerjaan yang sama hingga membuat mereka merasa bosan dan jenuh. Berikanlah training kepada karyawan perusahaan Anda untuk meningkatkan skill mereka. Sediakan waktu khusus untuk mengajarkan skill baru kepada karyawan AndaJika anda berniat untuk menyediakan jasa training pas banget nih! Pas banget nih Vocasia menyediakan banyak jasa pelatihan untuk karyawan. Cara ini akan membuat karyawan Anda memiliki pengetahuan baru yang dapat berkontribusi memajukan perusahaan.

Baca Juga | 5 Fungsi Manajeman Operasi pada Bisnis, Optimalkan Pencapaian Perusahaan!

6. Penilaian Kerja yang Transparan

(Pexels/Tima Miroshinichenko)

Baca Juga | 5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja di Lingkungan Kantor

Selain disebabkan oleh skill yang kurang mumpuni, menurunnya performa karyawan juga dapat dipengaruhi oleh kesalahan sistem, terutama kesalahan dalam sistem penilaian kinerja. Banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem penilaian kinerja tertutup. Perusahaan perlu melakukan transparan terhadap kinerja karyawan. Terkadang karyawan yang seharusnya mendapatkan bonus karena kinerja yang bagus tidak mendapatkan apresiasi apa pun. Tetapi justru karyawan yang justru yang kurang berkontribusi justru mendapatkan bonus. Maka perlu adanya transparansi terhadap nilai kinerja dan memberikan informasi apa saja yang akan menjadi indikator penilaian. Dengan begitu, karyawan Anda merasa mendapatkan penilaian secara adil.

Baca Juga | 5 Cara Meningkatkan Efisiensi Karyawan, Bekerja Maksimal tapi Tetap Ringan!

7. Membangun Kepercayaan dengan Karyawan

Berbincang
Berbincang dengan rekan kerja- @karirpad.com

Di tahap ini perlu juga membangun kepercayaan antara Anda dan karyawan karena modal hubungan kerja yang baik adalah kepercayaan dan mengutamakan kejujuran. Sehingga membina komunikasi yang baik juga menjadi salah satu cara membangun kepercayaan. Ketika Anda mendengarkan karyawan sebaliknya karyawan pun akan mendengarkan Anda.

Nah itu dia tips membangun motivasi karyawan untuk bekerja. Gimana, tips mana aja yang udah Anda terapkan di perusahaan? Ingat jangan sampai karyawan mengundurkan diri karena merasa tidak termotivasi di perusahaan kamu.

Baca Juga | Terapkan 6 Cara Ini untuk Membangun Hubungan Kerja yang Baik

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *