Tanggal:30 May 2024

Terapkan 6 Cara Ini untuk Membangun Hubungan Kerja yang Baik

Menumbuhkan hubungan kerja yang ideal.

Bekerja di lingkungan yang nyaman dan suportif tentunya menjadi idaman semua pekerja. Selain hal itu dapat menjadikan suasana kerja lebih menyenangkan dan membuatmu bisa meningkatkan kualitas diri dengan adanya kompetensi yang sehat, adanya keakraban antara karyawannya juga akan menjadikan kondisi lingkungan kantor terasa lebih dekat dan kekeluargaan. Namun, keadaan akan berbeda 180 derajat jika mendapati bahwa kondisi hubungan kerja di antara karyawannya buruk. Sikap iri, dengki dan saling menjegal menjadi contoh sikap yang biasanya ditunjukan di lingkungan ini. 

Setinggi apapun pendidikan yang telah kamu raih dan sepintar apapun dirimu, semua hal itu akan menjadi sia-sia jika kamu pun tak menunjukkan sikap yang ramah dan sportif, bahkan justru menampilkan sikap-sikap buruk seperti sebelumnya. Nah, sebagai mahasiswa fresh graduate yang belum pernah terjun secara nyata ke lingkungan kerja di kantor, mungkin kamu akan menjadi bingung mengenai bagaimana sih caranya membangun hubungan kerja antara karyawannya, sehingga tercipta lingkungan yang asik, nyaman, dan menyenangkan? 

Ini beberapa cara agar kamu bisa membangun hubungan kerja yang baik di lingkungan kantormu! Bisa dicoba untuk diterapkan ya.

1. Kerjakan Tugasmu Tepat Deadline

Ciptakan hubungan kerja yang baik dengan kerjakan tugas tepat deadline. Sumber: Olia Denilevich/Pexels

Cara pertama untuk membangun hubungan kerja yang baik adalah mengerjakan tugas yang dibebankan padamu dan mengumpulkannya sesuai deadline atau tepat waktu. Dengan dilakukannya hal tersebut, pekerjaan menjadi berjalan lancar, tidak membuat prosedur mundur, atau bahkan tidak membuat kerjaan yang lainnya tersendat-sendat. Bisa dibayangkan jika tugasmu mangkir dari deadline yang telah ditentukan, tentunya banyak prosedur kerja yang terpaksa untuk mundur juga. Selain menuntut ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugasmu, dari segi kualitas pun harus kamu perhatikan. Akan membuatmu kerja dua kali jika kamu mengumpulkan tugas secara asal, meskipun sudah mengumpulkan tepat waktu. Cap tas becus dalam bekerja pun mungkin akan kamu sandang.

Baca juga : Bekal Tentang SEO Marketing

Baca juga : 8 Cara Mengatasi Gangguan Tidur, Efektif Kamu Coba!

2. Ramah dalam Bergaul agar dapat Membangun Hubugan yang Baik

Membuat hubungan kerja yang baik yaitu dengan bersikap ramah. Sumber: Anthony Shkraba/Pexels

Cara kedua yaitu bagaimana kamu bersikap kepada rekan karyawan di kantor. Sikap tak ramah, mudah terbawa emosi dan sulit didekati tentunya akan membuatmu atau rekan kerjamu menjadi sulit untuk akrab. Sikap segan untuk mendekati menjadi salah satu alasan karena sikap yang kamu tunjukan tersebut. Hasilnya, kamu akan menjadi penyendiri. Oleh karenanya, untuk menciptakan hubungan kerja yang baik dan menyenangkan, akan lebih baik jika kamu juga menunjukkan sikap yang sama baik dan menyenangkannya, serta ramah dalam bergaul. Kamu juga tak perlu malu untuk memulai obrolan. Tipsnya kamu bisa memulai obrolan mengenai perkenalan diri ataupun menanyakan tugas yang masih membingungkan.

3. Saling Membantu antar rekan kerja

Saling membantu juga merupakan cara untuk membangun hubungan kerja yang baik. Sumber: Burst/Pexels

Cara ketiga membangun hubungan yang baik di lingkungan kantor yaitu dengan bersikap saling membantu. Ketika rekan kerjamu telihat kesusahan dalam menyelesaikan permasalahannya, baik itu permasalahan kantor ataupun pribadi, kamu bisa membantunya seperti memberikan solusi atau sekadar mendengarkan permasalahan tersebut. Sikap saling membantu ini ke depannya akan menjadikan kamu lebih akrab dengan karyawan lain. Meskipun begitu, kamu pun harus memilah bantuan yang akan diberikan. Apabila hal itu telah menjurus ke arah yang negatif, seperti kamu mengerjakan tugas rekanmu padahal rekan kerjamu ini hanya bersantai, tentunya hal itu tak harus kamu lakukan. 

4. Bersikap Jujur

Bersikap jujur dapat membangun hubungan kerja yang baik juga. Sumber: Vlada Kapovich/Pexels

Sikap jujur juga menjadi sikap yang harus kamu terapkan untuk membangun hubungan kerja yang baik. Kamu harus berani untuk jujur dan mengaku salah apabila memang itu merupakan kesalahanmu saat bekerja. Jangan pernah sekali-sekali kamu berbohong karena selain hal itu dapat menjauhkanmu dengan rekan kerja di kantor, predikat pembohong dan tak bisa dipercaya juga mungkin akan kamu dapatkan.

5. Hargai Privasi dan Perbedaan

Hargai privasi dan perbedaan rekan kerjamu untuk ciptakan hubungan kerja yang baik. Sumber: Antonio Borriello/Pexels

Cara kelima yang harus kamu terapkan apabila ingin menciptakan hubungan kerja yang baik adalah menghargai privasi milik rekan kerjamu. Kamu tak bisa dengan sembrono atau gegabah melanggar dan membocorkan privasi milik rekan karyawanmu kepada karyawan lainnya. Sikap ini justru akan membuat rekanmu menjauhkan diri, dan tak percaya lagi untuk membagi rahasianya kepadamu. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mulai untuk menahan diri dan menghargai privasi sesama. 

Selain itu, cara lain untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan adalah menghargai adanya perbedaan. Di dalam suatu lingkungan kerja, sudah pasti akan ditemukan perbedaan antara karyawannya, baik dari segi suku bangsa ataupun agama yang dianutnya. Oleh karena itu, kamu harus bisa untuk menghargai perbedaan-perbedaan tersebut.

6. Terima Kasih, Maaf, dan Tolong

Selalu ucapkan tiga kata ini untuk membangun hubungan kerja yang baik. Sumber: Lina Kivaka/Pexels

Tips terakhir dalam membangun hubungan kerja yang baik adalah bagaimana kamu bisa menerapkan tiga kata wajib ini yaitu terima kasih, maaf, dan tolong. Dengan terbiasanya kamu mengucapkan ketiga kata tersebut kepada rekan kerjamu, citra baik akan kamu sandang. Kamu bisa mulai membiasakan berkata terima kasih untuk segala pertolongan yang diterima, mengatakan maaf jika melakukan kesalahan, dan tolong jika membutuhkan bantuan dari rekan lainnya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *