Tanggal:15 May 2024

Perbedaan AMD Vs Intel, Pilih Mana?

Laptop sudah menjadi barang yang wajib dimiliki, terutama bagi kamu yang berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, sampai pekerja kantoran. Dengan adanya laptop, pekerjaan kantor dan tugas kampus pun dapat terselesaikan dengan praktis dan efisien.

Sebelum membeli laptop, sebaiknya kamu mengenal dulu bagian-bagian pentingnya seperti prosesor, motherboard, RAM, dan lain-lain. Bagian-bagian tersebut memiliki peran penting untuk menunjang performa laptopmu. Terutama prosesor yang bisa dikatakan sebagai bagian otak dari laptop serta motherboard sebagai jantungnya.

Nah, saat ini ada 2 merek prosesor yang menguasai pasar dunia yaitu AMD dan Intel. Sebelum memilih dua prosesor tersebut, alangkah baiknya kamu memahami perbedaan AMD vs Intel terlebih dahulu. Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai topik tersebut. Simak sampai akhir, ya!

Baca juga: Apa Saja Sih Fungsi Pada Processor Yang Ada Pada Laptop?

Perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari prosesor Intel dan AMD

PERBEDAAN AMD VS INTEL

source: pexels

1. Kecepatan

Tentunya kamu ingin memiliki laptop dengan performa terbaik, bukan? Prosesor merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika kamu mau membeli laptop karena bagian inilah yang memiliki peranan penting terhadap performa laptopmu. Semakin bagus prosesor yang kamu miliki, semakin kencang performa laptopmu.

Perbedaan performa dari AMD dan Intel memang tidak terlalu signifikan. Uji benchmark yang dilakukan memberikan hasil bahwa Intel lebih unggul dibanding AMD dalam segi performa. Walaupun demikian, bukan berarti AMD lemot, ya!

Dalam uji benchmark yang dilakukan, mereka membawa prosesor seri terbaik yang mereka miliki.

Baca Juga :

2. Kekuatan brand

Perbedaan selanjutnya terletak pada kekuatan brand yang dimiliki. Intel telah memproduksi prosesor terlebih dahulu dibanding AMD. Hal tersebut menjadikan Intel lebih dikenal oleh masyarakat luas dibandingkan dengan AMD yang umumnya dikenal di kalangan gamer saja.

Intel bukan hanya menjadi produsen laptop, tetapi sudah merambah ke berbagai perangkat lain seperti smartphone dan smartwatch. Walaupun gagal bersaing dengan brand prosesor smartphone, Intel berhasil dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Baca Juga : 

3. Grafis game

Banyak sekali pilihan game yang dapat dimainkan via perangkat komputer seperti halnya laptop. Tetapi, biasanya laptop akan mudah panas jika digunakan untuk gaming terutama game yang bergenre FPS.

Dalam hal ini, prosesor AMD diunggulkan dikarenakan grafis game yang disajikan tidak menurun walaupun suhu laptop meningkat. Lain halnya dengan Intel yang mengalami penurunan performa yang signifikan ketika suhu perangkat meningkat. Tak hanya itu saja, tampilan grafis yang dihasilkan oleh AMD lebih unggul dibandingkan Intel. Ingat, bukan berarti intel buruk, ya!

Baca juga: 

4. Manajemen suhu

Seperti yang disebutkan di atas, ketika suhu laptop naik performa dari prosesor intel akan menurun. Hal itu sudah diatur sedemikian rupa oleh intel supaya suhu laptop tetap stabil dan tidak menyebabkan overheat. Sangat berbeda sekali dengan pesaingnya, AMD khususnya seri lama yang akan tetap dalam performa terbaik walaupun suhu laptop sudah meningkat drastis.

Tetapi AMD seri Ryzen sudah tidak terdengar isu panas lagi saat ini. Terlebih lagi kita bisa menambahkan kipas tambahan untuk mencegah terjadinya overheat. Jadi, bisa dikatakan kedua penguasa pasar prosesor tersebut imbang dalam kasus manajemen suhu.

Baca Juga : 

5. Multimedia

Saat ini kegiatan multimedia seperti edit video maupun foto sudah menjadi suatu profesi. Dari kedua prosesor yang ada, kemampuan rendering video yang dihasilkan oleh intel lebih cepat dibanding pesaingnya.

Jadi, bagi kamu yang suka atau bahkan bercita-cita menjadi editor video, memilih prosesor intel adalah opsi terbaik.

Baca Juga : 

6. Virus

Virus dalam perangkat adalah hal yang kerap ditakuti para user. Pasalnya, jika laptop kamu sudah terkena virus maka seluruh data di dalamnya terancam hilang atau disalahgunakan.

Apabila kamu pengguna prosesor AMD, kamu bisa sedikit lebih lega. Hal itu karena prosesor yang satu ini mampu mengidentifikasi virus sebelum menyerang prosesor kita.

Teknologi yang satu ini belum dimiliki pesaingnya. Hal ini menjadi poin plus bagi AMD. Tetapi, bagi kamu penggemar intel jangan khawatir. Windows terbaru sudah memiliki antivirus bawaan berupa windows deffender yang dapat menjaga perangkatmu real time 24 jam.

Baca Juga : 

7. Harga

Harga merupakan salah satu faktor penting saat menentukan prosesor yang hendak kita pilih. Tetapi, jangan kesampingkan spesifikasi lainnya, ya!

Untuk persoalan harga, prosesor intel selalu lebih mahal. Tetapi, ia memberikan performa yang lebih unggul. Walaupun AMD lebih murah, bukan berarti AMD menjadi pilihan yang buruk. Jadi, pilihlah prosesor sesuai kantong dan kebutuhan kamu.

Itu dia beberapa perbedaan Intel vs AMD yang memuat kelebihan dan kekurangan masing-masing prosesor. Setelah mengetahui perbedaannya, kamu bisa menentukan prosesor mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu memiliki budget lebih dan ingin mendapatkan performa terbaik, intel adalah jawabannya. Tetapi, jika budget-mu terbatas dan ingin memiliki spesifikasi yang tak kalah baik, AMD bukanlah opsi yang salah. Jadi, mana pilihan terbaikmu?

Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Kursus MySQL dan Kursus PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *