Tanggal:09 May 2024

6 Fungsi Power Supply pada Komputer

Power Supply komputer atau yang biasa disebut dengan singkatan PSU yang kepanjangnya adalah Power Supply Unit. PSU merupakan salah satu bagian dari komputer yang merupakan perangkat keras. Fungsi utama dari PSU adalah untuk mendistribusikan daya kepada seluruh perangkat yang terhubung dengan rangkaian komputer. Posisi dari letak PSU itu sendiri biasanya terletak menempel dengan chasing kompuer. Bentuk dari PSU itu sendiri berbentuk persegi.

Lebih jelasnya, peran dari power supply unit itu sendiri adalah mengubah aliran arus AC atau arus bolak balik ke arus DC atau arus searah yang nanti digunakan untuk memberikan daya listrik kepada seluruh pengkat keras yang terhubung dengan komputer kamu yang biasanya terdiri dari motherboard, ram, kipas, dan beberapa perangkat lain sebagainya.

Buat kamu yang saat ini ingin merakit komputer dan belum mengetahui tentang power supply, merasa beruntunglah karena sudah menemukan artikel Vocasia berikut ini. Pada artikel ini, Vocasia akan membahas bagaimana fungsi dan peranan dari power supply dalam komputer.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Sebelum mengenal tentang fungsi dari power supply, alangkah lebih baik kamu tahu dulu tentang jenis-jenis power supply yang sering digunakan saat ini

Jenis-jenis power supply

Saat ini terdapat 2 jenis power supply yang paling sering digunakan atau paling populer. Walaupun sama-sama sering digunakan tetapi 2 jenis power supply ini memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya.

1. AT

power supply AT

power supply AT – @teorikomputer.com

Jenis power supply terpopuler yang pertama adalah power supply tipe AT. Jenis power supply AT sering digunakan pada komputer-komputer generasi pertama. Yang termasuk kedalam komputer generasi pertama adalah komputer pentium II, pentium III.

Power supply ini pertama kali muncul dan dikemukakan pada tahun 1997 tetapi seiring berjalannya perkembangan teknologi, power supply unit jenit AT sudah tidak dipergunakan lagi pada kebanyak komputer saat ini. Pihak perusahaan produsen teknologi komputer sudah beralih kepada power supply yang tidak boros listrik dan lebih kompleks.

Terdapat 8 terminal output pada power supply jenis ini dan setiap terminal output langsung terhubung dnegan motherboard komputer. Pada jaman power supply ini masih sering digunakan, rata rata komputer tidak bisa dimatikan atau dihidupkan seperti sekarang dengan mengklik pada dekstop melainkan dengan menekan tompol.

2. ATX

Power supply ATX

Power supply ATX – @laptopnesia.com

Jenis ini jauh lebih kompleks dibandingkan jenis sebelumnya yaitu AT dan mendukung komputer dengan pasokan daya listrik yang jauh lebih efisien.

Canggihnya juga, dengan power supply ini kamu bisa menghentikan atau menjalankan daya listrik melalui software. Berbeda dengan versi AT yang harus dnegan menekan tombol.

Komputer yang biasanya menggunakan power supply ini adalah komputer pentium III hingga komputer terbaru seperti jaman sekarang ini.

Kemudian power supply ATX memiliki lebih banyak output terminal dibandingankan power supply versi AT yaitu sebanyak 20 sampi 24 output terminal.

Baca juga: Aplikasi control pannel hosting

Bagian dan fungsi dari power supply

Pada power supply terdapat beberapa konektor yang memilki fungsinya masing-masing sesuai dengan komputer yang terhubung dengann power supply tersebut.

Berikut adalah bagian-bagian dari power supply beserta fungsinya:

1. Konektor 20/24 pin ATX motherboard

Konektor akan terhubung langsung pada bagian motherboard komputer. Konektor ini secara khusus berfungsi untuk memberikan daya pada perangkat keras motherboard.

Baca juga: Contoh aplikasi pengolahan gambar

2. Konektor 4/8 pin 12 V

Komponen yang kedua pada power supply disebut konektor 4/8 pin 12 v. Komponen ini memiliki fungsi untuk menghantarkan daya listrik ke bagian processor komputer. Letak dari komponen ini terletak pada komputer yang sudah masuk kategori komputer pentium IV dan komputer server.

3. 6 Pin AUX power kabel

Komponen power supply yang satu ini memiliki peran sebagai penghantar data ke VGA card jenis PCIe yang akan dimanfaatkan ketika VGA memerlukan daya yang lebih banyak dari sebelumnya.

4. Konektor 4 Pin Peripheral

berfungsi untuk mengantarkan daya pada hardisk

berfungsi untuk mengantarkan daya pada hardisk – @pixabay.com

Konektor ini berfungsi untuk menghantarkan daya ke berbagai bagian penting komputer seperti kipas, CD room, hard disc dan lain sebagainya.

5. Floppy disc power kabel

Bagian floppy disc komputer memerlukan daya listrik ketiga digunakan, maka dari itu bagian floppy disc power kabel ini memiliki peran untuk mengantarkan listrik ke floppy disc.

Komponen ini memiliki ukuran yang sangat kecil.

6. SATA Power Cable

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengantar listrik pada CD room, selain itu juga komponen ini memiliki peran untuk menstabilkan aliran listrik yang di salurkan ke komputer tersebut.

Hal ini sangatlah penting agar komputer terhindar dari tegangan yang berlebih.

Demikian 6 fungsi power supply pada komputer. Semoga Bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *