Tanggal:06 May 2024

9 Tips Optimasi Instagram untuk Promosi Bisnis, Yuk Terapkan!

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)

1. Atur instagram menjadi akun bisnis

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Mengapa sih harus ubah akun instagram menjadi akun bisnis? Tentu saja karena instagram for business itu dilengkapi dengan fitur analytics di mana kamu dapat dengan mudah memantau performa sebuah feed bisnismu melalui traffic dan juga jumlah penambahan follower yang terjadi dalam suatu periode, nih.

Baca juga :

Optimasi Instagram Untuk Promosi Bisnis

7 Alasan Kamu Harus Berjualan Di Instagram

2. Atur privasi akun menjadi publik

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Secara logika, baiamana calon konsumen bisa melihat produkmu kalau akun instagramnya dikunci? Iya sih di satu sisi menyebabkan calon konsumen harus mengikuti akun instagram bisnismu terlebih dahulu agar bisa melihat postinganmu, tapi kalau ia enggan mengikuti terlebih dahulu dan memilih mencari lapak lain saja yang bisa langsung lihat produk tanpa mengikuti terlebih dahulu nantinya siapa yang akan rugi? Tentu saja kamu secara pribadi, ingat lho bahwa pembeli adalah raja.

Maka dari itu, untuk memudahkan calon konsumen melihat produkmu juga mengarahkan lebih banyak pengunjung, maka kamu harus mengatur privasi akun menjadi publik di mana postingan kamu bisa dilihat oleh siapa saja. Jika akses ke profil kamu dibuka untuk umum, maka follower akan mudah melihat produk dagangan kamu dan dengan mudah mencari informasi mengenaik produk kamu, ya.

Baca Juga :

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

14 Cara Berjualan di Instagram

3. Pasang foto profil menarik

ilustrasi branding usaha makanan (pixabay.com)
ilustrasi branding usaha makanan (pixabay.com)

Ibarat bagian tubuh manusia nih, maka foto profil itu seperti wajah manusia, ya. Bagaimana maksudnya sih? Tentu saja yang pertama kali dan juga penting untuk dipoles dengan sedemikian cantiknya ialah bagian wajah manusia agar terlihat lebih menarik juga enak dipandang. Begitu juga dengan foto profil pada akun instagram bisnismu nih, yang mana foto profil menarik adalah yang mampu mewakili identitas dari bisnis yang kamu jalankan. Foto profil bisa berupa logo bisnis yang eye-catching dan menarik. Jadi, jangan biarkan foto profil kamu kosong karena follower akan mempertanyakan kredibilitas dari bisnis kamu, lho.

Baca Juga :

Kata-Kata Promosi Menarik Untuk di Instagram

7 Cara Memulai Usaha Jastip

4. Buat username yang tepat

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Username adalah salah satu hal terpenting dalam optimasi Instagram untuk promosi bisnis online. Gunakan Username yang terkait dengan produk yang kamu jual. Misalnya, kamu menjual make up, maka usahakan untuk memasukkan kata ‘make up’ dalam username setelah nama brand kamu. Contoh: @gemilau_makeup, dan lain sebagainya. Meskipun terdengar hanya sebuah nama, akan tetapi username ini mampu menunjukkan identitas juga kredibilitas produkmu, lho. Jadi, jangan sembarang menggunakan usernama apalagi menggunakan tambahan-tambahan yang tidak merepresentasikan produkmu, cukup buat username yang cantik nan unik agar calon konsumen selalu ingat bahwa usernama ini ialah produkmu yang berkualiatas dengan identitas tertentu.

Baca Juga :

Apa Itu Instagram Ads?

9 Bisnis Islami Tanpa Modal, Cocok Untuk Kaum Milenial

5. Tarik pelanggan dengan bio yang menarik

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Bio adalah identitas yang harus dijual kepada pelanggan agar mereka dapat dengan mudah terhubung dengan kamu. Buatlah bio yang singkat, padat, dan jelas dengan cara mengisi informasi yang dibutuhkan seperti alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan atau tanya-tanya soal produk, dan alamat website jika ada.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan linktr.ee yang memuat semua link yang menuju ke akun sosial media bisnis kamu yang lainnya seperti Twitter dan Facebook. Bahkan link menuju nomor WhatsApp pun bisa dimasukkan ke akun linktr.ee kamu, ya.

Baca Juga :

Kata – Kata Promosi Menarik Untuk Bisnis Onlinemu Di Instagram

8 Bisnis Dengan Modal Kecil, Untung Besar

6. Optimasi menggunakan hashtag

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Selanjutnya kamu bisa mempromosi produk kamu melalui hashtag, mungkin hashtag sering kali dianggap tidak perlu dan membuat caption jadi terlalu panjang. Itu anggapan yang keliru. Justru hashtag sangat berpengaruh dalam pemasaran produk secara online. Yang mana penambahan hastag memudahkan pemasaran produkmu karena sebagian besar orang saat mencari suatu produk akan membuka fitur hastag, lho

Baca Juga :

Hampers Lebaran Bisa Jadi Peluang Bisnis

13 Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan

7. Jaga interaksi dengan follower

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Salah satu tips optimasi Instagram untuk promosi bisnis secara online lainnya adalah dengan menjaga interaksi dua arah dengan follower yang bisa dibilang calon pelanggan kamu, nih. Dimana kamua harus rajin membalas komen follower dan cepat menjawab saat ada yang bertanya soal produk yang kamu jual. Juga sering-seringlah merepost story mereka jika mereka menge-tag akun kamu di instastorynya sebagai wujud terima kasih karena telah menggunakan produkmu.

Dengan merepost story selain menunjukkan rasa terima kasih juga secara tidak langsung kamu menunjukkan pada publik bahwa tak perlu meragukan lagi produkmu karena sudah ada testimoninya, ibaratnya kamu telah mendapatkan promosi secara gratis darinya, lho. Jadi, lakukan interaksi sedemikian rupa untuk menjaga loyalitas konsumenmu, ya.

Baca Juga :

6 Cara Menemukan Peluang Bisnis di Lingkungan Sekitar

3 Peluang Dalam Bisnis Usaha Jasa Yang Banyak Diminati

8. Aktif posting story dan feed

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Update postigan kamu setiap hari dan perbanyak bercerita tentang produk kamu di instastory. Dengan aktif meng-update postingan Instagram, kamu bisa menaikkan impresi postingan dan bisa menumbuhkan follower secara organik. Selain itu, aktif postingan di instagram juga menjadi pengingat calon konsumen akan adanya produkmu secara terus-menerus, bayangkan saja kalau kamu uploadnya satu bulan hanya sekali postingan, apakah kamu yakin bahwa followermu itu masih ingat akan produkmu? Coba pikirkan baik-baik deh.

Lebih lanjutnya, kerapian postingan feed instagram bisnismu juga perlu untuk diperhatikan, nih. Yang mana sering dilakukan oleh pembisnis dalam mempromosikan produknya secara online karena feed yang rapi cenderung enak dipandang dan mengundang lebih banyak follower yang mengunjungi profil kamu. Sebagai ide feed apa yang cantik dan teratur kamu bisa menggunakan template untuk Instagram bisnis yang dijual atau mebuatnya sendiri agar postingan kamu nampak lebih menarik, nih.

Selain itu juga, jadwal postingan adalah hal yang sangat berpengaruh untuk mengundang like dan komen follower, lho. Para ahli di bidang digital marketing menyarankan untuk memposting 3 kali sehari pada jam tertentu yaitu jam 7-8 pagi, jam 12-13 siang, jam 18-19 malam. Waktu-waktu ini dinilai efektif untuk meningkatkan engagement postingan.

Jadwal postingan perlu diatur sedemikian rupa dan harus diperhatikan juga jumlahnya agar tidak mengganggu follower karena postingan yang berlebihan, ya. Yang mana kalau kamu sudah memiliki kesan menganggu, maka dapat dipastikan pengguna insagram tersebut bisa membatasi akunmu bahkan memblokir akun instagram bisnismu. Jadi, atur jadwal postingan instagram seefektif mungkin, ya.

Baca Juga :

Feed Instagram Menarik

Tips Membuat Bisnis Startup

9. Buat konten menarik

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)
ilustrasi promosi di instagram, (pixabay.com)

Selain postingan berupa foto, kamu bisa menyelingi postingan dengan video ataupun informasi-informasi yang terkait dengan produk melalui infografis. Sebagian pembisnis juga membuat IGTV yang merupakan film pendek yang dikemas dengan lucu atau emosional untuk membuat follower betah dengan akun bisnismu, nih. Bahkan film pendek yang lucu namun persuasif juga bisa kamu terapkan dengan tujuan akhir tentu saja agar yang melihat konten fulm tersebut tertarik untuk membeli, ya.

Selain itu, caption yang kreatif adalah PR terbesar dari optimasi Instagram untuk promosi bisnis secara online. Caption yang kreatif adalah caption yang tidak kaku dan menggunakan bahasa copywriting yang baik dan benar, yang mana harus mengandung informasi lengkap dari produk yang dijual. Caption juga sering dikaitkan dengan Call to Action (CTA) yang merupakan sebuah ajakan kepada follower untuk merespon postingan dengan harapan follower akan mengunjungi website atau nomor handphone kamu untuk membeli produk, nih.

Baca Juga :

Cara Promosi Makanan Lewat Instagram

4 Peluang Usaha Menjanjikan

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *