Tanggal:28 April 2024

Usir Rasa Sedihmu dengan 7 Cara Ini, Dijamin Berhasil!

ilustrasi tempramen - @pixabay.com

Manusia sebagai makhluk hidup diberikan beragam emosi, salah satunya adalah emosi sedih. Sedih merupakan emosi naluriah yang dapat dialami oleh setiap manusia. Perasaan sedih muncul sebagai tanggapan emosional terhadap suatu hal yang tidak berjalan sebagaimana mestinya atau tidak sesuai dengan harapan.

Keadaan-keadaan yang bisa memicu rasa sedih diantaranya ketika mengalami kegagalan, terlibat konflik dengan seseorang, kehilangan sosok yang disayangi, patah hati, sedang putus ada, dan merasa kecewa. Namun yang perlu diketahui, rasa sedih bisa membuatmu lebih menghargai kehidupan dan menumbuhkan rasa peduli terhadap orang lain.

Baca Juga : Upgrade Kualitas Dirimu

Meski bersedih adalah hal yang wajar, tetapi kita juga tidak boleh terus-menerus terlarut dalam kesedihan. Ketahui cara mengatasi kesedihan secara tepat agar kita dapat bangkit kembali dengan lebih bersemangat! Berikut adalah 7 cara mengatasi kesedihan yang wajib kamu coba.

1. Pahami dan Hadapi Rasa Sedihmu

Langkah awal yang dapat kamu coba untuk menghilangkan rasa sedihmu adalah dengan memahami emosi kesedihan yang kamu rasakan dan faktor penyebab rasa sedih tersebut. Dengan memahaminya dapat membantu kamu melawan rasa sedihmu,. Jangan biarkan kesedihanmu mengontrol dirimu.

Setelah memahami faktor yang memicu kesedihan, kamu harus menghadapinya. Ada kalanya orang yang sedang bersedih menyangkal perasaan yang mereka rasakan. Padahal, penyangkalan justru akan berbalik merugikan bagi kesehatan fisik dan mental yang kamu miliki. Oleh karena itu, yang perlu kamu lakukan ialah menghadapi perasaan tersebut dan melakukan refleksi diri.

Baca Juga : Menenangkan Pikiran

2. Menangis

Mungkin sebagian orang menganggap remeh cara yang satu ini. Tapi tahukah kamu?  Menangis merupakan salah satu cara efektif untuk menenangkan diri dari rasa sedih. Sebab itu, jangan malu untuk menangis. Luapkan semua perasaan yang kamu miliki, jangan ditahan.

Menangis bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan pikiran lebih tenang. Manfaat lain dari menangis ialah mampu membantu kamu untuk mengeluarkan hormon stres dari dalam tubuh dan dapat menjadi sarana mengekspresikan kesedihan dengan benar.

3. Ceritakan dengan Orang yang Dipercaya

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesedihanmu adalah dengan mengungkapkan keluh kesahmu kepada orang terpercaya. Hal tersebut dapat membantumu untuk mengurangi beban di hati sekaligus mencari pencerahan atas masalah tersebut.

Memberitahukan pengalaman menyedihkan atau emosi sedih yang dialami kepada orang terdekat yang dipercaya dapat menyadarkan kamu bahwa masih ada orang yang peduli, mendukungmu serta membantu memberikan solusi. Orang-orang yang peduli dengan kamu akan berusaha semampu mereka untuk menghibur, menangkan dirimu dan mengalihkan pikiranmu dari kesedihan yang kamu rasakan.

Baca Juga : Alasan Mengapa Kamu Harus Open Minded

4. Berikan Dukungan untuk Diri Sendiri

Selain dukungan dari orang sekitar, kamu juga bisa memberikan dukungan kepada diri sendiri. Mungkin terdengar aneh, tetapi tidak ada salahnya mencoba cara mengatasi kesedihan yang satu ini. Karena sesungguhnya dirimu sendirilah yang selalu ada dan peduli dengan kesedihan yang dialami oleh diri kamu. Kamu dapat mencobanya dengan memberikan afirmasi-afirmasi positif untuk dirimu sendiri. Tanamkan pemikiran bahwa kesedihanmu adalah hal yang harus kamu lawan.

Baca Juga : Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri

5. Tuliskan di Kertas

Cara ini sangat cocok untuk kamu yang kesulitan untuk mengekspresikan perasaan sedihmu kepada orang lain. Kamu dapat mencoba untuk menuliskan dan mengungkapkan semua pengalaman dan perasaan sedih yang kamu alami melalui kertas atau dalam jurnal. Menulis bisa menjadi terapi dalam menyembuhkan rasa sedih. Dengan menumpahkan kesedihan atau kekecewaan pada sebuah tulisan dapat membantu perasaanmu menjadi lebih baik.

6. Lakukan Hal-Hal Menyenangkan

Cara yang paling efektif untuk mengatasi kesedihan tentunya adalah dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi kamu. Kunci utamanya ialah melakukan hal-hal yang meningkatkan semangat dan suasana hati Anda. Dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi dapat membantu kamu mengalihkan pikiran dan membuat suasana hati menjadi lebih sehat. Kamu dapat mencobanya dengan menonton film, berolahraga, membaca buku, traveling, melukis, mendengarkan musik, makan makanan enak, ataupun melakukan meditasi. Temukan kegiatan yang paling menyenangkan untuk dirimu sendiri.

Baca Juga : Self Reward Yang Membahagiakan

7. Coba Kegiatan Baru

Salah satu cara menenangkan diri saat sedih yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang kamu sukai atau kegiatan yang belum belum pernah kamu coba sebelumnya.

Jadikanlah kesempatan ini untuk mencoba sesuatu yang baru agar dapat membuat Anda melupakan rasa sedih. Kamu bisa traveling ke destinasi liburan yang belum pernah Anda kunjungi atau destinasi yang sudah Anda impikan dari lama. Kamu juga bisa coba mengikuti kegiatan sosial atau bergabung dengan komunitas. Dengan melakukan hal-hal tersebut kamu bisa menyegarkan kembali perasaan dan pikiran yang selama ini sedih dan merasa kehilangan arah.

Baca Juga : Kegiatan Ini Bisa Membangun Self Awareness

Nah, itu tadi 7 cara untuk menghilangkan kesedihan yang kamu alami. Jangan biarkan sedihmu berlarut-larut. Mulai saat ini lakukan hal positif dan cara-cara yang sudah disebutkan untuk bangkit dan menjalani hidup yang lebih bermanfaat.

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *