Tanggal:29 April 2024

Lingkungan Kerja Kamu Toxic? Yuk Ikuti Tips dan Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Dalam dunia pekerjaan, kamu tidak akan selalu mengalami proses dan hasil yang memuaskan. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk memperhatikan banyak hal saat kamu sedang bekerja di suatu perusahaan. Dari berbagai aspek seperti atasan, rekan kerja, lingkungan, dan masih banyak lagi. Kira-kira, ada kah cara-cara untuk mengatasi hal-hal tersebut? Tentu saja! 

Hal yang paling sulit dan tidak enak untuk dialami adalah memiliki lingkungan kerja yang sangat toxic. Jika kamu mengalami hal ini, tentunya sangat tidak sehat untuk kesehatan mental yang nantinya juga akan lari ke fisik kamu. Performa kerja kamu juga akan terhambat dan terganggu dengan adanya toxic environment. Lalu, cara dan tips apa saja yang harus kamu lakukan? Yuk kita simak cara-cara berikut!

1. Work-Life Balance 

Saat kamu sibuk di dalam dunia kerja, pastinya sering kamu merasa hidup terlalu berkaitan oleh pekerjaan kamu. Bahkan, sampai kamu merasa bahwa pekerjaan kamu adalah hidupmu dan apa yang kamu rasakan setiap harinya adalah tekanan dan stress yang kamu dapat dari pekerjaan kamu. Maka dari itu, kamu harus membatasi dan mengontrol antara pekerjaan dan kehidupan pribadimu dengan baik. Jangan sampai salah satu dari hal tersebut menguasai kehidupan kamu. Jika itu terjadi, hidupmu akan sangat susah untuk dirasakan dengan nyaman dan santai.

2. Support System 

Selain kamu menyeimbangi kehidupanmu dengan pekerjaan, kamu juga penting untuk memiliki support system baik di lingkungan kerja kamu dan diluar. Dengan memiliki support system, kamu akan merasa bahwa kamu memiliki orang-orang yang dapat kamu percayai dan cerita keluh-kesal kamu dalam bekerja. Mereka juga akan membantu kamu saat kamu sedang berada di posisi yang tidak nyaman dan sebagainya jika kamu sulit untuk bangkit.

3. Kembangkan Diri Kamu 

Selanjutnya adalah self development. Pastikan kamu selalu memberikan yang terbaik di setiap pekerjaanmu, dan jangan lupa juga untuk mengambil pelajaran dan memanfaatkan setiap kesempatan yang kamu dapatkan. Dengan itu, kamu akan selalu merasa positif dan ingat bahwa hidupmu tidak selalu berputar di dunia pekerjaan. 

4. Dokumentasi Keseharianmu Dalam Bekerja 

Mengapa harus kamu dokumentasikan pekerjaan kamu? Mungkin hal ini dapat membantu jika kamu ingin melaporkan atasan kamu jika sudah tidak tahan kamu tanggapi. Hal ini juga berlaku untuk setiap rekan kerja kamu yang ada di kantor. Hal ini dilakukan agar kamu memiliki bukti yang konkrit saat melaporkan ke pihak HRD.

5. Siapkan Exit Strategy

Exit strategy sangat penting untuk kamu siapkan saat kamu sudah yakin jika ingin keluar dari tempat kerja kamu yang sekarang. Jika kamu sudah tidak bisa bertahan di lingkungan yang sangat toxic, pastinya kamu harus menyiapkan hal ini. Jangan sampai kamu keluar dengan alasan yang tidak jelas, yang dapat membuat kredibilitas kamu dipertanyakan oleh rekan-rekan kerja hingga atasanmu. Mulai mencari melamar di tempat kerja baru dan pastikan kamu sudah memiliki tempat yang siap menerimamu saat kamu sudah keluar. 

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan bekerja di perusahaan outsourcing

Jangan lupa tips-tips dan cara ini kalau kamu memiliki toxic environment di lingkungan kerja kamu ya!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *