Tanggal:21 May 2024
Apa itu competitive advantage? (rawpixel.com)

Apa Itu Competitive Advantage?

Keunggulan kompetitif mengacu pada faktor atau atribut yang memungkinkan perusahaan tertentu untuk menghasilkan layanan atau produk yang lebih terjangkau atau berkualitas lebih tinggi daripada pesaingnya.

Pengertian Competitive Advantage

Ketika sebuah bisnis atau organisasi memiliki keunggulan kompetitif, itu berarti perusahaan tersebut memiliki pengaruh atas para pesaingnya. Keunggulan pesaing paling sering dikaitkan dengan bisnis yang menyediakan produk dengan nilai yang lebih baik atau setara kepada pelanggannya, atau layanan dengan harga lebih rendah daripada yang dapat ditawarkan oleh bisnis pesaing.

Mampu memasarkan dan menjual produk dan layanan yang berkualitas lebih tinggi atau diiklankan dengan harga lebih rendah dapat berarti perusahaan memperoleh dan mempertahankan pelanggan lebih sering dan andal daripada bisnis dan merek pesaing. Selain itu, keunggulan kompetitif dapat berarti lebih banyak loyalitas merek dan hubungan masa depan antara bisnis dan target pasarnya.

5 Langkah untuk mendapatkan competitive advantage

Lingkungan bisnis saat ini sangat kompetitif. Sekarang jauh lebih mudah dan lebih murah untuk memulai bisnis, terutama dengan teknologi yang memungkinkan bisnis dilakukan secara online dan internasional untuk memenangkan pelanggan di pasar luar negeri.

Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah kunci keberhasilan bisnis. Ini adalah kekuatan yang memungkinkan bisnis untuk memiliki fokus yang lebih besar, lebih banyak penjualan, margin keuntungan yang lebih baik, dan retensi pelanggan dan staf yang lebih tinggi daripada pesaing.

Ini adalah pendorong utama nilai bisnis jangka panjang dan merupakan hal yang paling dihargai pembeli ketika ingin mengakuisisi bisnis. Tanpa keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, Anda berisiko menjadi bisnis ‘saya juga’ yang lain yang kesulitan mencapai hasil yang kurang memuaskan.

  • Cost advantage: bisnis bersaing dalam harga.
  • Value advantage: bisnis memberikan penawaran berbeda yang dianggap memiliki nilai superior.
  • Focus advantage: bisnis berfokus pada ceruk pasar tertentu, dengan penawaran khusus yang dirancang khusus untuk segmen pasar tersebut.

Sebagian besar usaha kecil tidak memiliki pangsa pasar dan daya beli untuk bersaing secara efektif dalam harga dan tidak cukup besar untuk menjadi segalanya bagi semua pelanggan di pasar.

Contoh strategi competitive advantage

Sebelum mencari strategi keunggulan kompetitif yang kuat, Anda perlu melakukan riset pasar kompetitif serta analisis produk kompetitif untuk menguraikan peluang nyata.

Mari kita lihat beberapa strategi, alat, dan cara untuk membantu bisnis Anda menonjol dari para pesaing.

  1. Jangan pernah berhenti berinovasi

Ini adalah salah satu contoh diferensiasi produk terkuat. Inovasi memungkinkan Anda untuk melihat kebutuhan pelanggan secara berbeda dan memberikan solusi yang tidak dapat dilakukan oleh pesaing Anda.

Inovasi ibarat jembatan dari masa kini ke masa depan. Mereka semua tentang terus berusaha untuk membuat segalanya lebih baik dan meningkatkan cara hidup orang. Semakin banyak Anda berinovasi, semakin Anda dapat tetap berada di depan para pesaing.

Selalu temukan kembali produk dan layanan Anda dengan mengadopsi teknologi baru, proses baru, dan solusi baru. Inovator terbaik dapat mengambil produk terkenal dan membuatnya lebih baik. Itu adalah kekuatan yang membuat merek menonjol di pasar.

Untuk menjadi inovatif, tanyakan kepada pelanggan bagaimana Anda dapat meningkatkan produk Anda. Juga, kesulitan dan keluhan bisa menjadi titik awal yang bagus untuk inovasi Anda.

Contoh:

Di antara contoh perusahaan terkenal di dunia yang tidak pernah berhenti berinovasi adalah: Google, Amazon, Microsoft, Apple, Samsung, Tesla, Nike, P&G, Hewlett Packard, Alibaba untuk beberapa nama.

Mari kita ambil Samsung – pemimpin global dalam teknologi, baterai, dan desain chip. Inovasi mereka sepertinya tidak ada habisnya.

Mereka memiliki layar OLED pertama yang dapat ditekuk, LCD dua sisi ultra tipis pertama, dan lain-lain. Samsung selalu menampilkan desain dan rekayasa yang luar biasa dalam teknologi mutakhir.

  1. Bidik emosi audiens Anda

Orang membuat keputusan didorong oleh emosi mereka. Perusahaan yang memahami kekuatan emosi dan berhasil terhubung dengan perasaan pelanggan menerima hasil yang sangat besar.

Menciptakan pencitraan merek yang emosional menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan dan bahwa Anda benar-benar memahami perasaan mereka. Pencitraan merek emosional dapat membantu Anda menciptakan hubungan yang mendalam dengan konsumen Anda. Dan ini adalah sesuatu yang sulit dikalahkan oleh pesaing Anda.

Contoh :

Contoh klasik dari diferensiasi produk yang hebat berdasarkan emosi orang adalah Coca-Cola. Coca-Cola memposisikan produknya sebagai happy, artinya membawa kegembiraan, harmoni, dll.

Coca-Cola terus-menerus menerapkan strategi branding emosional dan kampanye pemasaran yang memberikan nilai emosional pada produk. Itulah mengapa minuman ringan sederhana menjadikan Coca Cola sebagai merek global yang membuat orang di seluruh dunia tertarik dan bersemangat.

Jadi, Anda memerlukan strategi diferensiasi dan positioning merek yang sangat kuat agar sukses.

Daftar strategi keunggulan kompetitif dan alat pemasaran di atas bertujuan untuk memberi Anda ide untuk memposisikan produk Anda sehingga dapat berkembang di ruang pasar yang ramai.

Baca juga :

5 Teori Perdagangan Internasional Yang Harus Kamu Tahu!

Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

Branding: Pengertian, Manfaat Dan Tujuan Branding Secara Umum

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *