Tanggal:17 June 2024

Franchise Kokumi, Minuman Boba Kekinian yang Sudah Punya Branding Baik

Franchise Kokumi.

Perkembangan yang cepat tak hanya terjadi di bidang fashion atau mode saja. Bahkan di bidang kuliner pun, keadaan tersebut dirasakan. Apalagi akhir-akhir ini, dimana persaingan semakin mengetat, dan para pembisnis kuliner dibuat putar otak, mengolah inovasi dan kreasi mereka sehingga kuliner yang dijual bisa terus bersaing di pasaran. Nah, jika kamu memperhatikan keadaan sekitar. Pastilah kamu mengetahui bahwa saat ini, begitu populer minuman kekinian berupa boba. Munculnya minuman bobo ini juga akibat adanya perkembangan tersebut. Boba muncul dan menjadi minuman yang akhirnya menguasai pasaran karena banyak sekali masyarkat Indonesia yang mengonsumsinya, tidak terbatas gender ataupun usia. Hal tersebut tentunya tak lepas dari pengaruh bagaimana keunikan yang disajikan dan rasa dari bobanya sendiri yang cocok di lidah masyarakat. Belum ditunjang dengan harganya yang sangat terjangkau.

Adanya kepopuleran bobo ini akhirnya menjadikan banyak usaha menjual hal serupa. Tak terhitung berapa banyaknya brand-brand boba yang sudah muncul dan mulai bersaing satu sama lainnya. Nah, salah satunya adalah Kokumi. Meskipun sudah muncul banyak brand boba, Kokumi masih tetap menjadi brand minuman boba terfavorit dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan ketika mereka sedang ingin mengonsumsi minuman ini, brand yang pertama kali muncul adalah Kokumi. Adanya keadaan demikian, maka tak mengherankan juga jika akhirnya kedai-kedai Kokumi selalu dipadati oleh pengunjung yang datang ataupun Gojek dan Gofood yang ingin mengambilan orderan minumannya.

Nah, melihat bagaimana terkenal dan suksesnya minuman boba Kokumi ini, tentunya akan sangat menguntungkan buatmu jika kamu mengajukan kerjasama dan membuka franchisenya. Kamu tak perlu lagi bersusah payah mempromosikan minuman dan membuat brandingnya lagi, karena Kokumi sudah memiliki branding yang baik. Terbukti dengan adanya kepopulerannya tersebut di tengah masyarakat. Bahkan, semakin hari, brand Kokumi ini semakin berkembang dan hampir menguasai pasar minuman di Indonesia. Nah, lalu bagaimanakah caranya membuka franchise Kokumi ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Tentang Kokumi

Tentang Kokumi.
Tentang Kokumi. Sumber: Pexels

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, brand Kokumi adalah brand minuman boba yang berasal dari Indonesia. Kokumi pertama kali dibentuk pada tahun 2018 di Green Lake City, Tangerang. Melihat bagaimana perkembangannya yang sangat pesat, bahkan hampir menyeluruh ke wilayah-wilayah di Indonesia, maka tak mengherankan jika akhirnya pada Desember 2020, brand Kokumi telah membuka outletnya hampir 80 buah di seluruh Indonesia secara merata. Orang dibalik adanya minuman boba ini adalah Jacqueline, seorang wanita yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang beverage and food di Indonesia. Dengan menggunakan pengalamannya tersebut, Jacqueline akhirnya bisa mendirikan brand minuman bobanya sendiri, bahkan hingga sesukses sekarang. Sebelum mendirikan brand minuman Kokumi ini, Jacqueline dulunya adalah seorang mahasiswi lulusan food science dari Universitas Pelita Harapan. Dirinya juga pernah bekerja di Symrise AG serta Firmenich, sebuah perusahaan yang berjalan di bidang kuliner.

2. Menu di Kokumi

Menu.
Menu. Sumber: Pexels

Sebelum kamu mengajukan kerjasama dan membuka franchisenya, alangkah baiknya untuk mengetahui dulu mengenai apa saja yang diperjualbelikan di Kokumi ini. Sebagai brand yang menjual minuman manis dan boba, tentunya akan ada banyak varian menu minuman yang dijual, sehingga bisa menghindari pelanggannya untuk bosan. Nah, kira-kira apa saja menu-menu tersebut? Untuk pembeli yang datang, mereka dapat memilih minuman dari racikan jus, teh susu, hingga thai tea. Adapun, di seluruh outlet Kokumi, mereka memiliki menu favorit yang biasanya banyak dipesan oleh para pengunjungnya yaitu Okinawa Brown Sugar Big Boba. Nah, untuk setiap outlet Kokumi yang ada, mereka biasnya menjual percup minumannya dengan harga yang sama yaitu sekitar Rp 30 – 40 ribu. Selain itu, Kokumi juga selalu menyajikan menu-menu baru yang semakin memanjakan lidah pelanggannya. Adanya hal tersebut dimaksudkan selain untuk menghindari pelanggannya bosan dengan menu yang sama, juga agar brand Kokumi selalu bisa bersaing dengan brand boba di luaran sana yang tentunya juga selalu berinovasi. Biasanya menu baru tersebut dikeluarkan setiap beberapa bulan sekali.

3. Syarat Franchise Kokumi

Syarat franchise.
Syarat franchise. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui menu yang dijual, maka selanjutnya adalah mengetahui persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi ketika ingin membuka franchise Kokumi ini. Untuk kamu yang berminat, kamu harus menyiapkan biaya franchise untuk membayar lisensi brand dan lokasi tempat usahamu nantinya didirikan. Kamu harus memperhatikan pilihan tempat usaha tersebut dengan jeli dan seksama, karena dari manajemen Kokumi sendiri begitu selektif terkait hal tersebut. Dari mereka menetapkan bahwa lokasi usaha tersebut paling tidak harus memiliki traffic yang padat, seperti pusat keramaian mall. Nah oleh karena itu, usahakan untuk menyiapkan tempat usaha yang strategis ya! Selain itu, tempat tersebut juga harus berukuran besar, sehingga bisa dikunjungi oleh pelanggan dari usia 6 – 35 tahun. Nah, untuk bangunannya minimal harus berukuran 18 meter dan memiliki aliran air bersih. Lalu, bagaimana jika kamu ingin membukanya di pinggiran jalan? Ya, kamu masih bisa melakukannya, asal masih memperhatikan syarat yang diajukan manajemen ya! Selain itu, jika kamu berada di Bandung, Jakarta, Jogja, Surabaya, kamu sudah tak bisa membuka franchisenya di keempat daerah tersebut, karena manajemen sudah menutup peluang franchisenya. Jadi, peluang satu-satunya yaitu membukanya di daerah lain.

4. Biaya Franchise Kokumi

Biaya franchise.
Biaya franchise. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui persyaratan yang dibutuhkan, maka selanjutnya adalah mengetahui biaya yang harus kamu bayarkan ketika ingin membuka franchise Kokumi ini. Nah, kira-kira berapakah besaran biaya tersebut? Untuk kamu yang berminat, paling tidak kamu harus menyiapkan biaya sekitar Rp 1,25 miliar. Adapun rinciannya yaitu Rp 1,1 untuk membeli lisensi brand, Rp 150 juta untuk perkakas dan alat usaha lainnya, dan Rp 300 juta untuk bahan baku awal. Biaya tersebut belum sewa lokasi di dalamnya.

5. Cara Franchise Kokumi

Cara franchise.
Cara franchise. Sumber: Pexels

Nah, setelah mengetahui persyaratan dan biaya yang harus kamu penuhi, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana prosedur atau cara mengajukan kerjasama dan membuka franchisenya ini. Untuk kamu yang tertarik, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran dengan mengjungi website resmi Kokumi di https://kokumiworld.com/.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Saat ini, Vocasia sedang mengadakan promo Desember Ceria (Cepat Pintar Ikut Vocasia) yang hanya berlangsung selama 7 hari dari 10 – 17 Desember 2021 saja dengan potongan diskon hingga 97%!

Ayo, segera buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Jangan sampai ketinggalan karena promo sangat terbatas! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan dibawah ini !.

Baca juga :

Franchise Haus, Brand Minuman Thai Tea Kekinian

Franchise Lazatto, Brand Chicken & Burger Lokal

Franchise Street Boba, Brand Minuman Boba Berkultur Jepang

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *