Tanggal:15 May 2024

5 Cara Sukses Lolos SBMPTN Tanpa Ikut Bimbel, Pejuang PTN Wajib Tahu!

SBMPTN atau singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu rangkaian tes yang dapat kamu ikuti ketika kamu ingin berlomba-lomba dalam memperebutkan bangku di PTN. SBMPTN dikenal sebagai tes yang tingkat kesulitannya diatas Ujian Nasional (UN).

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Karena kesulitannya ini, banyak lembaga yang menawarkan bimbingan belajar secara intensif agar bisa lolos pada pilihan universitas yang mereka tuju. Tidak main-main, biaya yang dikeluarkan pun cukup besar dan kesempatan untuk diterima pun akan tetap sama dengan peserta lainnya. 

Ketatnya persaingan dengan jumlah kuota yang terbatas menuntut kamu untuk lebih paham dan mengenal komponen tes SBMPTN yang diujikan. Salah satu strategi yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengikuti bimbel yang saat ini sudah banyak pilihannya. Namun, tidak berarti kamu yang tidak mengikuti bimbel tidak akan lolos seleksi. Ada banyak cara sukses agar lolos SBMPTN tanpa bimbel, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini!

Baca juga: Biografi Ferry Unardi Pendiri Traveloka

Cara agar Sukses SBMPTN Tanpa Bimbel

Sukses SBMPTN Tanpa Bimbel. Sumber: pexels.com

Ada banyak faktor mengapa seseorang tidak mengikuti bimbel, di antaranya besarnya biaya yang diperlukan, menganggap sepele tes SBMPTN, atau bahkan atas dasar kemauannya sendiri. Jika kamu salah satu pejuang PTN yang tidak mengikuti bimbel, kamu tentu perlu menyadari bahwa tenaga yang kamu lakukan saat proses belajar harus lebih besar dibanding seseorang yang mengikuti bimbel. 

Ingin mendapatkan hasil yang memuaskan? Cobalah untuk mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Ketika kamu sudah mencari lebih dalam mengenai komponen tes yang akan diujikan kamu akan mengetahui bagaimana kesulitan yang nantinya akan dihadapi. Artikel ini akan membahas 5 cara sukses agar lolos SBMPTN yang bisa kamu terapkan jika memutuskan untuk tidak mengikuti bimbel!

1. Konsisten Mengikuti Jadwal Belajar

Memiliki jadwal belajar khusus UTBK SBMPTN 2022 adalah hal yang penting dilakukan. Sama seperti seseorang yang mengikuti bimbel juga memiliki hari khusus untuk belajar SBMPTN. 

Kamu juga bisa menerapkannya dengan cara membuat jadwal belajar SBMPTN serta menyesuaikan dan melihat materi yang akan diujikan sesuai kelompok. Membuat jadwal pelajaran jadi lebih mudah karena dibuat dan ditentukan oleh kamu sendiri.

Setelah membuat jadwal belajar, kamu perlu konsisten juga saat menentukan rumpun tes apa yang kamu ambil yakni soshum, saintek, ataupun campuran. Jika memilih campuran, usaha yang kamu lakukan harus dua kali lipat dibanding memilih salah satu rumpun tes. 

Membuat jadwal belajar yang efektif dan tidak membosankan bisa kamu lakukan dengan melakukan variasi mata pelajaran yang akan dipelajari setiap harinya. Jika memungkinkan, waktu belajar bisa dilakukan setiap harinya dengan menyisihkan kurang lebih 2-5 jam perhari. Waktu khusus belajar bisa kamu sesuaikan dengan kesibukan yang dilakukan masing-masing, ya!

2. Rajin Mempelajari Soal SBMPTN Tahun Sebelumnya

Rajin mendalami teori bisa saja membuat kamu merasa bosan. Buat kamu yang lebih senang mempelajari teori bisa saja kegiatan berlatih soal malah jadi teralihkan dan hal tersebut bukan cara sukses SBMPTN yang dilakukan oleh kamu tanpa mengikuti bimbel. Oleh sebab itu, selalu sediakan waktu secara seimbang untuk mempelajari dan mengerjakan soal SBMPTN. 

Perlu diingat bahwa menghafal teori saja bukan cara efektif untuk mempersiapkan diri menuju tes. Kamu harus terbiasa bertemu dengan soal-soal tahun sebelumnya sebagai latihan awal yang berkelanjutan. Kamu bisa memulai dengan mengumpulkan berbagai soal SBMPTN tahun sebelumnya. Hal ini bisa kamu peroleh saat melakukan pencarian di Google atau grup diskusi yang banyak membahas soal SBMPTN. 

Selain itu, sudah banyak buku rekomendasi untuk bahan belajar yang tersedia di toko buku. Buku-buku tebal SBMPTN sebagai ciri khas yang bisa kamu beli langsung dan di dalamnya biasanya sudah disediakan berbagai kumpulan soal SBMPTN. Jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan dalam menghafal teori dan menyelesaikan soal, ya!

Baca juga: Tugas-Tugas seorang Content Strategist

3. Belajar dengan Target

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa jika kamu telah mampu mengisi jawaban SBMPTN dengan memperoleh jawaban benar yang banyak, ujian nasional akan jauh lebih mudah untuk kamu isi. Kamu harus sudah mulai menyadari bahwa tingkat kesulitan SBMPTN berbeda dengan UN sehingga materi yang kamu pelajari juga lebih banyak.

Bimbel khusus SBMPTN biasanya membutuhkan waktu enam bulan sebelum jadwal pelaksanaannya. Oleh sebab itu, kamu tidak dapat mengandalkan waktu belajar selama seminggu atau sebulan sebelum waktu SBMPTN tiba karena kamu akan sangat kurang persiapan. Kamu perlu memiliki target belajar agar lebih terstruktur. 

Saat menghadapi SBMPTN tanpa ikut bimbel, kamu perlu yakin bahwa kamu telah mempersiapkan segala alat tempurnya. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya dan mulai kurangi kegiatan yang kurang diperlukan. Target dalam belajar bisa kamu buat dengan mengukur pemahaman kamu akan konsep suatu materi dalam jangka waktu tertentu dan terus diiringi oleh latihan soal.

4. Pahami Konsep Materi

Konsep belajarnya yang hanya mengandalkan hafalan adalah kesalahan yang bisa saja terjadi padamu. Belajar bisa kamu lakukan dengan memahami konsep materi. SBMPTN adalah ujian untuk berpikir kritis, kemampuan menggunakan nalar, dan memahami secara kontekstual dalam ilmu pengetahuan sosial dan sains.

Hindari dalam menghafalkan teori, kamu bisa beralih dengan memahami perspektif ilmu dan garis besarnya. Metode belajar tersebut bisa kamu ubah dari sekarang jika selama ini kamu mengandalkan kemampuan hafalan dalam setiap proses belajar.

Baca juga: Film Kartun yang Mendidik

5. Mengikuti Try Out

Jika kamu memutuskan untuk tidak ikut bimbel, setidaknya keluarkan biaya untuk mengikuti try out. Banyak lembaga, organisasi, maupun paguyuban mahasiswa yang sering mengadakan try out. Ada yang memerlukan biaya, ada juga yang gratis. Try out ini sangat penting untuk mengukur kesiapan dan mental dalam proses mengerjakan soal. 

Selain itu, skor yang kamu peroleh bisa kamu gunakan untuk memacu semangatmu dalam mencapai skor yang diinginkan. Jika hasil try out menunjukkan skor yang masih rendah, disitulah hal yang menjadi evaluasi untukmu kedepannya.

Baca juga: Cara Bisnis Minuman Kekinian dengan Bermitra Franchise Boba Brown Sugar

Itu dia 5 cara agar sukses SBMPTN tanpa bimbel. Kamu perlu percaya diri atas kemampuan yang dimiliki. Dengan mengikuti cara sukses di atas pasti kamu bisa lolos SBMPTN tanpa mengikuti bimbel!

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! 

Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Cara Mengatasi Malas Belajar

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *