Tanggal:15 May 2024

Contoh-Contoh Pekerjaan Sampingan Yang Dapat Kamu Coba! Ada Apa Aja?

Memiliki satu pekerjaan saja terkadang tidak cukup. Terkadang kita membutuhkan beberapa pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan kita, untuk mencari pengalaman, finansial, dan menyibukkan diri. Kalau kamu bisa memiliki pekerjaan lebih dari satu, alasan yang tepat dari kamu apa nih? 

Tentu saja, banyak sekali orang diluar sana yang memiliki pekerjaan sampingan selain pekerjaan utamanya. Alasan apapun memang tidak ada masalah, asalkan pekerjaan utama kamu jangan sampai ditinggalkan ya! Pastikan pekerjaan sampingan kamu tidak mengganggu jam kerja dan aktivitas-aktivitas lainnya.

Lalu, ada pekerjaan sampingan apa aja sih yang bisa diikuti? Tentu saja, pekerjaan apapun dapat kamu kerjaan bersamaan, asalkan kamu dapat menyeimbangkan dan membagi waktu dengan benar diantara keduanya. Tetapi, lebih baik kamu mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan dengan tidak memakan waktu. Ada apa aja ya? Yuk kita cek bersama!

1. Driver Online 

Menjadi driver online adalah salah satu opsi kamu untuk dijadikan pekerjaan sampingan. Kamu dapat melakukannya pada akhir pekan, atau setelah jam kerja pekerjaan utamamu. Mungkin setelah jam 5 sore hingga larut malam dimana jam-jam kamu dapat menjadi driver online. Jangan lupa untuk mementingkan kesehatan kamu ya, kalau sudah lelah, kamu dapat melanjutkannya esok hari. Karena pekerjaan utamamu juga masih menunggu!

2. Influencer 

Dengan era digital media yang sudah sangat berkembang dan pesat ini, banyak sekali influencer-influencer yang mulai bermunculan di media sosial. Ditambah lagi saat pandemi kemarin, banyak orang yang menggunakan waktu luangnya di rumah dengan membuat konten kreatif yang diunggah di media sosialnya. Dengan waktu jam kerja yang bebas, ini bisa menjadi salah satu opsi pekerjaan sampingan kamu ya!

3. Personal Trainer 

Kamu suka fitness atau olahraga lainnya? Jadi personal trainer aja yuk! Tidak hanya kamu mendapatkan pemasukan tambahan sebagai trainer, kamu juga bisa sambil olahraga sama klien kamu setiap sesinya. Jadi sehat dan penghasilan juga tetep masuk kan? 

4. Photographer 

Kalau kamu suka foto-foto dan ingin difokuskan, mungkin fotografer bisa menjadi salah satu profesi yang kamu jadikan pekerjaan sampingan! Dengan modal kamera dan laptop, kamu sudah bisa memulai profesi menjadi seorang photographer. Tinggal menunggu panggilan dari klien, jangan lupa untuk membuat cv dan portfolio hasil-hasil kamu yang bagus ya!

5. Personal Assistant

Menjadi seorang personal assistant harus memiliki kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi. Jika bos kamu menginstruksikan melakukan hal ini-itu, kamu harus selalu siap dan jangan sampai salah ya. Jadi, kamu harus benar-benar sabar dan memiliki mental yang kuat. Kalau kamu melakukan hal-hal tersebut dengan baik dan benar, maka kamu juga akan dilihat sebagai asisten yang baik pada akhirnya!

6. Content Writer/Blog 

Menulis adalah keahlianmu? Yuk bisa dicoba menjadi content writer atau menulis di sebuah blog. Contoh saja dengan membuat artikel, di setiap artikelnya kamu bisa menghasilkan yang cukup lumayan lho! Sama dengan penulis blog, kamu bisa menulis ide-ide kreatif kamu untuk dijadikan sebuah blog yang menarik. Tertarik gak nih buat kamu yang suka menulis?

7. Bisnis Car Wash 

Mungkin kamu suka otomotif dan ingin memiliki bisnis cuci mobil? Bisa aja yuk dibuat car wash! Tidak hanya mobil saja, tapi kamu dapat membuka bisnis car wash kamu dengan mencuci berbagai macam kendaraan. Mulai dari motor, bus, elf, dan masih banyak lagi!

Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan sampingan atau side job, bisa nih list-list diatas untuk dicoba ya!

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *