Tanggal:19 May 2024

Waktu Antara Kelinci Membuat Sarang dan Melahirkan? Berikut Jawabannya!

Kelinci merupakan salah satu binatang yang dapat kamu pelihara. Dengan bentuk dan gerak-geriknya yang sangat lucu, binatang yang sangat diminati oleh banyak orang ini cocok banget jika kamu sedang ingin membeli dan merawat suatu binatang peliharaan. Tetapi, pastinya kamu harus mengikuti dan mempelajari apa saja yang kelinci butuhkan agar kelinci yang kamu pelihara akan hidup lama dan memiliki pertumbuhan yang sehat. 

Sebelumnya, kita sudah pernah membahas jenis-jenis kelinci dan juga cara merawat dan memandikan seekor kelinci. Sekarang, kita akan membahas berapa lama sih waktu antara seorang kelinci saat sedang hamil, lalu membuat sarang untuk bayi kelincinya, dan waktu kira saat seekor kelinci harus melahirkan. Fakta uniknya, seekor kelinci dapat melahirkan hingga 5 kali dalam jangka waktu satu tahun lho, lama juga ya! Yuk kita pelajari dan simak penjelasan tanda-tandanya! 

1. Kelinci Gelisah 

Tanda pertama jika kelinci ingin melahirkan adalah saat mereka seperti sedang kebingungan dan gelisah. Pada saat mereka sedang di kandang, biasanya mereka sudah mulai merasakan jika ia sudah mau melahirkan, seperti mondar-mandir di kandang, dan terlihat sekali seperti seseorang yang sedang bingung tidak tahu mau apa. Jika kamu menemukan kelinci kamu seperti ini, itu tandanya kelinci kamu mau melahirkan ya!

2. Sering Menjauh Saat Didekati & Menyendiri

Tanda kedua, kelinci akan sulit untuk didekati, termasuk kamu yang memeliharanya. Hal ini disebabkan hormon kelinci yang naik turun dan membuat moodnya menjadi berantakan. Kelinci juga akan sering menyendiri karena moodnya ini. Bahkan, bila kelinci melihat seorang manusia, ia akan langsung lari ke kandang dan menyendiri. Jika kelinci tidak dipelihara, biasanya mereka akan mulai garuk-garuk tanah dan masuk ke dalam lubang tersebut selama proses melahirkan.

3. Menjadi Agresif 

Selain itu, kelinci juga menjadi agresif. Saat mereka ingin menyendiri, sebaiknya kamu juga tidak mengganggunya. Karena, mereka sangat memperhatikan siapa yang mendekatinya dan yang ada di pikiran mereka hanyalah anaknya yang sedang dikandung. Jika kamu tetap mengganggunya, kelinci akan bertambah stress, jadi biarkan kelinci sendiri dulu saja ya saat proses menuju melahirkan ini!

4. Berbaring Saat Ingin Melahirkan 

Kalau kelinci kamu sudah mulai sering berbaring-baring saja selama seharian lebih, berarti kelinci kamu sudah di tahap hamil tua. Hal ini mungkin terjadi karena kelinci ingin beristirahat dan menjaga janinnya yang sedang ada dalam kandungan. Kamu disarankan untuk tidak mengganggu di tahap-tahap saat kelinci seperti ini, agar tidak menambah stress pada kelinci.

5. Membuat Sarang 

Beberapa hari sebelum melahirkan, tepatnya 4 sampai dengan 6 hari, biasanya kelinci akan memulai membuat sarang persalinan untuk melahirkan. Biasanya, kelinci akan membawa rumput atau jerami ke dalam kandang, yang nantinya akan dijadikan sarang. Jika hal tersebut terjadi, maka tandanya waktu kelinci akan melahirkan sudah sangat dekat dan kamu sebaiknya tidak mengganggunya sampai sudah melahirkan. 

6. Nafsu Makan Berubah 

Tahap-tahap terakhir adalah dimana kelinci mulai sensitif dan nafsu makannya berubah drastis. Sensitif juga merupakan salah satunya dan jika iya, biasanya kelinci akan marah dengan cahaya, lingkungan sekitar, dan lain-lain. Nafsu makan pun bertambah sangat drastis, karena ia sedang mengandung, jadi kamu harus siapkan makanan yang sedikit banyak, tentunya juga air untuk minum. Jika kamu tidak memberikan makanan yang cukup, janin kelinci nanti yang sudah lahir akan dimakan oleh si induk, kamu tidak mau hal itu terjadi kan? Jangan sampai kelinci tidak dapat makanan yang cukup, lalu jika ia sudah mulai tidak ada nafsu makan, maka proses melahirkan akan segera terjadi.

Sudah siap memelihara kelinci belum?

Baca Juga :

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *