Tanggal:15 May 2024

Perbedaan bekerja di Perusahaan Startup dengan bekerja di Perusahaan Corporate

Pada ulasan dibawah ini akan membahas seputar perbedaan antara perusahaan startup dengan perusahaan corporate.

Secara umum startup adalah perusahaan yang baru dirilis, sedangkan perusahaan corporate adalah perusahaan besar yang sudah mapan dan sistem didalamnya sudah terstruktur dengan baik.

Berikut ini 5 perbedaan yang signifikan antara perusahaan startup dengan perusahaan corporate.

Startup dengan Corporate, Apa saja ya perbedaannya?

1. Tempat atau Lokasi Bekerja

Pada perusahaan startup biasanya tempat dan lokasinya ada yang diruko baru, bahkan ada yang di area terbuka. Fungsinya adalah untuk membangun komunikasi kepada masyarakat dan karyawan.

Namun banyak juga perusahaan startup yang sudah berlokasi di gedung perkantoran sekalipun.

Berbeda dengan perusahaan corporate. Dari jumlah employee yang banyak juga sudah pasti perusahaan ini berlokasi di perkantoran dan memiliki banyak ruangan untuk menampung banyak karyawan.

2. Budaya

Dalam corporate, biasanya budayanya lebih kaku dan mengikat. berbeda dengan perusahaan startup yang biasanya posisi karyawannya diisi oleh lulusan baru yang memiliki ide kreatif, tentu budaya perusahaan startup tidak terlalu formal.

Dari cara bekerja, corporate umumnya membagi tugas dan kewajiban masing-masing karyawan secara mendetail dan terstruktur. Hal ini karena lingkungan kerja yang ada sudah lebih stabil.

Sedikit berbeda dari itu, di startup, karyawan biasanya bekerja sama dengan divisi lainnya yang kemudian membuka peluang untuk belajar hal yang baru.

3. Jam Kerja

Jam kerja kedua perusahaan ini juga berbeda. Pada corporate, jam kerja sudah diatur dengan ketat oleh perusahaan, umumnya sekitar jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Sedangkan startup memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Namun, ada juga yang menetapkan jam kerja tertentu.

4. Benefit/Gaji

Pada umumnya corporate mempunyai aturan yang cukup jelas mengenai gaji, bonus, upah lembur, kenaikan gaji, dan tunjangan, termasuk soal bonus dan uang lembur.

Namun kembali lagi, besar kecilnya gaji tergantung dengan jabatan dan lama bekerja. Disisi lain ada kekurangannya juga dari perusahaan korporasi. Banyak korporasi yang cukup alot dalam menaikan gaji karyawannya. Walau sudah mengabdi bertahun-tahun, belum tentu naik gajinya.

Kalau startup memang semakin naik daun akhir-akhir ini. Sering kali startup memberikan gaji yang sama atau lebih tinggi dari korporasi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan talent terbaik bagi kemajuan perusahaan.

Namun, perusahaan startup masih jarang memberikan bonus pada pegawainya, hal ini karena startup masih berupa perusahaan perintis yang menghimpun modal sebanyak-banyaknya untuk tumbuh.

Begitu juga dengan tunjangan, banyak startup belum bisa memberikan tunjangan seperti yang diberikan korporasi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *