Tanggal:05 May 2024
sales representative

Minat Jadi Sales Representative? Kenali Tugas, Tanggung Jawab, dan Skill yang Wajib Dikuasai!

Ingin terjun ke dunia pemasaran? Jika iya, sales representative adalah salah satu opsi karier yang bisa kamu pilih dan tekuni. Meski demikian, sebenarnya masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu sales representative, lho.

Padahal posisi tersebut sudah sangat umum dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan dari berbagai sektor industri. Kenapa? Sebab, ia memiliki posisi yang penting dalam kelangsungan penjualan sebuah produk yang dimiliki perusahaan.

Tapi, sebelumnya kamu harus paham bahwa tak semua orang bisa menjadi seorang sales. Apalagi jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi dan public speaking yang mumpuni.

source: freepik

Lalu, apa sih sales representative itu? Tugas dan tanggung jawab apa saja yang harus diemban? Dan skill apa yang harus dikuasai selain komunikasi yang baik? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel berikut ini.

Apa itu sales representative?

Dilansir dari Career Explorer, sales representative adalah para ahli yang bertugas untuk memamerkan dan menjual produk perusahaan kepada badan organisasi formal dan informal. Dalam arti lain, sales representative adalah sebuah pekerjaan yang tugas utamanya menjual produk maupun jasa kepada klien dengan target meningkatkan angka penjualan.

source: freepik

Berbeda dengan sales associate yang menawarkan produk langsung ke konsumen, sales representative menyasar pada kelas konsumen yang lebih besar seperti pabrik, perusahaan atau industri lain, organisasi, sampai lembaga pemerintahan. Maka dari itu, orang yang bekerja untuk posisi ini harus dibekali keterampilan kerja utama yakni komunikasi persuasif dan negosiasi untuk menarik minat klien.

Tugas dan tanggung jawab sales representative

sales representative adalah

source: unsplash

Tugas dan tanggung jawab seorang sales mungkin akan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Namun, pada umumnya di bawah ini adalah tugas dan tanggung jawab sales representative di suatu perusahaan:

1. Menjual produk perusahaan

Tugas utama sales representative adalah untuk menjual barang atau jasa yang dimiliki perusahaan. Tak hanya itu, mereka juga mencari klien atau pembeli potensial, mempromosikan barang pada klien, dan menjaga hubungan dengan klien.

Ada pula tugas lainnya seperti bekerja dekat dengan customer support guna memastikan kepuasan klien hingga mencapai target dari penjualan secara berkala.

2. Mengurus segala keperluan administratif klien

Tugas yang harus diemban seorang sales representative selanjutnya adalah menyediakan dokumen dan informasi yang diperlukan klien atau konsumen demi memperlancar transaksi jual beli. Dokumen ini bisa termasuk budget perkiraan, perjanjian pembayaran, kontrak perjanjian, dan report data.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk mendampingi dan membantu klien terkait pertanyaan setelah transaksi penjualan.

3. Update dengan perkembangan dan perubahan pasar

Seorang representative harus peka dan terus up to date dengan tren terbaru dan perubahan yang terjadi di pasar. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca semua jenis publikasi, mengikuti seminar, mengamati fluktuasi pasar, dan mengamati kegiatan kompetitor.

4. Memiliki product knowledge yang baik

Memiliki product knowledge diperlukan supaya mereka bisa memberikan penawaran yang baik kepada prospek dan pelanggan perusahaan. Product knowledge sendiri mengandung informasi mengenai latar belakang, fitur, harga, hingga komposisi bahan dalam produk.

Apabila hubungan yang baik sudah dijalin, saat sales representative mempresentasikan produknya ke klien akan jadi lebih mudah mencapai kesepakatan yang menguntungkan.

5. Menjaga image dan nama baik perusahaan

Tugas dan tanggung jawab terakhir sales representative adalah untuk menjaga citra serta nama baik perusahaan. Buat kamu yang belum tahu, sales representative merupakan ujung tombak perusahaan dalam hal penjualan produk. Mereka akan berhubungan secara langsung dengan klien perusahaan, baik itu via panggilan telepon atau tatap muka. Untuk itu, sales representative harus selalu menunjukkan perilaku yang sopan dan positif.

Saat bekerja, mereka tidak boleh menunjukkan perilaku atau sikap yang terkesan negatif. Sebab, hal tersebut akan memengaruhi citra perusahaan secara negatif. Nah, jika nama baik perusahaan sudah tercoreng, kemungkinan besar tak akan ada lagi prospek yang hendak membeli produk mereka.

Skill yang harus dikuasai sales representative

Apabila kamu tertarik dengan pekerjaan ini, berikut beberapa skill yang wajib kamu punya bila ingin meniti karier sebagai sales representative:

1. Keterampilan berkomunikasi

Seperti yang disinggung di atas bahwa skill utama yang wajib dikuasai ialah skill berkomunikasi. Seorang sales representative harus dapat mendeskripsikan fitur dan keunggulan sebuah produk atau jasa yang mereka jual. Selain itu, sebagai penjual kamu harus fasih menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh konsumen.

sales representative adalah

source: unsplah

Keterampilan ini ini penting dimiliki agar mampu menjelaskan secara komprehensif dan persuasif pada konsumen.

2. Customer service

sales representative adalah

source: pexels

Keterampilan kedua yang harus dimiliki sales representative adalah customer service. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan friendly kepada konsumen agar konsumen merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan.

3. Keterampilan mendengar

Tak hanya kemampuan untuk mendekati dan berkomunikasi dengan ramah kepada konsumen. Agar bisa sukses dalam profesi satu ini, kemampuan yang perlu dimiliki sales representative adalah keterampilan mendengar. Keahlian satu ini mereka butuhkan untuk mendengar seluruh keperluan dan aspirasi pelanggan perusahaan.

Konon, pembicara yang baik ialah mereka yang bersedia untuk mendengar lawan bicara dengan sepenuh hati. So, saat kamu mendengar dengan baik, kamu pun akan berkomunikasi dengan baik dengan para konsumen atau klien.

4. Fleksibel

sales representative adalah

source: unsplah

Fleksibilitas adalah keahlian yang tak kalah penting. Mengapa demikian? Sebab, sales representative terkadang harus bekerja di luar jam kerja. Mereka juga perlu menyesuaikan dengan waktu klien yang mungkin beberapa di antaranya berada di luar waktu sales representative bekerja, contohnya saat selesai jam kerja. Mereka diperlukan untuk bekerja sampai malam hari bahkan di akhir pekan. Untuk itu, fleksibilitas di sini sangatlah diperlukan.

5. Gigih

Dalam praktik di dunia nyata, biasanya transaksi jual beli tidak akan selalu berjalan mulus. Akan ada banyak calon pembeli yang bersikap diluar ekspektasi. Mungkin beberapa transaksi baru akan berhasil di pertemuan ke-4 atau ke-5. Nah, di sinilah kemampuan untuk tetap gigih sangat diperlukan.

Sebaiknya kamu tidak mudah menyerah dan dapat menghadapi tantangan yang ada dalam transaksi dengan klien.

6. Critical thinking

Profesi ini memerlukan kemampuan berpikir kritis untuk mencari solusi pada tiap masalah yang sedang datang. Mereka harus dapat mempertimbangkan segala kemungkinan dan mengambil keputusan yang bijak dalam menyelesaikan masalah.

Nah, itu dia pembahasan seputar profesi sales representative. Apakah kamu tertarik untuk meniti karier sebagai sales representative? Jika iya, good luck!

Baca juga: Tips Menjadi Sales Motoris Profesional, Cocok untuk Pemula!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *