Tanggal:25 May 2024

9 Cara Untuk Terapi Self Healing, Perlu Isolasi Diri?

Sebagai seorang manusia, kita pastinya pernah mengalami hal-hal tidak enak seperti sakit hati, patah hati, dan kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan. Setelah hal itu terjadi, tentu kita ingin cepat lupa dan tidak merasakan luka dalam hati kita. Cenderung hal ini akan sulit untuk dijalankan oleh seseorang, karena pengalaman dan kejadian setiap orang berbeda-beda dan tentunya cara setiap orang juga berbeda.

Salah satu cara kamu untuk melakukan hal itu adalah dengan Self Healing. Self Healing adalah cara seseorang untuk mengobati rasa kesedihan, trauma, sakit hati, hingga pengalaman yang tidak mengenakan pada diri sendiri dengan cara yang bisa dilakukan sendiri.

Lalu, ada cara apa saja ya dalam melakukan Self Healing ini? Berikut 9 cara untuk terapi Self Healing.

1. Berdamai Dengan Keadaan

Photo: Pixabay

Salah satu cara Self Healing adalah berdamai dengan keadaan. Maksud dari hal ini adalah dengan kamu harus menerima keadaan yang sedang dialami dan membiarkan rasa dan hati menerima keadaan kamu yang sedang dialami. Dengan cara ini, kamu memang tidak bisa langsung sembuh dan melupakan hal kamu lupakan itu. Dengan berdamai, waktu akan mengatakan bahwa kamu sudah bisa melupakan itu. Damai dengan keadaan adalah salah satu kunci dari cara terapi ini.

2. Melawan Pikiran Negatif

Kamu harus bisa melawan pikiran-pikiran yang membuatmu menjadi stres dan depresi saat melakukan Self Healing. Salah satunya adalah dengan melawan semua pikiran negatif yang mengalir pada diri kamu. Kamu harus mengisi pikiran dengan hal-hal yang bisa membuatmu melupakan hal-hal buruk dan menjadikan hal tersebut bagi diri kamu dan jadikan pelajaran. Kalau kamu ingin sembuh melalui Self Healing ini, kamu harus bisa melawan pikiran negatif.

Baca Juga : 5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Negatif

3. Sering Berkomunikasi Dengan Diri Sendiri

Self Communicate. Photo: Pixabay

Dengan kamu tidak berkomunikasi bersama orang lain, kamu bisa menyembuhkan diri kamu sendiri. Salah satu cara ini adalah hal yang sangat sulit mungkin bagi beberapa orang. Tetapi jika kamu sudah melewatinya, kamu akan merasa seperti orang baru dan dapat menikmati waktu kamu untuk berdiskusi dengan diri kamu sendiri. Kamu tidak harus selalu berbicara setiap menit dengan diri sendiri, tetapi biarkan setiap harinya kamu dapat berkomunikasi dengan diri sendiri mengenai diri kamu untuk kepentingan kesehatan mental kamu.

4. Memiliki Support System Di Sekelilingmu

Kamu harus mengelilingi lingkungan di sekitar kamu yang dapat menolong dan mensupport kamu saat kamu sedang di bawah, tidak hanya kamu sedang di atas. Memang dari poin sebelumnya, kamu juga harus mementingkan hubungan dengan diri kamu sendiri, tetapi kamu juga harus memiliki beberapa keluarga, teman dan rekan dekat yang dapat membantu kamu pada saat-saat kamu sedang membutuhkan orang lain. Dukungan mereka dapat kamu jadikan tanda cinta untuk kamu menjalani kehidupan kedepannya.

5. Biarkan Diri Kamu Bersedih Dan Melepaskan Hal Yang Ingin Dilupakan

Walaupun tujuan kamu adalah untuk melupakan dan melanjutkan kehidupan, tetapi kamu juga harus membiarkan rasa sedih dan luka itu. Biarkan rasa sakit yang kamu harus rasakan, hingga kamu harus menangis, menangis lah agar kamu juga merasakan kesedihan itu. Kamu akan sulit melupakan jika kamu tidak membiarkan rasa sakit ini dirasakan. Karena hal itu juga menjadi bagian dari hidup, kita tidak bisa selalu ingin senang dan tidak sedih. Kesedihan juga bagian dari hidup.

Baca Juga : Deretan Manfaat Shiatsu Massage Dari Jepang

6. Melakukan Perawatan Untuk Diri Sendiri

Hugging oneself happy and positive, smiling confident. Self love and self care. Photo: Pixabay

Kamu tidak harus selalu mengurung diri dan menyiksa diri kamu dengan tidak melakukan apa-apa. Kamu juga harus melakukan perawatan untuk diri kamu sendiri. Seperti dengan jalan-jalan, belanja, hingga perawatan ke salon, pijat dan masih banyak lagi. Hal-hal seperti ini agar kamu ingat bahwa kamu pantas untuk bahagia juga, walaupun kamu sedang tidak baik-baik saja. Dengan melakukan perawatan diri sendiri, kamu juga meng-iya kan bahwa kamu tidak pantas untuk sakit dalam waktu yang lama, biarkan kesedihan itu larut dan hilang. Karena cara setiap orang-orang itu pasti berbeda dan tidak selalu sama.

Baca Juga : Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Kulitmu

7. Fokus Dengan Diri Sejenak

Self Focus. Photo: Pixabay

Banyak pikiran mengalir saat kamu sedang tidak baik-baik saja. Mulai dari pikiran yang senang-senang dan positif, hingga hal-hal yang negatif dan tentunya sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu, kamu harus fokus dengan diri sendiri dalam beberapa waktu yang kamu mungkin butuhkan. Karena kamu harus fokus dengan apa yang mau kamu lakukan dengan diri kamu sendiri kedepannya. Berikan waktu yang cukup untuk kamu dapat mengetahui apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat diri kamu nyaman dan mengenal diri kamu sendiri kedepannya.

Baca Juga | Cara Membangun Hubungan Kerja yang Baik

Baca Juga | Personal Branding di Media Sosial Itu Penting

8. Menerima Bahwa Orang Tidak Akan Meminta Maaf

Saat terjadinya konflik dan masalah, pasti ada saling salah menyalahkan dari kedua kubu. Dalam situasi, bisa saja kedua belah pihak sama-sama mengucapkan permintaan maaf, mungkin juga hanya salah satu, dan mungkin saja tidak ada yang ingin meminta maaf karena ego masing-masing pihak. Tetapi jika kamu dihadapkan dengan situasi dimana pihak lain tidak meminta maaf atas masalah atau konflik yang terjadi dengan diri kamu, kamu harus siap dan menerima jika permintaan maaf itu tidak akan kunjung datang. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mereka mengatasi masalah, salah satunya dengan menghilang dan tidak mengucapkan permintaan maaf. Kamu harus mengingatkan kepada diri kamu bahwa hal tersebut tidak akan mengubah diri kamu, tetapi menjadikan pelajaran bahwa ada seseorang di luar sama yang memiliki cara yang berbeda dan menerimanya dengan lapang dada.

Baca Juga | Alasan Mengapa Kamu Harus Open Minded

Baca Juga | 8 Acara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiranmu

9. Mengisolasi Diri Untuk Sementara Waktu

Photo: Pixabay

Mengisolasi diri sendiri adalah cara dalam melakukan terapi Self Healing ini. Kamu harus benar-benar siap dengan tidak berkomunikasi dengan yang lain dan menerima bahwa kamu butuh waktu untuk sendiri. Hal ini bersifat sementara, agar kamu dapat menenangkan diri dari kehidupan sosial untuk beberapa waktu.

Setelah membaca cara-cara terapi Self Healing, menurut kamu, cara mana yang kamu akan lakukan saat kamu sedang ingin Self Healing?

Baca Juga : Manfaat Terapi Mindfulness

Baca Juga : Cara Mengatasi Hubungan Toxic

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *