Tanggal:25 May 2024

9 Ide Bisnis Kerajinan Kain Perca Wajib Kamu Coba!

Kamu tentu sering mendengar istilah kain perca bukan? Ya, kain sisa dari pembuatan suatu produk. Namun jangan salah menafsirkan, ya. Kain perca memiliki beragam manfaat kegunaan, loh. Salah satunya yakni pembuatan kerajinan dari kain perca. Kain perca dapat kamu temukan pada produksi konveksi ataupun penjahit. Kain tersebut memang tampak tersisih. Tetapi kamu harus pandai memandangnya dari sudut pandang lain. Kamu bisa menyulap kain perca menjadi berbagai kerajinan.

Kerajinan dari kain perca tak kalah menarik dengan bahan yang lain. Hal ini dapat kamu jadikan peluang sebuah ide bisnis. Kamu hanya perlu memutar otak untuk menciptakan sesuatu yang unik. Kamu bisa mencari referensi dari berbagai sumber. Supaya kerajinan yang kamu buat terlihat memukau di mata konsumen. Kamu juga bisa belajar tahap demi tahap membuat kerajinan kain perca. Sebelum itu, yuk simak 9 ide bisnis kerajinan dari kain perca berikut.

Baca Juga | Fashion Design: Definisi, Tipe, Skill Yang Diperlukan

1.Kerajinan selimut kain perca

https://pixabay.com/id/photos/tempat-tidur-kamar-tidur-selimut-1846251/

Kamu bisa mendapatkan kain perca dari lingkungan sekitar. Seperti halnya konveksi ataupun penjahit di sekitar rumah kamu. Ide bisnis pembuatan selimut kain perca sangat unik, loh. Pasalnya kamu dituntut lihai merajut kain selimut menjadi tampilan memesona. Kamu dapat membuat selimut sesuai model yang sedang tren. Tak lupa seluruh bahan pendukung wajib kamu siapkan, ya. Sederhana saja, kamu cukup menyiapkan gunting, kain perca, pernak-pernik, benang, dan jarum untuk merajut. Semuanya dapat dirangkai sesuai imajinasi kamu.

Baca Juga | Peluang Bisnis! 10 Kerajinan Tangan Yang Bisa Jadi Cuan

2. Kerajinan bantal kain perca

https://www.pexels.com/id-id/foto/bantal-lempar-putih-dan-hijau-1248583/

Ide bisnis selanjutnya yaitu kerajinan bantal. Produk bantal tentu saja sangat dibutuhkan semua orang. Kamu bisa membuat kerajinan bantal dengan dominasi motif yang unik. Seperti halnya perpaduan ikon super hero ataupun pemeran kartun. Berbagai kain perca cukup kamu kumpulkan. Jangan lupa isian kapas menjadi penunjang pembuatan bantal. Kamu bisa mencurahkan kreativitas dalam tampilan luar bantal. Berbagai hiasan bisa kamu buat supaya lebih menarik, ya.

Baca Juga | Berikut Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan!

3. Kerajinan bed cover kain perca

https://pixabay.com/id/photos/dingin-frost-musim-dingin-penyakit-2722002/

Kamu suka tidur dalam keadaan hangat? Pas banget nih. Ide bisnis bed cover tentunya sangat menjanjikan. Kamu bisa menyulap helai demi helai kain perca menjadi kreasi yang menarik. Tak lupa penambahan aneka rumbai menjadi hiasan penting. Kamu bisa membuat aneka tampilan bed cover sesuai permintaan konsumen, ya. Membuat motif yang sedang tren juga tak ada salahnya. Kamu hanya perlu mencari aneka referensi untuk dijadikan bed cover dengan tampilan memukau.

Baca Juga | 4 Peluang Usaha Menjanjikan Yang Bisa Kamu Coba! Berminat?

4. Kreasi gorden kain perca

https://www.pexels.com/id-id/foto/dua-tirai-saku-batang-putih-910458/

Setiap rumah tentu perlu memiliki gorden atau hiasan pintu. Tak jarang gorden juga menjadi barang koleksi. Tentu saja setiap perayaan di rumah bisa berganti juga motif gorden yang dipakai. Peluang tersebut bisa kamu jadikan sumber ide bisnis. Kamu bisa memanfaatkan kain perca yang tidak terpakai. Cukup terapkan motif gorden yang akan dibuat lalu rajut kain percanya. Pastikan antar motif memiliki hubungan yang selaras. Hal ini akan mendukung tampilan dari gorden yang kamu buat.

Baca Juga | 6 Usaha Yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Peluang Besar Untuk Kamu!

5. Kerajinan karpet kain perca

https://pixabay.com/id/illustrations/ruang-tamu-karpet-sofa-mebel-1853203/

Karpet identik digunakan saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Penggunaan karpet bisa disimbolkan sebagai sarana keakraban antar sesama. Kamu bisa membuat karpet dari kain perca tak terpakai. Biasanya karpet hanya identik warna hijau atau merah saja. Kamu bisa merubahnya menjadi sesuai keinginan. Perpaduan warna atau motif kain perca yang unik bisa menjadikan daya tarik tersendiri. Kamu cukup menggunakan beberapa lembar kain perca dibuat bertumpuk supaya hasil jadi karpet tidak terlalu tipis, ya.

6. Gantungan kunci kain perca

Kamu punya kreativitas tinggi? Atau menyukai hal yang unik? Pembuatan gantungan kunci dari kain perca dapat digunakan sebagai media penyalur kreativitas. Kamu bisa memadukan dengan berbagai bahan lain seperti halnya penggunaan kayu atau plastik. Kain perca dapat kamu bentuk sesuai model yang diinginkan. Misalnya saja bunga mawar, pulpen mainan, hingga mobil. Berbagai bentuk kerajinan gantungan kunci dapat semakin menarik minat konsumen membeli. Kamu cukup gali berbagai referensi model yang menarik.

7. Kerajinan bandana kain perca

Kamu pecinta bandana? Wajib banget tahu informasi kerajinan dari kain perca. Bandana identik dengan berbagai perpaduan warna dan motif hiasan kepala perempuan. Kamu bisa mengombinasikan beragam motif kain perca menjadi satu kesatuan. Tak perlu takut tampilan menjadi kurang cantik. Justru beragam warna unik dan motif menarik bisa membuat konsumen semakin tertarik. Kamu cukup membeli bahan bandana polos untuk dihias dengan kain perca ini.

8. Boneka kain perca

Kamu bisa memanfaatkan ide bisnis kerajinan kain perca menjadi bentuk boneka cantik. Boneka tentu saja digemari oleh berbagai kalangan anak-anak. Bentuk yang lucu dan menarik bisa menjadi daya tarik penjualan. Kamu hanya perlu mempersiapkan referensi bentuk bonekanya saja. Lalu kembangkan imajinasi kamu dengan perpaduan warna kain perca yang tersedia. Tak perlu pusing, buat boneka sederhana dengan tampilan unik dijamin memukau di mata konsumen.

Baca Juga | Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penghasil Cuan, Yuk Coba!

9. Tas kain perca

Kain perca sungguh memiliki berbagai kegunaan. Salah satunya dapat dijadikan kerajinan tas dari kain perca. Kamu bisa membuat tas punggung, sling bag, hingga tote bag dari kain perca. Cukup padukan berbagai motif menjadi satu kesatuan. Lalu rajut kain perca perlahan. Dan jangan lupa tambahkan selempang tasnya. Pastikan semuanya rapi dan konsumen siap menggunakannya. Sungguh menarik!

Nah, itulah 9 kerajinan dari kain perca yang bisa kamu jadikan referensi bisnis. Kamu bisa memanfaatkan kain perca di sekeliling yang tidak terpakai. Dari kain yang hampir tidak dilirik, bisa berubah menjadi nilai jual yang melejit. Kamu bisa mencari berbagai referensi model kerajinan kain perca yang unik. Lalu menuangkan segala kreativitas yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Baca Juga | 4 Ide Bisnis Yang Kreatif Dan Unik, Jangan Sia-Siakan Kesempatan!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *