Tanggal:03 May 2024

10 Rekomendasi Ide Jualan Makanan Pedas yang Cepat Dilirik Pelanggan

Sedang mencari ide jualan makanan pedas? Kamu berada di tempat yang tepat! Makanan pedas menjadi salah satu kuliner favorit dan banyak digemari semua kalangan. Ragam jenis makanan dengan sensasi rasa pedas menjadi daya tarik tersendiri. Tentunya makanan pedas bisa menjadi ide berjualan atau berbisnis kuliner.

Ide jualan makanan pedas saat ini semakin meningkat keberadaannya. Persaingan dalam dunia bisnis ini pun sangat ketat. Namun, tak perlu khawatir berlebih. Banyak strategi yang dapat digunakan agar tidak kalah saing di pasaran.

Agar terciptanya kepuasan pelanggan, pebisnis makanan harus meningkatkan kualitas pelayanan, kenyamanan, fasilitas, serta meng-upgrade menu-menunya. Jenis menu yang beragam tentunya akan semakin memanjakan para pelanggan dan bisa meningkatkan potensi orang untuk membeli, lho.

Nah, untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis makanan pedas. Vocasia akan bahas secara tuntas berbagai ide jualan makanan pedas yang paling digemari masyarakat. Yuk, simak informasi ini!

10 Ide Jualan Makanan Pedas yang Paling Disukai

1. Seblak

Ilistrasi Makanan Pedas Seblak (Pexels)

Orang Sunda pasti sangat bangga dengan hidangan pedas ini. Berasal dari Bandung, kota Kembang, makanan ini diterima oleh sebagian besar orang Indonesia.

Awalnya, seblak adalah makanan pendamping makanan berat. Namun, kini seblak sudah viral keberadaannya dan menjadi suatu keharusan bagi banyak orang yang menyantapnya. Seblak terbuat dari bahan utama kerupuk basah yang dicampur dengan berbagai macam sayuran dan topping. 

Topping seblak sebenarnya tinggi protein karena terbuat dari telur, ayam, atau seafood. Seblak diolah dengan bumbu tertentu sehingga memberikan rasa pedas. Bahan utama seblak adalah kerupuk udang yang disiram air putih dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, dan kencur. Makanan ini bercita rasa gurih dan pedas. 

Tertarik membuka usaha seblak? baca juga :

Ini Lho Caranya Franchise Seblak Bloom Yang Berkonsep Social Enterpreneur!

2. Sate Taichan

Ilustrasi Makanan Pedas Sate Taichan (Pixebay)

Sate taichan merupakan sate ayam biasa yang dibakar tanpa menggunakan bumbu yang beraneka ragam. Sate taichan hanya dibaluri menggunakan garam dan jeruk nipis saja sebagai bumbunya. Makanan ini disajikan dengan sambal dan lontong. Dari segi penampilan, sate taichan terkesan lebih pucat bila dibandingkan dengan sate ayam pada umumnya. Hal itu dikarenakan sate ayam umumnya menggunakan bumbu khusus dengan beraneka macam bahan dan kecap sehingga menjadikan tampilannya lebih berwarna.

Tentunya hal itu berbeda dengan sate taichan yang hanya dibakar dengan bumbu garam dan jeruk nipis tanpa kecap sehingga penampilannya lebih pucat. Untuk membuat sambal taichan, kamu bisa sesuaikan tingkat kepedasannya. Jika pecinta pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabe rawit merah. Makanan ini cocok banget dijadikan sebagai ide jualan makanan pedas.

3. Bakso Aci

Ilustrasi Makanan Bakso Aci (Instagram)

Bakso aci merupakan salah satu makanan pedas khas Garut yang digemari banyak orang. Hidangan ini terbuat dari tepung kanji atau aci. Secara tampilan, masakan ini sangat mirip dengan cilok kuah. Namun, kedua makanan khas Jawa Barat ini berbeda dalam penyajian dan rasanya. Makanan ini memiliki ciri khas kuah asam pedas dengan aroma kencur yang menggugah selera. Salah satu hal yang tak terlupakan bagi semua penikmat bakso aci adalah bumbu kuahnya yang khas. Kuahnya yang pedas asam dan gurih membawa kesegaran di lidah orang yang menyukainya.

Kuah bumbu ini diracik dengan campuran air, garam, bumbu, rempah, kaldu, ebi, dan daun jeruk hingga menjadi kuah hangat yang enak di lidah dan tenggorokan. Rasa kuahnya hampir mirip seperti seblak. Cita rasa kuah bakso aci dengan tambahan kencur memberikan rasa rempah yang sangat khas Indonesia.

Tertarik membuka usaha Bakso aci? Baca juga :

Tertarik Untuk Berbisnis Camilan? Buka Franchise Baso Aci Akang Aja!

Franchise Baso Aci Juara, Jajanan Tradisional Khas Garut

4. Ceker Mercon

Ilustrasi Makanan Pedas Ceker Mercon (Pixebay)

Ceker mercon adalah olahan dari ceker ayam dengan balutan bumbu pedas. Itulah mengapa dinamakan sebagai ceker mercon. Makanan ini dikenal masyarakat karena rasa pedasnya tak biasa. Selain itu, makanan ini juga lezat dan nagih.

Ceker ayam memiliki banyak manfaat juga, lho. Contohnya seperti untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengandung banyak kolagen, mempertahankan kesehatan tulang, dan menjaga kesehatan gusi. Tetapi, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi terlalu banyak, khususnya bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag.

5. Ramen

Ilustrasi Makanan Pedas Ramen (Pexels)

Ramen sebenarnya hidangan mie asal China. Kemudian makanan ini menyebar di Jepang dan membaur dengan budaya makanan setempat. Makanan pedas ini booming di Indonesia lewat anime Naruto. Mie ramen dibuat dari gandum, air, garam, dan telur. Jenis ramen dibedakan beberapa jenis berdasarkan faktor tertentu, yakni ketebalan mie, persentase air yang digunakan untuk membuatnya, bentuk, serta warna. Faktor ini pun turut mempengaruhi rasa setiap ramen.

Jenis mie dan kuahnya disesuaikan agar menghasilkan rasa terbaik. Sebagai contoh, mie yang berbentuk keriting lebih cocok dipadukan dengan kuah yang rasanya lebih ringan. Sementara mie yang bentuknya lurus cocok dengan kuah yang lebih kental dan rasanya pedas.

Baca juga: 7 Cara Promosi Makanan di WA agar Cepat Dilirik Pembeli

6. Ayam Geprek

Ilustrasi Makanan Pedas Ayam Geprek

Ide jualan makanan pedas lainnya adalah ayam geprek. Ayam geprek pada dasarnya hampir sama seperti ayam penyet yang sudah lebih dulu ada. Hanya saja tekstur dan cara penyajiannya berbeda.

Ayam penyet dimasak dengan cara diungkep dengan bumbu kuning, digoreng menggunakan minyak panas, dan biasanya disajikan bersama sambal hijau. Sedangkan ayam geprek dimasak sama seperti fried chicken kemudian digeprek bersama sambal pedas menggunakan cobek.

Tertarik membuka usaha ayam geprek? Baca juga :

Cara Franchise Ayam Geprek Juara, Makanan Favorit Orang Indonesia!

Bisnis Anti Promosi Yang Ribet? Franchise Ayam Geprek Bensu Aja, Ini Lho Caranya!

7. Tahu Jeletot

ide jualan makanan pedas

Ilustrasi Makanan Pedas Tahu (Unplash)

Tahu jeletot adalah olahan tahu goreng khas Bandung. Memiliki ciri khas rasa pedas pada isian dalam tahu. Saat ini olahan tahu jeletot mulai populer, khususnya bagi para pecinta pedas. Rasa pedas cabai rawit merah menjadi andalan yang khas. Tahu ini diracik dengan bumbu lain tambahan, seperti terigu dan sayuran sebagai isinya.

Tertarik membuka bisnis tahu jeletot? baca juga :

Franchise Tahu Jeletot Taisi, Olahan Tahu Yang Pedas Dan Gurih

8. Pentol

ide jualan makanan pedas

Ilustrasi Makanan Pentol (Unplash)

Makanan ini mirip dengan cilok. Banyak orang suka tertukar ketika menyebutnya. Pentol terbuat dari campuran daging giling dengan tepung kanji. Lalu dicetak atau dibentuk bulatan kecil dan direbus. Adakalanya adonan pentol dimasukkan ke dalam tahu goreng yang biasa disebut dengan pentol tahu. Pentol memiliki ciri khas bumbu yang pedas dan dapat menggiurkan lidah jika memakannya.

Tertarik membuka usaha pentol? Baca juga :

Franchise Pentol Gila, Camilannya Orang Indonesia Yang Murah Meriah

Berikut Ini Cara Bermitra Franchise Pentol Kabul Yang Asli Dari Jawa Timur

9. Cireng Bumbu Rujak

ide jualan makanan pedas

Ilustrasi Makanan Cireng Bumbu Rujak (Google)

Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah berinovasi dari segi variasi rasa. Banyak cireng yang di dalamnya terdapat berbagai topping, misalnya saja seperti daging ayam, sapi, sosis, baso, keju, hingga ayam bumbu teriyaki. Biasanya kamu menggunakan sambal rujak sebagai pelengkap untuk rujak buah. Namun, kini kamu bisa untuk menikmatinya sebagai sambal pelengkap cireng, lho.

Rasa gurih dan kenyal cireng ternyata cocok dikombinasikan dengan rasa dari sambal rujak yang pedas ini. Varian cireng yang satu ini banyak sekali penggemarnya. Bahkan, sudah banyak dijual sebagai makanan beku atau frozen food. Jadi, ketika ingin menikmatinya di rumah, kamu tidak perlu repot membuat. Kamu hanya tinggal menggorengnya saja.

10. Pempek

ide jualan makanan pedas

Ilustrasi Makanan Pempek (Unplash)

Pempek merupakan kuliner khas Sumatera Selatan. Makanan ini sudah terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Pempek terbuat dari adonan berbahan dasar tepung tepung sagu dan ikan. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah lezat berwarna coklat yang kental bernama cuko. Kuah cuko bercita rasa pedas, manis, dan sedikit asam, namun tidak terlalu menyengat di mulut dan lidah.

Biasanya daging ikan yang digunakan untuk pembuatan pempek asli Palembang adalah jenis ikan tenggiri yang dihaluskan. Ikan tenggiri memiliki cita rasa yang lezat dibandingkan dengan ikan lainnya. Tetapi, sekarang bahan baku pempek makin beragam. Tak hanya ikan tenggiri, ikan gabus juga bisa dijadikan pengganti bahan baku pempek, khususnya bagi yang alergi ikan laut.

Tertarik membuka usaha pempek? Baca juga :

Resep Pempek Dan Cara Membuatnya, Dijamin Lezat!

Resep Cuko Pempek Dan Cara Membuatnya, Rasa Autentik!

Itulah, informasi yang dapat Vocasia sampaikan mengenai ide jualanan makanan pedas. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu dalam berbisnis kuliner, ya. Nantikan juga artikel informatif lainnya!

 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *