Tanggal:29 May 2024

Ingin Menjadi Akuntan Publik? Yuk Ikuti Tips-Tips Berikut!

Apakah kamu ingin menjadi seorang akuntan publik? Jika iya, pas banget nih! Karena kali ini, kita akan membahas bagaimana cara-cara kamu dan tips untuk menjadi seorang akuntan publik. Tetapi sebelumnya, kamu sudah tahu belum apa itu akuntan publik? Kalau belum, yuk kita cari tahu apa itu artinya! 

Akuntan publik adalah profesi atau pekerjaan yang memberikan jasa sebagai seorang profesional yang telah memiliki izin langsung dari negara untuk melakukan praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen. Tugas akuntan publik sendiri meliputi beberapa tugas seperti analisis laporan keuangan, audit laporan keuangan, audit pajak, dan sebagainya. 

Nah untuk kamu yang ingin menjadi akuntan publik, sudah tahu belum tips-tipsnya yang harus kamu ketahui? Pastinya ada beberapa tips yang harus kamu tahu agar kamu akan menjadi seorang akuntan publik kelak nanti, kira-kira ada apa aja ya? Yuk kita simak bareng dan jangan lupa dicatat ya!

1. Mendapatkan Gelar di Studi Akuntansi

Hal pertama yang harus kamu miliki dan dapatkan adalah gelar di dalam studi akuntansi tentunya. Tanpa gelar ini, akan sangat sulit untuk kamu menjadi seorang akuntan publik. Untuk lebih detailnya, kamu harus memiliki gelar di dalam studi akuntansi dalam S1 atau D4, untuk menjadi syarat dasar dalam menjadi akuntan publik profesional.

2. Memilih Spesialisasi yang Tepat

Dalam profesi di dalam dunia akuntan publik ini, ternyata memiliki beberapa job-description dan spesialis yang berbeda-beda lho! Beberapa contohnya adalah audit, manajerial, anggaran, perpajakan dan lain-lain. Maka dari itu, kamu harus memilih salah satu dari contoh spesialis di atas yang sudah disebutkan agar bisa fokus dalam satu hal. Kira-kira kamu bakal mendalami yang mana nih?

3. Lulus Ujian Sertifikasi Akuntan Publik

Ada beberapa perbedaan antara akuntan publik biasa dengan yang profesional yang bersertifikasi. Perbedaannya sendiri berada dimana akuntan publik biasa mengerjakan tugas sederhana seperti penyusunan laporan keuangan, sedangkan yang bersertifikasi mempunyai kewenangan untuk melakukan pekerjaan yang lebih profesional seperti melakukan audit, meninjau laporan dan mewakili klien sebelum IRS. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang profesional perlu mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Jadi jika kamu ingin menjadi akuntan publik, jangan lupa untuk ikut ujian ini ya!

4. Menambah Pengalaman Kerja

Selanjutnya, kamu bisa mencari pengalaman kerja sebanyak mungkin sebelum menjadi akuntan publik profesional. Dengan kamu mengikuti program magang dan sebagainya, kamu sudah menambah pengalaman kerja yang dibutuhkan sebelum mencari pekerjaan sebagai akuntan publik. Jangan lupa untuk ikut-ikut magang ya!

5. Komitmen Terhadap Etika

Ternyata, memiliki etika yang bagus juga menjadi salah satu tips kamu untuk menjadi akuntan publik profesional lho! Profesi ini membutuhkan etika dalam profesionalitas yang sangat tinggi, agar kamu akan menjadi seorang akuntan publik yang baik dan benar ya!

6. Peka dengan Perkembangan Teknologi

Di era yang sekarang ini, teknologi  sudah menjadi salah satu hal yang tidak bisa kita tinggalkan. Tentunya, teknologi juga sudah mulai merambah dalam setiap lini pekerjaan tidak terkecuali dalam profesi akuntan. Oleh sebab itu, seorang akuntan publik butuh untuk peka terhadap perkembangan teknologi agar dapat beradaptasi dengan kemajuan di bidang akuntansi.

Nah kamu sudah dapat nih tips-tips untuk menjadi seorang akuntan publik

Baca juga :

Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

Mengenal Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Di Indonesia

10 Prinsip Dasar Akuntansi Yang Penting Kamu Ketahui

Yuk Kenalan Dengan Profesi Akuntan Pajak!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *