Tanggal:17 June 2024

Cara-Cara Kamu Untuk Menjadi Videografer Profesional!

Setelah sebelumnya kita membahas soal fotografer profesional, kali ini saatnya videografer profesional nih! Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat dan pesat setiap saatnya, membuat profesi ini sangat diminati di luar sana oleh para job seeker. Seorang videografer memiliki tugas yang tidak mudah tentunya. Memang, tugas-tugasnya ada apa aja ya?

Seorang videografer harus memiliki skill pengambilan video yang bagus dan menguasai tehnik-tehnik yang ada. Dalam sebuah pengambilan video, hal tersebut tentunya tidak mudah dan perlu banyak latihan dan pengalaman yang cukup, sama seperti seorang fotografer yang sudah kita bahas sebelumnya. Nilai tambahan yang dapat dimiliki seorang videografer adalah dapat mengedit sebuah video. Tetapi hal ini tidak harus dimiliki kok, hanya nilai tambahan. 

Lalu, hal-hal apa saja sih yang harus diketahui dan dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang videografer profesional? Tidak hanya itu, cara-cara berikut juga akan membantu jika kamu ingin mewujudkan impianmu untuk menjadi seorang videografer yang super handal. Yuk kita simak bareng-bareng! 

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kamera Digital, Wajib Banget Tau!

1. Miliki & Kenali Alat Rekam 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk pengambilan video, termasuk sebuah kamera. Kamu juga dapat menggunakan handphone-mu jika tidak memiliki kamera. Jika kamu sudah memiliki sebuah kamera, maka mulai untuk mengulik semua isi kamera tersebut, terutama dari pengaturan dan tombol-tombol yang ada, agar kamu mengenali kamera kamu dan sudah paham saat pengambilan berlangsung.

Baca Juga: Pengertian Hunting Foto, Ketahui Dahulu Sebelum Melakukan Hunting Foto

2. Ambil Posisi Yang Pas Saat Pengambilan Video 

Setelah itu, kamu mulai mencari posisi pengambilan yang pas dan cocok. Seorang videografer profesional harus tahu dari mana ia akan mengambil sebuah video, dari angle mana, agar hasilnya memuaskan dan tepat dari yang sudah direncanakan. Hal lainnya juga agar videografer dapat memiliki footage dari berbagai angle yang banyak.

Baca Juga: Ingin Membeli Kamera Bekas? Ini Dia 6 Tips Dalam Memilih Kamera Bekas

3. Gunakan Cahaya 

Hal ini juga sangat penting dan krusial saat pengambilan sebuah video. Videografer harus tahu betul kapan ia akan menggunakan cahaya. Dimana letak cahaya tersebut akan ditempatkan, dan berapa level pencerahan yang dibutuhkan, agar hasil video sangat maksimal nantinya.

Baca Juga: Ketahui 4 Tips Cara Merawat Kamera Mirrorless

4. Pastikan Audio Yang Terekam Terdengar 

Selain cahaya, audio yang ada saat pengambilan berlangsung juga sangat penting. Sangat fatal jika video yang sudah diambil tetapi tidak ada audionya sama sekali, ini berarti kamu harus mengulang pengambilan video dari awal. Maka dari itu, pastikan kamu sudah menyetel pengaturan kamera kamu dan audionya sudah siap untuk direkam juga.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Fotografi

5. Stabil Dalam Pengambilan Berlangsung 

Saat kamu sedang pengambilan video, kamu harus pastikan kamu selalu dalam posisi yang stabil. Hal ini dilakukan agar hasil yang nantinya sudah jadi terlihat tidak goyang-goyang dan stabil. Bayangkan saja kalau kamu tidak stabil, pasti hasilnya akan kurang bagus karena pengambilan video-mu goyang-goyang.

Baca Juga: Pengertian Dan Unsur Sinematografi

6. Gunakan Skill Editing Saat Mengedit 

Setelah melakukan semua hal dari poin awal, saatnya kamu menggunakan skill editing-mu! Walaupun kamu tidak diharuskan bisa editing, tetapi sangat penting juga bagi seorang videografer bisa mengedit sebuah video lho! Ingat, skill editing itu nilai tambahan yang dapat dimiliki oleh videografer profesional!

Kamu sudah siap belum nih jadi videografer profesional?

Baca Juga: Sejarah Dan Awal Mula Lahirnya Teknik Fotografi

Kursus menjadi youtuber pro vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *