Tanggal:21 July 2024
Apa itu buzz marketing? (rawpixel.com)

Apa Itu Buzz Marketing? Kelebihan dan Kekurangan

Ada banyak cara efektif untuk mengiklankan layanan dan produk Anda secara online. Salah satu penawaran paling populer yang ditawarkan sebagai layanan terpisah oleh agensi SEO adalah pemasaran Buzz. Banyak klien dapat tergoda untuk layanan seperti ini dengan formula bagus yang menjanjikan hasil besar.

Baca Juga | Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis Strategi, Contoh, dan Manfaatnya

Pengertian Buzz Marketing

Buzz marketing adalah teknik pemasaran viral. Jadi dari sekian banyak teknik viral marketing, salah satunya adalah Buzz marketing. Ini adalah teknik yang berfokus pada dan memanfaatkan komunikasi dari mulut ke mulut untuk menjual produk atau layanan tertentu. Komunikasi dari mulut ke mulut dalam hal ini tidak hanya berhubungan dengan teman atau keluarga. Ini juga memperhitungkan berbagai platform media sosial. Tapi itu tidak sesederhana itu. Pada kenyataannya, buzz marketing melibatkan menangkap perhatian konsumen dan influencer untuk menyebarkan pesan pemasaran sedemikian rupa, sehingga akhirnya menjadi berita.

Itu sampai pada tahap di mana Anda ingin menjadi bagian dari klan, dengan berbicara tentang produk yang dipasarkan sedemikian rupa.

Baca Juga | Franchise Dear Butter, Croffle Bertopping Butter

Kelebihan Buzz Marketing

Buzz marketing memiliki manfaat seperti:

  • Iklan gratis untuk perusahaan.
  • Jangkauan terbaik ke pelanggan.
  • Dapat menjual produk dengan sangat cepat.
  • Mendapatkan umpan balik dan meningkatkan produk itu untuk menciptakan generasi berikutnya dari produk itu.

Jangkauan produk yang cepat ke masyarakat. Pemasaran Buzz memiliki banyak keunggulan, dan merupakan salah satu metode pemasaran tertua yang masih digunakan dan digunakan oleh semua perusahaan di dunia.

Baca Juga | 7 Perusahaan Gaji Tertinggi di Indonesia

Dengan menggunakan metode pemasaran Buzz, Anda dapat dengan mudah menjangkau orang-orang di seluruh penjuru dunia. Metode pemasaran ini dapat menjangkau ke pelosok dengan sangat cepat karena metode ini merupakan strategi mulut ke telinga. Metode ini dapat membuat pemahaman yang lebih baik tentang perusahaan dan pelanggan, bahkan jika pelanggan buta huruf. Itu dapat membuat perusahaan menjangkau orang-orang dengan sangat efisien dan juga dapat membuat perusahaan mencapai ketinggian yang luar biasa.

Seiring dengan keuntungan ini, ada beberapa kelemahan pemasaran buzz juga. Berikut penjelasannya

Kelemahan Buzz Marketing

  1. Komunikasi interpersonal dalam proses ini kurang terkendali. Hal ini membuat seluruh proses kurang dapat dipercaya.
  2. Investasi diperlukan untuk barang dan distribusi. Oleh karena itu stabilitas keuangan diperlukan.
  3. Tidak mudah untuk membuat produk menjadi viral dalam prosesnya. Oleh karena itu, ini adalah proses yang rumit.
  4. Sepenuh akan bergantung pada pelanggan untuk penjualan produk dan layanan.
    Baca Juga | Peluang Kerja Digital Marketing, Ada Apa Aja Ya?

Contoh Buzz Marketing

  • Apple

Perusahaan Apple melakukan representasi Buzz Marketing yang paling luar biasa. Mereka membuat kampanye yang sangat efektif untuk Macintosh mereka, dan dengan menggunakan metode word of mouth bersama dengan iklan untuk menciptakan buzz. Menjadi berbeda dari produsen lainnya adalah USP Apple. Dengan demikian dapat dikatakan, kampanye pemasaran Buzz yang baik tidak hanya terfokus pada komoditas atau inbound link, tetapi sangat bergantung pada kredibilitas di pasar. Jadi, tanpa interaksi positif, Anda juga tidak akan bisa melakukannya. Untuk memastikan kesuksesan merek mereka melalui pemasaran buzz, sejumlah besar strategi periklanan yang membantu dan meningkatkan penyebaran informasi digabungkan oleh tim pemasaran Apple.

Baca Juga | Apa Saja Sih Keunggulan & Kekurangan dari Produk Apple?

  • Starbucks

Starbucks mengakui bahwa pemasaran utamanya adalah pengenalan nama dari mulut ke mulut. Namun, seiring dengan ini, perusahaan juga memastikan kualitas terbaik di setiap produknya. Menawarkan layanan yang disesuaikan dengan suasana yang sangat ramah juga telah menjadi faktor utama buzz positif di sekitar merek.

Seperti contohnya:

  1. nama pelanggan tergambar dengan ekspresi bahagia di botolnya.
  2. Staf akan selalu ada di sana dengan wajah tersenyum untuk menghadiri Anda.
  3. Perusahaan ini dikenal karena menawarkan kualitas terbaik di pasar yang lebih unggul dari semua pesaingnya
  4. Suasananya menyenangkan, dengan ruang duduk yang nyaman dan musik orkestra yang menenangkan.
  5. Mereka memberi konsumen wifi gratis.
  6. Hadiahkan kartu loyalitas kepada konsumen.

Baca Juga | Inilah Cara Franchise Starbucks Indonesia, Si Tempat Ngopi Berkelas!

Jadi, secara keseluruhan, ide untuk minum kopi dapat diubah menjadi sebuah pengalaman fantastis yang dijamin oleh Starbucks.

Ini menghasilkan dasar untuk pemasaran buzz. Pengalaman unik Starbucks membuat pelanggan memposting foto tempat dengan minuman tersenyum mereka di jejaring sosial yang berbeda. Ini melakukan branding yang efektif bagi perusahaan.

Baca Juga | Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Giveaway dan Cara Menentukan Strateginya

Nah, itu semua penjelasana tentang buzz marketing. Strategi pemasaran buzz seperti apa yang Anda pilih untuk menginformasikan audiens Anda tentang produk baru Anda dan memperluas jangkauan Anda dengan menembus basis target audiens? Bagikan pandangan Anda dengan kami di komentar di bawah.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *