Tanggal:07 May 2024

Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis Strategi, Contoh, dan Manfaatnya

Apa itu guerilla marketing?

Guerilla marketing adalah jenis pemasaran yang unik. Dalam pemasaran gerilya, pemasar mengadopsi taktik pemasaran yang tidak konvensional dan out of the box untuk mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca Juga | Berikut Ini Cara Promosi Podcast yang Tepat!

Istilah “guerilla marketing” berasal dari perang gerilya, karena dalam perang gerilya kelompok pertempuran menggunakan cara-cara yang tidak teratur untuk memenangkan perang. Demikian pula, dalam pemasaran gerilya, pemasar mengadopsi metode pemasaran yang khas untuk menarik perhatian orang; oleh karena itu, ini juga disebut sebagai strategi publisitas.

Baca Juga | Pentingnya Kemampuan Menulis bagi Praktisi PR (Public Relation)

Pemasaran gerilya adalah salah satu metode pemasaran paling murah yang membawa popularitas instan ke merek dan menargetkan pikiran bawah sadar orang. Metode pemasaran gerilya paling baik untuk usaha kecil dengan anggaran rendah untuk periklanan dan pemasaran untuk bersaing dengan perusahaan mapan sebagai pesaing.

Jenis – jenis strategi guerilla marketing

Baca Juga | Yuk Simak Apa itu Marketing Serta Jenis-Jenisnya!

Di bawah ini adalah beberapa jenis strategi pemasaran gerilya paling menarik yang biasa digunakan oleh merek:

Apa itu guerilla marketing? (pinterest.com)

Apa itu guerilla marketing? (pinterest.com)

1. Street marketing

Street marketing adalah taktik pemasaran gerilya di mana merek membawa pemasaran mereka ke jalanan. Mereka menggunakan lalu lintas pejalan kaki yang umumnya dijamin di ruang publik yang sibuk untuk mengiklankan merek mereka dalam berbagai cara. Seperti hanya menempatkan iklan di sisi halte bus atau di bangku taman, tetapi perusahaan juga dapat memanfaatkan bentuk pemasaran yang lebih kreatif di jalanan.

Baca Juga | Mengenal Direct Marketing? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Perusahaan dapat berkreasi dengan pemasaran jalanan dan menyesuaikan kampanye sesuai dengan tujuannya. Anda dapat memilih untuk sekadar bermain dengan elemen visual atau menciptakan pengalaman yang lebih interaktif dengan melibatkan duta merek dan instalasi yang menarik.

2. Ambient marketing

Tujuan utama dari ambient marketing adalah untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan mengekspos mereka ke sesuatu yang tiba-tiba. Ini terdiri dari mempromosikan layanan atau produk di lokasi yang tidak biasa atau menggunakan item yang berbeda untuk berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang inovatif.

Pemasaran ambien memanfaatkan pesan iklan kreatif untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumen pada tingkat emosional. Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti menaikkan atau menurunkan papan reklame.

Baca Juga | Apa itu Target Market?

3. Ambush marketing

Bentuk pemasaran ini melibatkan pengambilan alih kampanye pemasaran pesaing dalam satu atau lain bentuk atau bahkan membonceng lalu lintas yang dihasilkan oleh festival atau acara olahraga. Jika sebuah perusahaan telah membuat kampanye pemasaran di tempat tertentu pada waktu tertentu, perusahaan pesaing dapat pergi ke tempat ini pada waktu yang sama dan mencoba untuk mengalihkan perhatian dari kampanye asli. Itu sebabnya disebut pemasaran penyergapan!

4. Viral marketing

Viral marketing lebih cenderung menggunakan metode word of mouth yang dilakukan secara online, seringkali melalui jejaring sosial, dan memungkinkan merek untuk membuat buzz.

Contoh guerilla marketing

  • Nike

Nike menggunakan strategi Gerilya yang unik untuk mempromosikan merek dan ideologinya. Nike adalah merek olahraga, dan melalui teknik pemasarannya, Nike mendorong orang untuk semakin mengadopsi olahraga.

Misalnya, mereka memblokir eskalator di stasiun metro dengan pita yang menunjukkan logo merek Nike, yang menyampaikan pesan bahwa daripada naik lift, naik tangga agar tetap bugar.

Baca Juga | 6 Cara Efektif Membuat Logo Profesional

  • UNICEF

UNICEF menggunakan teknik pemasaran gerilya yang inovatif dengan menampilkan gambar air kotor dalam botol dan menjual air kotor untuk mengumpulkan dana untuk menyediakan air minum bersih. Mereka mengatakan jika Anda tidak bisa minum air kotor, maka tidak ada orang lain yang bisa meminumnya juga.

Mereka mendesak orang untuk menyumbangkan setidaknya satu dolar untuk menyediakan air minum bagi orang-orang yang tidak memiliki akses ke air minum bersih.

Baca Juga | 9 Prospek Pekerjaan untuk Jurusan Sastra Arab yang Berpeluang Besar!

Manfaat guerilla marketing

  • Biaya murah

Keuntungan dari pemasaran Gerilya adalah Anda dapat mempromosikan produk Anda ke khalayak luas dengan menghabiskan terlalu sedikit. Pemasaran gerilya dapat dilakukan dengan harga yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

  • Jangkauan yang luas

Pemasaran gerilya membantu dalam meningkatkan cakupan ke audiens yang lebih luas karena kreativitas atau keunikannya.

  • Meninggalkan kesan yang positif ke pelanggan

Pemasaran gerilya adalah cara terbaik untuk meninggalkan kesan abadi di benak orang. Tujuan pemasaran adalah untuk memasuki pikiran bawah sadar orang, dan pemasaran gerilya melayani tujuan ini lebih baik daripada metode pemasaran lainnya.

Baca Juga | Pentingnya Jingles Untuk Iklan Bisnis Anda

Pemasaran gerilya adalah jenis pemasaran yang memberikan pengembalian investasi yang tinggi. Anda bisa menghabiskan sedikit untuk memasarkan produk Anda tetapi menerima banyak dalam bentuk peningkatan penjualan dan nilai merek.

Baca Juga | Citra dalam Iklan sebagai Realitas Sosial Media

Nah, itu dia penjelasan mengenai guerilla marketing. Jadi, cobalah membuat menyenangkan, berani, dan orisinal. Hindari apa pun yang dapat mengganggu hukum atau konsumen inti Anda dan, dengan sedikit usaha, konten Anda akan membantu menyebarkan merek Anda dan meningkatkan penjualan.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *