Tanggal:17 May 2024

Kamu Penggemar Musik Dangdut? Ini Karakteristik Musik Dangdut Yang Kamu Wajib Tahu!

Musik tanah air pastinya tidak mau kalah bersaing dengan musik-musik yang sudah mendunia, seperti musik-musik barat, k-pop, country, dan masih banyak lagi. Salah satu genre musik dari Indonesia yang berhasil menarik perhatian banyak warga di seluruh dunia adalah musik dangdut! Kamu sudah tahu pastinya kan apa itu dangdut? 

Dangdut adalah musik yang tercipta dari perpaduan musik khas Indonesia dengan musik film Malaysia dan Inda, serta musik rock khas Barat. Hal ini terjadi pada tahun 1960-an di Jakarta, lalu musik ini naik popularitasnya pada tahun 1970 hingga 1980-an. Sampai saat ini, warga Indonesia masih menikmati genre musik yang berasal dari tanah air ini. 

Dalam beberapa dekade belakang, tepatnya pada tahun 2000an saja, banyak sekali musisi-musisi dangdut yang mulai bermunculan dan mengawali karirnya dengan lagu-lagu hits, dan jogetan ala-ala khas tiap musisi dangdut. Mulai dari Dewi Persik, Saipul Jamil, Via Vallen, Ayu Ting-Ting, dan masih banyak lagi! Kalau favorit musisi dangdut kamu siapa nih? 

Lalu, karakteristik yang dimiliki oleh para musisi-musisi dangdut apa aja sih? Apa yang membuat musik dangdut berbeda dari musik-musik lainnya? Pastinya setiap genre memiliki perbedaan dan khasnya sendiri-sendiri. Contohnya saja seperti musik rock yang khas memiliki suara yang kencang dan bising, pop yang gampang untuk didengar, jazz yang santai dan masih banyak lagi. Kalau dangdut apa ya? 

Baca Juga | Penyanyi Jazz di Indonesia

Fakta uniknya, lagu-lagu dangdut juga sering mengangkat pembahasan tentang isu-isu politik, sosial, dan mengajak dan mengingatkan ajaran-ajaran agama Islam. Jadi pada genre musik yang satu ini, memang banyak sekali pembahasan dan tema yang terdapat pada lagu-lagunya, jadi memang unik dan menarik sekali ya genre musik dangdut ini untuk didengarkan. Kamu jadi tertarik gak nih? 

Rhoma Irama – Sumber : Instagram rhoma_official

Di genre musik dangdut, mereka menjuluki salah seorang musisi untuk dijadikan raja atau ratunya lho, dan ternyata sosok musisi ini berasal dari tanah air! Kalau kamu pecinta dangdut, pasti tahu nih siapa, apakah kamu bisa tebak? Jawabannya adalah Rhoma Irama! Ia dijuluki sebagai raja dangdut, bukan di tanah air, tetapi di seluruh dunia. Rhoma sudah berada di industri musik cukup lama dan merilis banyak sekali lagu, jadi tidak kaget kalau ia adalah raja dangdut bagi para pecinta musik ini. 

Walaupun sekarang Rhoma tidak sendirian, ia pastinya tidak sendirian mengetahui industri musik dangdut di tanah air sudah sangat luas dan musisi-musisi di genre musik terus bermunculan setiap saat dan mengisi hiburan untuk para pendengar di seluruh sudut dunia. Contohnya saja musisi-musisi hits dangdut Elvy Sukaesih, Inul Daratista, Via Vallen, Nella Kharisma, dan masih banyak lagi. 

Banyak sekali karakteristik-karakteristik dalam genre musik dangdut ini, tetapi yang paling kita bisa lihat adalah isi dan pesan dari sebuah lagu dangdut. Seperti yang sudah disebutkan tadi, pesan-pesan yang terdapat pada lagu dangdut sangat bervariasi dan menarik untuk diketahui. Bisa saja lagu dangdut menjelaskan suatu isu sosial, isu politik, mengingatkan ajaran agama, dan masih banyak lagi. 

Hal-hal tersebut sangat menarik dan unik, karena berbeda sekali dengan genre-genre musik lainnya. Tidak hanya itu, lagu dangdut juga sering sekali asik untuk membuat kamu joget atau menari. Kamu suka menari dan joget gak? Yuk coba sambil diiringi oleh musik dangdut, pasti auto joget deh, dijamin! 

Musisi dangdut favorit kamu siapa nih?

Baca Juga :

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *