Tanggal:10 May 2024

Definisi Produktivitas Karyawan, Apa Aja Sih Ciri-Cirinya?

Kamu tahu tidak definisi dari produktivitas karyawan? Secara singkat yang dikutip dari careertend.com, produktivitas karyawan adalah pengukuran antara input dan output karyawan yang bersangkutan. Produktivitas karyawan juga merupakan  keseimbangan antara semua faktor produksi yang akan berupaya semaksimal mungkin untuk hasil yang tentunya juga maksimal. 

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas ciri-ciri yang dimiliki oleh produktivitas karyawan. Kira-kira, ciri-cirinya itu ada apa aja ya? Sebelum kamu mempelajari ciri-cirinya lebih lanjut, jangan lupa untuk dipahami dulu definisi dari produktivitas karyawannya ya! Berikut ciri-cirinya. 

Baca Juga | Memahami Apa Itu Ergonomi, Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja Loh!

1. Percaya Diri 

Dalam menjadi seorang karyawan, kamu harus memiliki percaya diri yang tinggi. Tanpa adanya kepercayaan diri terhadap diri kamu sendiri, akan sulit untuk kamu masuk ke dalam kategori dan ciri-ciri dari produktivitas karyawan. Saat ini, kamu sendiri sudah merasa percaya diri belum?

Baca Juga | 6 Tips Memiliki Rasa Percaya Diri Berani Mengambil Keputusan

2. Memiliki Rasa Tanggung Jawab 

Tanggung jawab adalah salah satu aspek dan ciri dari produktivitas karyawan. Dalam bekerja, pastinya kamu akan memiliki dan diberikan tanggung jawab oleh perusahaan dan atasan kamu terhadap pekerjaan yang sehari-hari kamu kerjakan. Kalau kamu tidak memiliki rasa tanggung jawab, akan sangat sulit untuk kamu memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Baca Juga | Definisi Partnership Beserta Cara Kerjanya

3. Disiplin & Tekun 

Sama seperti siswa sekolah dan mahasiswa di kampus, seorang karyawan pekerja harus memiliki ciri dermawan seperti disiplin dan tekun dengan pekerjaan yang dikerjakan setiap harinya. Kalau kamu selalu lalai dengan pekerjaan-pekerjaan kamu, maka kamu tidak termasuk dari ciri produktivitas karyawan.

Baca Juga | 8 Cara Efektif Atasi Malas Belajar, Bikin Semangat Kamu Bangkit!

4. Problem Solver 

Dalam sebuah masalah, perusahaan dan atasan pastinya akan mengharapkan kamu dan rekan-rekan kamu untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan dengan cara yang dipercaya sangat efektif. Kalau kamu sulit untuk melakukan ini, maka kamu bukan dan tidak memiliki ciri problem solver yang dimiliki oleh produktivitas kantor.

Baca Juga | Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving!

5. Cinta Akan Pekerjaannya 

Kalau seorang karyawan sangat cinta akan pekerjaannya, maka semua pekerjaannya akan dilakukan dengan hati-hati dan dikerjakan dengan semangat pastinya. Bayangkan kamu tidak cinta dan suka dengan pekerjaan kamu sendiri, akan sulit untuk dikerjakan dan dilewatinya bukan?

6. Mudah Untuk Beradaptasi 

Dalam sebuah lingkungan kerja, pastinya kamu akan dipaksa untuk berdapatasi. Hal ini juga tidak terjadi pada satu-dua tempat kerja, tetapi antara tempat kerja juga pastinya akan terjadi. Maka dari itu, kamu harus belajar bagaimana kamu beradaptasi di tempat kerja baru dan saat ini. Cari cara senyaman kamu untuk beradaptasi dengan mudah ya!

Baca Juga | Aplikasi Slack Penunjang Produktivitas Kantor

7. Memiliki Inovasi Kedepannya 

Seseorang harus memiliki tujuan atau goals yang ingin diraih setiap saat. Terutama pada masa yang akan datang, kamu pastinya ingin selalu berkembang dan memiliki inovasi atau kemajuan yang signifikan bukan? Maka dari itu, kamu harus memiliki inovasi yang jelas untuk kedepannya!

Kalau kamu seorang karyawan, sudah bener belum nih ciri-cirinya dari seorang karyawan yang produktif?

Baca Juga | Mengenal Metode SMART dalam Menggapai Target

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *