Tanggal:05 May 2024

Mengenal Perusahaan Big Four dan 7 Keuntungan Berkarier di sana!

Kantor akuntan publik (KAP) adalah badan usaha yang telah secara resmi mendapatkan izin dari Menteri Keuangan sebagai perusahaan yang menawarkan jasa dari akuntan publik. 

Jasa akuntan publik umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan beberapa tugas, seperti analisis laporan keuangan, audit laporan keuangan, audit pajak, dan sebagainya.

Di Indonesia, terdapat cukup banyak kantor akuntan publik yang beroperasi. Adapun empat perusahaan besar yang banyak diminati orang untuk bekerja di sana diantaranya Deloitte, EY, KPMG, dan PwC.

Empat perusahaan akuntan publik ternama banyak dikenal dengan sebutan big 4, pernahkah kamu mendengarnya? Jika belum, mari simak penjelasan seputar perusahaan big 4 di Indonesia dan kelebihan berkarier di dalamnya! 

Baca juga: Perbedaan Parenting ala Barat dan Timur

Kelebihan Berkarier di Big 4

Karier Perusahaan Big 4. Sumber: pexels.com

Seperti perusahaan lainnya, jika kamu memiliki keinginan yang besar dalam berkarier di big 4 kamu akan dihadapi dengan kualifikasi dan tersendiri sampai siap dipekerjakan.

Kamu bisa mulai berkarier terlebih dahulu dengan mengikuti program internship yang tersedia di kantor-kantor akuntan publik ini. Dengan menjalani internship di salah satu perusahaan akuntan publik terbaik, kamu dapat sekaligus mempelajari budaya kerja dan mempelajari banyak hal.

Jika kinerja kamu sesuai dengan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk dapat melanjutkan bekerja sebagai full-time employee. 

Akan lebih baik jika kamu telah memiliki sertifikasi di bidang akuntansi untuk memperbesar peluang diterima di salah satu perusahaan big 4 KAP ini. Lalu, apa saja kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika berhasil meniti karier di big 4? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Prinsip UX Design

1. Pengalaman belajar banyak 

Banyak belajar hal baru. Sumber: pexels.com

Bekerja di big 4 yang merupakan perusahan akuntan publik ternama tentunya dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan di bidang tertentu secara cepat.  Dalam waktu yang singkat, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman baik pada bidang yang ditekuni atau yang masih relevan dengan keahlian kamu.

Saat menjalankan tugas, kamu mungkin akan mengerjakan lebih dari satu proyek yang beragam jenisnya. Hal ini mendorong kamu untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda di setiap proyek.

Jika saat berkarier di big 4 kamu mendapatkan kesempatan memegang proyek yang sama, jadikan itu sebagai upaya dalam meningkatkan efektivitas kerja, tetapi bagi proyek yang berbeda atau tidak relevan jadikan sebagai kesempatan belajar hal yang baru.

2. Kesempatan untuk berkembang dalam memegang tanggung jawab

Memegang tanggung jawab. Sumber: pexels.com

Para full-timer yang berkarier di big 4 banyak memegang tanggung jawab, walaupun pengalaman kerja belum banyak. Jika dilihat dari sisi positif, tanggung jawab yang nantinya dipegang adalah suatu kesempatan untuk mengembangkan diri dengan membiasakan belajar banyak hal dengan waktu yang cepat.

Perusahaan big 4 juga memiliki sistem counseling dimana dalam memegang tanggung jawab pekerja perlu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dengan mengembangkan kemampuan tim. Seorang manajer selain harus mengatur pekerjaan tim, juga harus dapat mengembangkan tim melalui tanggung jawab yang diberikan.

Baca juga: Ciri-ciri Negara Agraris

3. Lingkungan kerja yang cerdas dan cermat

Lingkungan dan rekan kerja yang cerda. Sumber: pexels.com

Pada saat rekrutmen saja, perusahaan big 4 sudah banyak diincar oleh para pelamar dari berbagai universitas ternama di Indonesia bahkan sampai luar negeri. Tidak mengherankan apabila kamu berkesempatan berkarier di salah satu perusahaan big 4, kamu akan bekerja langsung bersama rekan-rekan cerdas dan cermat.

Selain itu, dalam dunia pekerjaan selalu ada proyek yang melibatkan tim atau divisi lain. Momen tersebut bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk belajar banyak hal baru yang biasa mereka lakukan dan perhatikan bagaimana cara mereka dalam memaksimalkan pekerjaan.  

4. Kesempatan dalam membuktikan perkembangan diri

Dapat mengembangkan kemampuan dalam diri. Sumber: pexels.com

Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk membuktikan diri bahwa kamu bisa menjadi lebih baik dan memberikan kontribusi besar terhadap perusahaan. 

Dalam dunia kerja, banyak hal yang dirasakan terlebih pada freshgraduate yang dituntut harus menguasai banyak hal. Hal tersebut membuat kamu menembus batas dalam belajar dengan waktu yang relatif cepat.

Namun, segalanya yang kita lakukan selalu membuahkan hikmah dengan terbiasa belajar dan memahami hal baru sebagai bukti bahwa berkarier di big 4 kemampuan dan pengetahuan akan terus berkembang. 

5. Promosi tahunan 

Menjamin jenjang karier. Sumber: pexels.com

Kelebihan berkarier di big 4 adalah mendapatkan annual promotion untuk jenjang karier selanjutnya. Jadi, setiap tahun ada performance review untuk menentukan promotion atau progression karyawan.

Promotion ini akan berguna untuk peningkatan jabatan yang telah kamu raih, tentunya kamu perlu menjadi seorang yang high performer lebih dahulu sebelum jabatan naik. 

Baca juga: Cara menjadi Orang Tua yang Efektif

6. Pengalaman dan kesempatan setara kelas dunia 

Perusahaan bertaraf internasional. Sumber: pexels.com

Walaupun belum pernah bekerja di luar negeri, tetapi berkarier di big 4 bisa membuat kamu terlibat dalam proyek berskala global. Pengalaman pekerjaan yang bertaraf internasional dapat menjadi kesempatan bagi kamu untuk mempelajari pola kerja yang mereka lakukan untuk mengefektifkan waktu.

Tidak hanya itu, kamu akan banyak bertemu dengan dokumen Bahasa Asing dan terlibat langsung dengan komunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Hal tersebut akan membiasakan diri kamu untuk melakukan pekerjaan dan berinteraksi dengan bilingual. 

7. Mudah memperoleh offering

Memperoleh offering sebagai promosi tahunan. Sumber: pexels.com

Perusahaan lain jelas banyak melirik kamu ketika telah memiliki pengalaman berkarier di big 4. Reputasi yang baik dari perusahaan big 4 ini bisa menjadi suatu pengalaman yang bisa kamu tawarkan.

Jadi, bagi kamu yang ingin mengeksplorasi bidang lain dalam perusahaan yang berbeda, jangan khawatir karena pastinya kamu akan mendapatkan penawaran atau offering dari perusahaan lain baik via linkedin atau situs penyedia pekerjaan lainnya.  

Baca juga: Cara Membuat Desain Stempel di Corel

Itu dia penjelasan mengenai kelebihan berkarier di big 4. Perusahaan ini cocok bagi kamu para fresh graduate yang baru memulai karier dan masih energetic dan produktif. Untuk itu, segera persiapkan segalanya agar menjadi kandidat yang tepat dipilih oleh salah satu perusahaan big 4.

Untuk membaca artikel menarik lainnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki, cukup dengan klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran harga khusus di Vocasia yang terjangkau untuk kamu yang ingin segera mengikuti berbagai kelas online dan mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Cara Mengatasi Orang Tua Toxic

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *