Tanggal:15 May 2024

Simak! 6 Kesalahan yang Wajib Dihindari Karyawan Baru

Melakukan kesalahan di hari-hari pertama bekerja bisa dialami ketika Anda menjadi karyawan baru di kantor. Kesalahan terjadi karena anak baru mungkin saja belum sepenuhnya terbiasa atau mengerti dengan situasi dan sistem kerja yang berlaku di perusahaan.

Meski kekeliruan karyawan baru adalah hal yang wajar dan bisa dimaafkan, rekan-rekan bisa kesal jika orang itu tak cepat-cepat sadar dan berubah. Karena itu penting untuk mengetahui hal-hal yang perlu dihindari saat awal-awal menginjakkan kakimu di kantor baru. Berikut ini enam kesalahan yang sebaiknya dihindari oleh para karyawan baru di kantor.

1. Sikap yang Buruk

Jika anak baru sering buat kesalahan teknis, itu pasti bisa dimaafkan. Namun jika anak baru kerap bertindak kurang sopan, hal inilah yang membuat para kolega bisa diam-diam membencinya. Karena bersikap tahu etika adalah sebuah aturan tak tertulis untuk para karyawan baru.

Karyawan baru tentu saja diharapkan bisa bersikap hormat baik pada perusahaan maupun rekan. Bersikap hormat pada perusahaan adalah dengan menaati aturan dan tata tertib yang berlaku. Misalnya dengan mengenakan busana sesuai dengan nuansa kerja. Sedangkan menghormati rekan bisa dengan memberi respon positif ketika diberi suatu perintah atau penerangan.

Baca Juga | Tips Sukses Menghadapi Orientasi Karyawan Baru, Yuk Simak!

2. Tidak jujur ketika tidak mengerti sesuatu

Menurut Global News Canada, kesalahan ini termasuk umum. Berarti, cukup banyak orang yang melakukannya. Memang wajar merasa ingin membuktikan pada semua orang bahwa kamu adalah karyawan yang kompeten.

Akan tetapi, kalau tidak jujur, kesalahan ini bisa menjerumuskan karyawan baru di hari nanti. Jadi, jangan malu untuk jujur dan minta bantuan maupun saran dari yang lebih berpengalaman.

3. Membandingkan kantor lama dan baru

Kesalahan karyawan baru ini terjadi ketika seseorang berpindah tempat kerja. Setiap perusahaan memiliki budaya dan metode yang berbeda-beda. Sebagai karyawan baru, kamu harus mengikuti dan beradaptasi dengan kantor tempat kerja saat ini.

Pasalnya, membandingkan perbedaan hanya akan membuang waktu. Tak hanya itu, rekan kerja dan manajermu pun mungkin akan kurang senang mendengarnya. Lebih baik, habiskan beberapa waktu untuk memahami alur kerja di kantor baru, dan sedikit demi sedikit sesuaikanlah dirimu.

Baca Juga | 5 Tips Agar Karyawan Betah Bekerja Di Perusahaanmu, Yuk Coba!

4. Terlambat

Bagi karyawan baru maupun lama, terlambat adalah kesalahan yang sangat wajib dihindari. Khususnya bagi karyawan baru, terlambat bisa menimbulkan kesan yang jelek, apalagi jika dilakukan di hari pertama.

Padahal, beberapa bulan pertama kerja adalah waktumu membangun citra yang baik dan berbaur dengan rekan kerja baru secara positif.

Baca Juga: Kesalahan yang Membuat Karyawan Dipecat

5. Berusaha mengerjakan terlalu banyak

Sebagai karyawan baru, tidak heran kalau kamu ingin membuat kesan yang positif dengan menyelesaikan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Meskipun terdengar baik, hal ini bisa berakibat buruk.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Budaya Organisasi Dalam Perusahaan

Pasalnya, berusaha mengambil terlalu banyak tanggung jawab bisa membuatmu kewalahan. Pada akhirnya, mungkin tidak ada pekerjaan yang selesai secara optimal. Nah, hal ini pun dianggap sebagai kesalahan yang perlu dihindari oleh para karyawan baru. Lakukanlah hal secukupnya. Ketika sudah lebih paham, baru mulai ambil tugas lebih banyak.

6. Kurang inisiatif

Kesalahan yang mungkin seorang karyawan baru lakukan ini merupakan kebalikan dari poin sebelumnya. Mengerjakan terlalu banyak tidak baik, begitu juga sebaliknya.

Sebagai karyawan baru, bagus untuk bertanya apa saja yang bisa dikerjakan secukupnya. Jangan sampai diam saja dan menunggu diberi perintah, hal ini membuat kesan negatif. Kerjakan hal-hal yang bisa kamu lakukan, dan pastikan diselesaikan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga | Terapkan 6 Cara Ini Untuk Membangun Hubungan Kerja Yang Baik

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *