Tanggal:17 May 2024

Tips Sukses Menghadapi Orientasi Karyawan Baru

Sebagai karyawan baru di perusahaan idaman, tentu Anda harus mempersiapkan diri. Setiap perusahaan biasanya memiliki sebuah program perkenalan untuk karyawan baru yang disebut orientasi karyawan.

Dalam masa orientasi tersebut, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru, lingkungan kerja baru, atau suasana yang mungkin belum pernah Anda alami sama sekali sebelumnya. Nah, agar Anda sukses menghadapi orientasi karyawan baru, berikut 7 tips yang layak Anda lakukan

1. Pastikan kelengkapan orientasi karyawan

Tidak ada salahnya menghubungi perusahaan beberapa hari sebelum orientasi karyawan dimulai dan bertanya apakah ada hal yang spesifik yang perlu dibawa dan dipelajari. Jika Anda diberikan pengantar, pastikan untuk menganggapnya serius. Dengan begitu, tidak akan ada kesalahan pada hari H orientasi.

Baca Juga | Pengertian Dan Tujuan Pelatihan Kerja Pada Karyawan, Yuk Simak!

2. Berpakaian rapi

Penampilan di dunia kerja erat dikaitkan dengan pakaian yang rapi. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang formal kecuali jika Anda telah diberi instruksi mengenai pakaian yang terperinci. Jika masih ragu, gunakan pakaian yang Anda kenakan saat menghadiri sesi interview. Apabila jadwal orientasi karyawan menuntut untuk berdiri sepanjang hari, gunakanlah sepatu yang nyaman.

Baca Juga | 7 Tips Style Fashion Untuk Kamu Bertubuh Kurus

3. Tunjukkan anda karyawan yang menghargai waktu

Datang ke tempat kerja lebih awal adalah hal wajib yang harus Anda lakukan pada masa orientasi karyawan baru. Lebih baik lagi jika Anda datang 30 menit sebelumnya sehingga Anda mempunyai waktu luang untuk memperhatikan lingkungan kerja. Datang lebih awal juga akan membuat Anda lebih menghargai waktu. Jika Anda telah terbiasa datang lebih awal pada masa orientasi karyawan, Anda akan terbiasa melakukannya. Hal ini tentu akan berdampak positif pada penilaian atasan terhadap kinerja Anda.

Baca Juga: Cara Manajemen Waktu yang Baik

4. Bersikap profesional itu wajib

Bersikap profesional menjadi sebuah keharusan sebagai seorang karyawan, baik yang masih baru maupun yang sudah puluhan tahun bekerja. Sebagai karyawan baru, Anda sebaiknya memberi lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan hal-hal yang diperlukan nanti.

Baca Juga: Cara Memiliki Winning Mentality Agar Karir Cemerlang

Bersikap sopan, tidak memotong pembicaraan dan menjadi penyimak yang baik saat seseorang memberi penjelasan menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang menghargai orang lain. Di samping itu, Anda harus menyelesaikan segala tugas yang diberikan dan mengumpulkannya sesuai tenggat waktunya.

5. Jadi ringan tangan tapi tetap tahu prioritas

Sebagai karyawan baru, ada dua kemungkinan yang Anda alami. Pertama, Anda mendapat rentetan pekerjaaan yang harus diselesaikan pada masa orientasi karyawan baru. Kedua, Anda akan lebih banyak nganggur karena perusahaan belum memberi Anda tugas atau deskripsi pekerjaan Anda.

Baca Juga: Tips Diterima dengan Baik di Lingkungan Kerja Baru

Kondisi apa pun yang akan Anda alami, Anda harus ringan tangan. Tawarkan bantuan kepada karyawan yang membutuhkan. Jangan hanya duduk berpangku menunggu perintah atasan. Namun, Anda harus tetap bisa mengutamakan target Anda. Jangan sampai Anda kehilangan fokus untuk menyelesaikan task yang sudah sampai tenggat waktunya karena sibuk membantu dan mencari simpati dari karyawan lama.

6. Selalu utamakan kejujuran

Tips sukses selanjutnya untuk menghadapi orientasi karyawan baru adalah selalu mengutamakan kejujuran, apa pun yang terjadi. Apalagi Anda sedang membangun sebuah hubungan baru yang profesional di tempat kerja.

Karyawan baru yang haus akan perhatian biasanya memberi bumbu-bumbu atas cerita tentang dirinya. Ini bukanlah cara yang tepat untuk membentuk image yang positif tentang diri Anda. Jadi, Anda harus tetap bersikap dan berkata jujur, meskipun tidak ada orang di sekitar Anda tahu tentang kebenarannya.

7. Bawa identitas diri

Pada hari pertama orientasi karyawan, biasanya Anda diminta untuk mengisi berbagai formulir untuk kepentingan data karyawan. Pastikan Anda membawa identitas diri yang diperlukan, seperti KTP, kartu NPWP, hingga kartu BPJS. Anda juga dapat membawa buku tabungan sehingga perusahaan dapat mengatur perihal gajimu.

Baca Juga | 10 Perbedaan Menjadi Karyawan Dan Pengusaha

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *