Tanggal:15 May 2024

10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Sebenarnya tubuh kita memerlukan kolesterol yang berfungsi untuk memprosuksi vitamin D dan sel-sel sehat lainnya. Supaya tubuh bisa berfungsi dengan normal dan memproduksi hormon dengan baik. Namun, jika kadar kolesterol melampaui batas normal atau tinggi, maka itu sangat berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan munculnya berbagai penyakit, seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

Untuk menghindari dampak buruk dari tingginya kolesterol, salah satu caranya adalah mengatur pola makan dengan baik. Mengonsumsi makanan pun tentunya tidak boleh sembarangan, kamu harus memilih makanan yang sehat dan memiliki kandungan yang bisa menurunkan kolesterol. Lantas apa saja makanannya? Untuk itu, simak artikel berikut.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Sebelum kita mengetahui daftar makanan penurun kolesterol, mari ketahui penyebab tingginya kolesterol. Penyebab kolesterol tinggi sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah makan makanan berlemak tinggi. Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa membuat kolesterol naik. Seiring usia, kolesterol tinggi jadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi.

Kamu mungkin sering mendengar bahwa salah satu penyebab kadar kolesterol naik adalah makanan. Memang benar, tapi ada juga beragam faktor lain yang bisa membuat kamu kena kolesterol tinggi. Berikut ini adalah beberapa penyebab kolesterol.

  1. Malas gerak atau olahraga
  2. Obesitas
  3. Sering makan makanan berlemak
  4. Pertambahan usia
  5. Stres berkepanjangan
  6. Minum alkohol terlalu banyak
  7. Kebiasaan merokok
  8. Memiliki penyakit tertentu
  9. Obat-obatan tertentu
  10. Genetik

Ada berbagai cara untuk mencegah kolesterol tinggi salah satunya mengonsumsi makanan sehat. Berikut ada beberapa daftar makanan penurun kolesterol.

10 Makanan Penurun Kolesterol

1. Ikan Salmon

Pixabay

Ikan salmon mengandung omega 3 yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Selain dengan rasanya yang lezat,  ternyata ikan salmon bisa membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan tulang, rambut, kulit dan lainnya.

2. Alpukat

Pixabay

Dilansir dari Healtline, beberapa penelitian klinis mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpukat efektif mengurangi kolesterol jahat alias LDL dalam tubuh. Sebaliknya, kolesterol baik atau HDL justru meningkat. Hal tersebut karena alpukat memiliki nutrisi yang tinggi, lemak tak jenuh, dan kaya akan serat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi smoothies.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

3. Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal sendiri adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Makanan dengan bahan dasar gandum ini mengandung beta glucan yang bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Bahkan, oatmeal banyak dijadikan pengganti nasi dan membantu orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

4. Sayuran Hijau

Pixabay

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya dipercaya dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan kolesterol lebih banyak.

Selain itu, kandungan lutein pada sayuran hijau mampu menurun kolestrol dengan cara mengikat dinding arteri. Sementara kandungan karotenoid di sayuran berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menyingkirkan radikal bebas agar tidak mudah terkena penyakit jantung.

5. Ikan Tuna

Sama halnya dengan ikan salmon, ikan berlemak seperti ikan tuna juga memiliki kandungan omega 3 yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi ikan tuna bisa memberikan manfaat lainnya seperti membantu memperlancar aliran darah dan melindungi kesehatan jantung.

Baca juga: 17+ Makanan Penurun Gula Darah

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai camilan dan juga dicampurkan dengan salad. Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh dan serat yang mampu menjaga kolesterol dalam kondisi normal. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kamu pilih seperti almond, kacang tanah, kedelai, mete, dll.

7. Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah dengan banyak nutrisi dan manfaat yang sangat mudah ditemukan. Mengonsumsi pisang ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh loh. Terdapat kandungan inulin pada pisang yang berperan aktif untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang masuk ke tubuh.

8. Dark Chocolate

Pixabay

Ternyata ada opsi makanan penurun kolesterol yang mungkin bisa jadi favorit kamu. Yaitu coklat hitam. Selain rasanya yang enak cokelat hitam bisa jadi opsi camilan yang sehat. Penelitian menunjukkan kakao dalam cokelat hitam bisa menurunkan kolesterol jahat di tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Hanya saja, sebaiknya kamu mengonsumsi cokelat hitam yang tidak mengandung gula tambahan agar juga terhindar dari risiko diabetes.

Baca juga: 14+ Makanan Untuk Penderita Diabetes

9. Apel

Buah apel memiliki kandungan polifenol antioksidan yang baik untuk kesehatan dan mampu untuk memperlambat oksidasi kolesterol jahat. Kandungan antioksidan yang ada pada apel bisa membantu mencegah peradangan dan plak pada arteri. Apel mengandung banyak vitamin yang bisa membantu tubuh agar tetap sehat.

10. Buah Beri

Pixabay

Buah yang bisa menurunkan kolesterol lainnya adalah berry karena mengandung serat larut dan senyawa bioaktif. Senyawa ini bisa menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL serta mencegah penyakit jantung. Selain berry, buah-buahan lain yang bisa menjadi penurun kolesterol alami adalah apel, anggur, jeruk, dan stroberi.

Itulah beberapa makanan penurun kolesterol. Semoga bermanfaat.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *