Tanggal:23 July 2024

5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat (persea americana) adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat. Buah ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Alpukat memiliki batang pohon berkayu sehingga buah ini dijadikan sebagai tanaman pekarangan di daerah tropika yang ada di dunia. Alpukat memiliki kulit buah lembut tidak rata berwarna hijau tua sampai ungu kecokelatan.

Warna kulit buah alpukat dipengaruhi oleh jenis atau varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda pada bagian yang dekat dengan kulit dan berwarna kuning muda pada bagian dekat dengan biji. Alpukat memiliki tekstur daging yang lembut sehingga digemari oleh banyak orang.

Selain itu, alpukat sering dicari karena memiliki kandungan lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Kandungan antikoksidan dalam buah alpukat juga dapat digunakan sebagai pencegah berbagai jenis penyakit. Buah berkulit hijau ini juga memiliki kandungan serat, karbohidrat, protein, magnesium, folat, lutein, kalium, serta berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C, B, K, dan E yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

Baca jugaYuk, Simak Manfaat Kurma Bagi Kesehatan!

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Avocado (Sumber: freepik.com)

1. Menjaga Berat Badan

Buah alpukat memang mengandung lemak, akan tetapi buah ini tidak menyebabkan berat badan naik dikarenakan lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik. Selain itu, alpukat memiliki kandungan karbohidrat dan serat sehingga apabila mengonsumsi buah alpukat maka anda akan merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan dapat terkontrol.

Alpukat memang kaya akan asam lemak tak jenuh yang menjadikan alpukat adalah buah yang sehat, akan tetapi dalam mengonsumsi buah ini juga tidak boleh berlebihan dan tetap harus seimbang. Hal ini dikarenakan alpukat juga merupakan buah yang tinggi kalori, satu buah alpukat mengandung 182 kalori. Maka dari itu, jika mengonsumsi alpukat terlalu berlebihan maka bisa jadi berat badan kamu bukan menjadi turun, tetapi akan meningkat.

Baca Juga : Tips Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Ternyata selain untuk menjaga berat badan, buah kaya akan manfaat satu ini juga dapat diguanakan untuk mengendalikan tekanan darah. Konsumsi satu buah alpukat setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah hingga 13,5 mm/Hg. Bahkan, apabila konsumsi buah alpukat secara rutin dan diimbangi dengan penerapan pola diet sehat, pasien hipertensi stadium rendah dapat sembuh tanpa harus mengonsumsi obat lagi.

Hal ini dikarenakan selain mengandung serat dan juga lemak baik, alpukat juga kaya akan kandungan kalium. Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang dapat bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah serta dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

Baca jugaFenomena Remaja Jompo Di Kalangan Muda, Ketahui Penyebab Dan Cara Mencegahnya

3. Mencegah dan Mengobati Kanker

Kanker dikenal sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Kanker dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lingkungan, riwayat keluarga, genetik, sampai kebiasaan pola hidup. Salah satu jenis makanan sehat yang dapat mencegah sekaligus memaksimalkan proses penyembuhan kanker adalah alpukat.

Kandungan fitokimia (senyawa aktif yang ada dalam tanaman) dalam alpukat dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel prakanker dan sel kanker sehingga buah alpukat terbukti dapat mencegah kanker dan membantu mempercepat proses pengobatannya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kandungan fitokimia tertinggi terdapat pada biji alpukat, bukan pada daging buahnya.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal, protein, serat, mineral, serta berbagai jenis vitamin lain yang ada dalam buah alpukat dapat menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko penyakit serangan jantung apabila diimbangi dengan pola makan dan hidup sehat. Banyak mengonsumsi sayur dan buah, khususnya buah alpukat, ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (High Density Lipoprotein) dalam tubuh.

Kadar kolesterol LDL yang terlalu tinggi dan tidak baik untuk kesehatan dapat menyumbat pembulu darah di jantung serta dapat pula memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, alpukat adalah salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol serta membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga : 8 Buah Asal Indonesia Yang Mendunia

5. Mengatasi Kulit Kusam

Saat ini, banyak produk kencantikan khususnya produk yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kusam, beredar di pasaran. Namun, tidak jarang pula ditemui produk kecantikan yang ternyata mengandung bahan kimia berbahaya dan dapat mengganggu dan merusak kesehatan kulit. Maka dari itu, alpukat dapat digunakan sebagai pilihan untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya mengatasi kulit kusam.

Dalam buah alpukat terkandung vitamin E, zat besi, seng yang sangat dibutuhkan kulit, minyak nabati yang terdapat dalam buah alpukat mampu menghambat penuaan dini, serta kalium dan mineral yang mampu mengembalikan elastisitas kulit.

Selain itu, alpukat juga dapat digunakan sebagai masker dengan cara mencampurkan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan madu dan selanjutnya diaplikasikan ke wajah. Setelah itu, tunggu sekitar 15-20 menit hingga masker mengering lalu bersihkan dengan air bersih.

Baca jugaSimak Manfaat Collagen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan!

Demikian penjelasan tentang 5 manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Bagi kamu yang memiliki permasalahan, seperti yang telah dijelaskan di atas, maka buah alpukat sangat cocok untuk asupan sehatmu. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Body Scrub untuk Memutihkan Kulit

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *