Tanggal:05 May 2024

Sudah Tahu? Berikut 15 Makanan Untuk Penderita Tipes

Menjaga kesehatan imunitas tubuh ditengah kesibukan aktivitas sangatlah penting, berbagai penyakit yang ada akan mengganggu kesehatan pada tubuh kita. Kebanyakan orang saat kelelahan dengan aktivitas, mengalami gejala tipes, apa kamu tahu tipes itu seperti apa? Atau kamu pernah mengalaminya? Simak penjelasan berikut, ya. 

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Tipes disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Namun, kebanyakan orang berpikiran tipes dengan tifus adalah hal yang sama, nyatanya gejala penyakit dari keduanya berbeda. Jika tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, penyakit tifus (typhus) disebabkan oleh bakteri berbeda, yakni Rickettsia dan Orientia tsutsugamushi. 

Penyebaran penyakit tipes dan tifus pun berbeda. Tipes disebarkan melalui makanan atau minuman yang tercemar oleh bakteri penyebab sehingga masuk melalui saluran cerna. Sedangkan tifus menular melalui perlukaan pada tubuh, yakni ketika terkena kotoran atau gigitan kutu (tungau) yang biasa terdapat pada tempat tidur atau pada hewan, seperti tikus, anjing, dan kucing. 

Gejala yang dialami keduanya memang cukup sama, tifus memiliki gejala yang mirip, seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, diare, dan berkurangnya nafsu makan. Dengan berbagai gejala tersebut, tak heran jika seseorang yang mengalami penyakit tipes kerap mengalami rasa lelah yang berlebihan. 

Oleh karena itu, agar proses pemulihan tubuh dapat berjalan lebih cepat, maka asupan makanan yang tepat juga harus benar-benar diperhatikan. Seseorang yang menderita tipes disarankan untuk melakukan pengobatan di rumah sakit. Selain itu, penderita tipes juga disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk mempercepat proses pemulihannya. Apa saja makanan yang dapat mempercepat proses pemulihan gejala tipes? Simak berikut ini, ya.

Makanan Untuk Penderita Tipes

Beberapa Macam Makanan Untuk Di Konsumsi Bagi Gejala Tipes (Pexels)

Selain beristirahat dengan cukup, penderita tipes juga perlu memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah dan bisa cepat pulih, berikut beberapa saran jenis makanan yang boleh dimakan saat tipes, di antaranya:

1. Bubur

Makanan untuk tipes yang pertama, yaitu makanan yang tinggi karbohidrat. Penderita tipes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat tapi lunak, seperti bubur, kentang panggang atau bakar, bubur sereal, atau telur rebus. Bubur merupakan salah satu makanan untuk penderita tipes yang paling banyak direkomendasikan. 

Mengingat teksturnya yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan, terutama usus. Agar lebih menggugah selera, sajikan bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang, dan sedikit suwiran ayam rebus.

Baca Jugahttps://vocasia.id/blog/tips-kerja-shift-malam/

2. Telur

Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein yang sangat tinggi. Bukan itu saja, telur juga merupakan sumber makanan yang padat gizi karena mengandung banyak nutrisi penting, di antaranya kalsium, mineral, zat besi, dan asam amino esensial.

Dengan berbagai kandungannya tersebut, maka tak heran apabila telur termasuk salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes. Sebelum disajikan, telur dapat diolah dengan cara direbus, dibuat telur dadar, atau telur orak arik dengan campuran sedikit minyak zaitun atau minyak wijen untuk menambah rasa.

3. Ikan

Ikan kaya akan kandungan protein hewani yang sangat mudah dicerna dan mampu mendongkrak energi. Beberapa ikan laut, seperti salmon, tuna, dan makarel, kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap pemulihan kesehatan penderita tipes. Ikan dapat diolah dengan cara direbus, ditim, atau dipepes dengan tambahan beberapa rempah-rempah agar nutrisinya semakin lengkap sehingga cocok menjadi makanan untuk penderita tipes.

Baca Jugahttps://vocasia.id/blog/cara-mengatasi-orang-tua-toxic/

4. Pisang

Makanan untuk tipes selanjutnya, yaitu pisang. Pisang mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Seperti yang telah diketahui, karbohidrat dan kalori yang tinggi bermanfaat untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah buah pisang secara cukup. Mengonsumsi buah pisang saat proses pemulihan tipes dapat mencegah tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis.

5. Bayam

Makanan untuk tipes berikutnya, yaitu daun bayam. Daun ayam mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh selama proses penyembuhan, seperti zat besi, vitamin C dan asam folat. Penderita tipes disarankan untuk mengonsumsi daun bayam secara cukup. Hal ini karena zat-zat penting dalam bayam tersebut dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Cengkeh

Cengkeh dapat menjadi obat tipes karena memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab tipes. Khasiatnya semakin bertambah, sebab cengkeh dapat membantu mengurangi muntah dan diare yang merupakan dua gejala tipes.

7. Air Kelapa

Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh terlebih ketika sedang menderita tipes. Menikmati segelas air kelapa juga dapat menyegarkan tubuh secara alami sehingga membantu mengatasi kelelahan yang kerap dirasakan penderitanya.

8. Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya menjaga sistem kekebalan tubuh. Madu sangat bermanfaat bagi penderita tipes. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu dapat meningkatkan energi. Selain itu, berbagai nutrisi penting dalam madu juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, konsumsilah madu agar tipes dapat segera sembuh. Caranya, masukkan satu sendok madu ke dalam air hangat lalu minum setiap hari. Madu dapat berperan memulihkan energi yang hilang dan mempercepat penyembuhan tipes.

9. Puding

Agar menu makanan penderita tipes lebih bervariasi, masukkan puding ke dalamnya. Puding memiliki tekstur yang lembut serta mudah dicerna. Kandungan gula pada puding juga dapat dijadikan sumber tenaga, terlebih puding dapat diolah dengan susu dan campuran buah seperti cranberry, aprikot, atau alpukat. Selain dapat menambah nafsu makan, nutrisinya pun sangat bermanfaat bagi penderita tipes.

10. Dada Ayam

Dada ayam memiliki kandungan lemak yang rendah dan memiliki serat yang halus. Hal ini membuat dada ayam cocok untuk dikonsumsi oleh penderita tipes. Perlu diketahui, dalam satu porsi dada ayam, terkandung protein sekitar 25 gram dan kalori sebesar 170 kkal. Penderita tipes dapat mengonsumsi dada ayam yang diolah dengan cara direbus lalu disuwir. Selain itu, dapat pula dipotong dadu sebagai pelengkap menu makanan utama.

11. Buncis

Kandungan serat dalam buncis tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan membebani kerja usus dan saluran cerna lainnya. Selain itu, buncis juga mampu meningkatkan imunitas karena merupakan sumber flavonoid dan karotenoid yang bertindak sebagai senyawa antioksidan.

12. Wortel

Wortel kaya akan kandungan betakaroten yang tak hanya berdampak positif bagi kesehatan mata, namun mampu mempertahankan kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Bahkan, kandungan falcarinol di dalam wortel kabarnya mampu melawan sel kanker terutama kanker usus. Cobalah untuk mengolah sayuran satu ini dengan cara dipanggang, karena konon wortel panggang mengandung antioksidan yang lebih tinggi hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan wortel mentah.

13. Alpukat

Buah yang satu ini tergolong salah satu superfood. Bagaimana tidak, berbekal kandungan serat, antioksidan, vitamin, mineral, dan lemak baik di dalamnya, buah alpukat seringkali direkomendasikan sebagai obat herbal untuk membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk tipes. Menambahkan alpukat ke dalam menu makanan untuk penderita tipes menjadi salah satu pilihan cerdas guna mempercepat penyembuhan.

Baca Juga: Manfaat buah alpukat untuk kesehatan

14. Daun Basil

Daun basil memiliki khasiat sebagai antibiotik dan antibakteri sehingga tak mengherankan apabila daun yang identik dengan daun kemangi ini dapat disajikan sebagai menu makanan untuk penderita tipes. Konsumsilah daun basil dalam bentuk segar atau masukkan ke dalam bubur atau kentang tumbuk sebagai penambah nutrisi.

15. Cuka Apel

Selain air kelapa, cuka apel juga dapat dijadikan alternatif dalam membantu meringankan berbagai gejala tipes. Sifat asam dalam cuka apel mampu menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Apabila ingin mengonsumsinya, cukup campurkan ½ sendok teh cuka apel dan sedikit madu ke dalam segelas air. Minumlah sebelum makan, sehari sekali setiap harinya hingga gejala dirasa mereda.

Itulah penjelasan mengenai saran makanan untuk penderita tipes, usahakan untuk mengonsumsi makanan halus dan hindari makanan pedas, ya. Menjaga daya tahan tubuh dan mengikuti saran dari dokter sangat penting bagi penderita tipes agar bisa pulih dengan cepat.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *