Tanggal:04 May 2024

Jangan Bingung! Ini 9 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi

Kerak kamar mandi adalah hal yang cukup sering ditemui, apalagi kamar mandi juga merupakan salah satu ruangan yang hampir selalu digunakan di dalam rumah. Parahnya lagi, terkadang membersihkan kerak kamar mandi tidak semudah kelihatannya. Tidak jarang kerak tersebut sangat sulit dibersihkan dan meninggalkan bekas meski telah diberi sabun atau pembersih lantai. Namun, kamu tidak perlu merasa khawatir karena ternyata banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kerak tersebut. Berikut adalah beberapa cara membersihkan kerak kamar mandi yang mudah dan anti ribet!

1. Menggunakan Campuran Cuka

Cuka Untuk Membersihkan Kerak Kamar Mandi (sumber: canva.com)

Cuka adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk membersihkan wastafel dan kerak kamar mandi. Bagi kamu yang ingin mencoba cara yang satu ini, tidak perlu khawatir karena langkah-langkah yang perlu dilakukan sangat sederhana. Pertama, buat larutan dengan mencampurkan secangkir cuka dan air dalam botol semprot. Setelah kedua bahan tercampur, semprotkan dengan kain microfiber lalu bersihkan bagian kaca dan keramik kamar mandi yang memiliki kerak atau noda jamur. Tunggu sekitar 10 menit kemudian cuci dengan air hangat dan keringkan.

Ingatlah untuk tidak menyemprotkan langsung ke cermin, karena sisa cairan yang menetes dapat terkumpul di sudut cermin dan meninggalkan noda baru. Sedangkan untuk membersihkan shower scale, masukkan campuran cuka dan air ke dalam kantong plastik, lalu ikat ke shower. Biarkan selama 1-2 jam dan mulailah membersihkan kerak pada bagian tersebut dengan kain atau sikat kecil.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Bagi kamu yang menggunakan banyak dekorasi pada kamar mandimu, noda dan kerak mungkin saja akan membuatnya terlihat kotor dan mengurangi estetikanya. Namun kini tak perlu bingung lagi karena bahan alami seperti jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Cara membersihkan kerak kamar mandi dengan jeruk nipis cukup mudah, ambil jeruk nipis, peras airnya dan tuangkan di tempat yang ingin dihilangkan nodanya.

Baca juga: Bingung? Berikut 10 Obat Ambeien Alami!

Biarkan beberapa saat, lalu gosok dengan kuas hingga noda hilang dan bilas dengan air. Agar lebih optimal lagi, kamu bisa mencampurkan larutan kapur dengan tawas untuk membersihkan kerak yang membandel.

3. Bersihkan dengan Asam Sitrat

Asam sitrat atau sitrun biasanya digunakan dalam masakan, contohnya untuk produksi selai. Namun, siapa sangka bahan ini juga bisa bersinar di kamar mandi. Untuk mengaplikasikannya, gosok terlebih dahulu area yang dibersihkan dengan batu apung dan air sabun. Kemudian cuci bersih dengan sabun/deterjen.

Baca juga: 5+ Elemen Utama Pembentuk Logo yang Wajib Kamu Tahu!

Saat permukaan benda masih basah, segera taburkan asam sitrat dan sebarkan ke semua sudut sampai merata. Biarkan selama kurang lebih 1 jam agar sitrun dapat bekerja secara maksimal. Jika sudah, gosok lagi dengan sikat dan bilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, ulangi proses tersebut 2-3 kali karena kandungan sitrun tidak sekuat cuka dan kaporit. Selain itu, jangan pernah mencampurkan sitrun dengan pemutih karena dapat menghasilkan gas klorin yang beracun.

4. Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya membantu menghilangkan noda makanan dari gigi, tetapi juga bisa menjadi pilihan lain untuk menghilangkan noda di kamar mandi. Kandungan pembersih pada pasta gigi diketahui bereaksi dengan jamur dan noda. Membersihkan bath shell dengan odol juga sangat mudah. Caranya kamu bisa mengambil sikat gigi yang sudah tidak terpakai, oleskan pasta gigi, lalu oleskan pada cermin atau permukaan berkerak lainnya.

Menghilangkan Kerak Kamar Mandi dengan Pasta Gigi (sumber: canva.com)

Gosokkan pasta gigi secara merata hingga menutupi seluruh area yang diinginkan. Tunggu hingga pasta gigi mengering dan bilas dengan sikat atau kain sambil digosok lagi. Proses ini akan menghilangkan noda membandel dan kamar mandi kamu akan terlihat lebih cerah.

5. Menggosok Kerak dengan Batu Apung

Batu apung dikenal memiliki fungsi untuk membersihkan permukaan kulit yang kotor. Namun, tak hanya baik untuk membersihkan tubuh, batu apung juga bisa membantu menghilangkan noda yang berkerak di kamar mandi. Sebelum mencobanya, siapkan batu apung dan air yang sudah dicampur dengan penghilang noda. Mulailah dengan merendam batu apung dalam air sabun dan menggosok permukaan kamar mandi yang berkerak.

Tekstur batu yang kasar dapat membantu menghilangkan noda membandel. Untuk hasil yang lebih bersih dan optimal, kamu bisa menggunakan kuas kecil untuk menggapai sudut-sudut yang sulit dijangkau. Setelah dibersihkan, bilas dengan air hingga permukaannya tidak licin lagi.

6. Menaburkan Baking Soda

Selain cuka, soda kue adalah bahan yang populer dan sering digunakan untuk membersihkan kerak. Soda kue sering digunakan di dapur untuk menghilangkan noda hitam dari panci. Bahkan untuk kamar mandi sekalipun, kamu tidak perlu meragukan keefektifan baking soda dalam mengusir kerak membandel.

Baca juga: 10+ Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya

Caranya, kamu bisa membersihkan bagian luar kamar mandi dengan menaburkan soda kue pada lantai atau ubin serta keran air yang kotor. Setelah menaburkannya, jangan langsung digosok, sebaiknya diamkan selama kurang lebih 15-30 menit. Saat kamu melihat bahwa baking soda telah berhasil melunturkan kerak yang ada di kamar mandimu, gosok dengan kuas dan terakhir cuci hingga bebas dari noda dan kerak.

7. Menggunakan Kaporit Untuk Kerak Membandel

Banyak orang mengenal kaporit sebagai desinfektan atau penjernih air kolam. Namun, tahukah kamu bahwa salah satu cara membersihkan kotoran, noda, serta kerak membandel di kamar mandi yang sangat efektif adalah dengan kaporit. Untuk mendapatkan kaporit, kamu bisa membelinya secara online atau mencarinya di toko perlengkapan kolam renang. Sedangkan untuk membersihkan kerak kamar mandi, terlebih dahulu siapkan air panas untuk mencuci lantai dan keramik.

Taburkan kaporit pada area yang diinginkan dan biarkan selama 30 menit, setelahnya kamu bisa membilas lantai hingga bersih. Ingatlah bahwa saat membersihkan kamar mandi dengan kaporit kamu harus mengenakan masker dan sarung tangan. Paparan berlebihan terhadap air yang diklorinasi dapat menyebabkan ruam merah dan infeksi kulit.

8. Memakai Cairan Alkohol

Menggunakan Alkohol Untuk Menghilangkan Kerak (sumber: canva.com)

Jika kamu memiliki alkohol dengan kadar 70% di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kotoran dan kerak yang membandel di kamar mandimu. Caranya, siapkan alkohol dan kain, lalu tuangkan secukupnya untuk membersihkan area yang ternoda. Selanjutnya, gosok sisa sabun dan jamur yang menumpuk di kaca, tepi wastafel, dan shower. Sifat alkohol yang keras pasti dapat membantu kamar mandi kamu menjadi bersih kembali.

9. Menggunakan Pembersih Khusus Kerak

Metode pembersihan kerak kamar mandi terakhir yang bisa kamu coba adalah menggunakan pembersih kerak khusus. Saat ini ada banyak pembersih kerak kamar mandi yang dijual dalam bentuk bubuk atau cair.  Secara umum, cara ini lebih praktis dan lebih mudah digunakan. Namun, kemungkinan kamu perlu merogoh kocek yang lebih mahal. Jangan lupa untuk selalu memastikan keamanan dengan memakai masker dan sarung tangan saat membersihkan kamar mandi.

Itulah dia beberapa cara membersihkan kerak kamar mandi yang bisa kamu coba di rumah. Untuk kamu yang ingin mengisi waktu luang dengan mengikuti kursus bermanfaat, bisa banget mengunjungi link berikut ya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *