Tanggal:01 May 2024

10 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai jenis tanaman tentu saja memiliki khasiatnya masing-masing. Kesehatan tubuh sangat perlu dijaga melalui berbagai cara. Salah satunya rutin mengonsumsi makanan yang mengandung beragam nutrisi. Jagung memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu dapat memperoleh jagung dengan mudah. Proses pengolahan makanan ini juga sangatlah sederhana. Kamu bisa saja merebusnya atau membakar layaknya jagung bakar. Hampir semua orang menyukai jagung sebagai sumber pangan yang baik untuk tubuh. Kamu juga harus mengetahui beragam khasiat jagung yang sangat baik untuk tubuh.

Jagung adalah salah satu bahan makanan populer yang kerap dikonsumsi masyarakat dunia. Mulai dari camilan hingga dijadikan makanan sehat. Jagung begitu mudah untuk diolah. Jenis-jenis jagung pun juga bervariasi, tak hanya yang berwarna kuning. Kamu sebagai warga lokal pasti sangat menyukai makanan dari jenis sayuran ini. Jagung sangat berguna dan mudah dikonsumsi sebagai sumber bahan makanan. Khasiatnya pun sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung didalam jagung tak kalah dengan sayuran yang lainnya. Yuk, pelajari beragam khasiat jagung untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh 

1. Menyehatkan mata

Ilustrasi Mata (pexels)

Jagung sangat baik dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Tua hingga muda, hampir semuanya menyukai jenis sayuran ini. Kamu perlu mengetahui bahwa jagung memiliki khasiat untuk organ mata. Jagung mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berperan dalam membantu menyehatkan mata. Kondisi mata dapat menjadi prima dan sehat saat kamu rutin mengkonsumsi jagung. Jagung bisa kamu olah menjadi beragam olahan makanan ataupun camilan yang menyehatkan.

Baca Juga : Daftar Makanan Untuk Melancarkan Pencernaan

2. Mencegah penyakit divertikulosis

Ilustrasi Terhindar dari Penyakit (pexels)

Divertikulosis adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya kantung di dinding usus besar. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala kram, perut kembung, perdarahan, hingga infeksi. Permasalahan usus tentu saja menjadi hal yang membahayakan bagi kondisi tubuh. Pasalnya, usus menjadi organ pencernaan yang berfungsi sangat vital. Namun, kamu bisa mencegah penyakit ini melalui konsumsi jagung. Jagung mengandung banyak serat yang baik bagi kondisi usus kamu. Olah dengan baik supaya kadar seratnya tetap terjaga.

Baca Juga : 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

3. Menjaga kesehatan usus

Ilustrasi Tubuh Tetap Sehat (pexels)

Mengonsumsi jagung atau produk dari jagung utuh dapat membantu menjaga kesehatan usus. Hal ini sangat berbanding terbalik saat kamu mengonsumsi makanan yang diproses dari tepung jagung. Jagung utuh tentu saja mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan aneka serat yang baik bagi tubuh. Kandungan serat di dalam jagung dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di saluran pencernaan. Sehingga, hal ini bisa menghindarkan kamu dari gangguan penyakit kanker usus besar.

Baca Juga : 10 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

4. Melindungi dari penyakit kronis

Ilustrasi Orang Menggunakan Masker (pexels)

Jagung kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan penting. Vitamin ini bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Saat kamu rutin mengkonsumsi jagung, tentu saja dapat menghindari penyakit seperti kanker, jantung, stroke, hingga obesitas. Penyakit kronis dapat kamu cegah dari hal sederhana, yakni suka akan sayuran jagung. Konsumsi dengan pengolahan yang tepat dan kamu bisa memetik khasiatnya pula.

Baca Juga : 8 Manfaat Masker Alpukat Bikin Wajah Cerah

5. Menurunkan risiko anemia

Ilustrasi Anemia (pexels)

Jagung merupakan sumber kandungan berbagai vitamin yang bagus bagi tubuh kamu. Mengonsumsi sayuran jenis ini dapat membantu kamu menurunkan risiko anemia. Gangguan penyakit anemia dapat menyerang berbagai usia. Kondisi ini muncul dari adanya gangguan kurangnya kadar darah dalam kondisi seseorang. Namun, kamu bisa menambah kadar darah dalam tubuh melalui konsumsi jagung. Jagung mengandung asam folat, vitamin B12, dan zat besi yang mampu membantu pembuatan sel darah merah di dalam tubuh. Semua kandungan itu bisa membantu menurunkan risiko anemia.

Baca Juga : 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Untuk Pekerja Shift Malam

6. Penambah energi untuk tubuh

Ilustrasi Tubuh Prima (pexels)

Jagung memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Karbohidrat dapat membantu meningkatkan energi di dalam tubuh. Jenis karbohidrat ini dicerna dalam waktu yang lebih lambat sehingga dapat bertahan lebih lama dalam tubuh kamu. Pencernaan karbohidrat yang lebih lambat akan sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan dapat menyediakan energi untuk jangka waktu lebih lama. Apalagi bagi kamu yang suka atau bahkan memiliki hobi gemar berolahraga. Jagung dapat menjadi sumber pangan yang tahan lama untuk tubuh kamu. Kamu bisa menyertakan jagung dalam setiap menu makanan.

Baca Juga : Makanan Yang Dihindari Saat Pembentukan Otot

7. Menurunkan kolesterol dan kadar gula darah

Ilustrasi Lemak Jahat (pexels)

Berbagai bagian dari sayuran jagung sangat bermanfaat untuk tubuh. Misalnya saja minyak jagung dan jagung manis yang bisa membantu melancarkan aliran darah. Peredaran aliran darah menjadi lancar hingga kondisi kesehatan kamu tetap terjaga dengan prima. Kemudian, jagung dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan mengatur kerja insulin. Asupan ini bisa menjadi opsi yang baik untuk para pengidap diabetes dan kolesterol. Sayuran jagung dikenal sebagai sayuran dengan kadar gula yang terbilang tidak terlalu tinggi. Kamu pun tak perlu khawatir mengkonsumsinya setiap hari, ya.

8. Mendukung kesehatan ibu hamil

Ilustrasi Ibu Hamil (pexels)

Karena kaya asam folat dan zeaxanthin, jagung dapat membantu menurunkan risiko terjadinya cacat lahir. Kandungan dalam jagung tentu saja baik bagi kesehatan ibu hamil dan juga calon bayi dalam kandungannya. Jagung bisa melindungi janin dari masalah fisiologis dan berbagai gangguan otot. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada jagung dapat menolong ibu hamil untuk tetap meningkatkan kondisi kesehatan tubuhnya.

9. Menjaga kesehatan kulit

Ilustrasi Kulit Sehat (pexels)

Jagung dipercaya mampu menjaga dan merawat kondisi kulit kamu. Kamu bisa tetap menjaga kesehatan kulit dengan rutin mengonsumsi olahan jagung. Jagung memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat mendorong produksi kolagen dan mencegah efek buruk sinar UV yang merusak kulit. Meskipun sering bekerja di luar ruangan, tentu kulit kamu tetap terawat dari dalam. Namun, kamu perlu menerapkan teknik pengolahan jagung dengan baik. Jangan lupa bersihkan jagung hingga bersih sebelum mengolahnya.

Baca Juga : 9 Manfaat Infuse Water untuk Kesehatan Tubuh

10. Mencegah depresi

Ilustrasi Depresi (pexels)

Jagung memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi kondisi tubuh. Kamu bisa rajin mengonsumsinya tanpa takut akan efek samping yang buruk. Sayuran alami seperti jagung bisa membantu kamu terhindar dari stres, loh. Jagung memiliki kandungan yang baik bagi emosional seseorang. Kamu tetap bisa menjaga emosional dengan baik salah satunya melalui asupan jagung. Nutrisi di dalamnya mampu meningkatkan kinerja otak ke arah positif hingga mampu mencegah munculnya gangguan depresi.

Nah, itu dia seluk-beluk mengenai sayuran jagung. Kamu bisa mempelajari 10 manfaatnya untuk diterapkan dalam gaya hidup sehari-hari. Pilihlah kondisi jagung yang masih baik dan olah dengan cara yang tepat. Alangkah baiknya saat kamu mengolahnya dengan kondisi direbus. Hal ini dapat menjaga kadar serat serta nutrisi di dalamnya. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan kamu, ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *