Tanggal:18 May 2024

Manfaat, Cara Kerja dan Penggunaan Salicylic Acid

Buat kamu yang sering mengikuti dunia perawatan kulit, mungkin udah gak asing lagi dengan salicylic acid. Jika melihat komposisi produk perawatan kulit, pasti kamu melihat bahwa produk tersebut mengandung salicylic acid. Tau gak, sih? Salicylic acid dipercaya memiliki manfaat yang baik pada wajah, loh. 

Kandungan produk ini dipercaya mampu merawat kulit wajah dan sangat efektif dalam mengobati berbagai jenis jerawat dan komedo. Kondisi kulit berjerawat memang terasa sangat merepotkan. Pasalnya, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

Oleh karena itu, kondisi ini menyebabkan banyak orang mencari cara untuk menghilangkan jerawat membandel di wajah mereka, salah satunya adalah salicylic acid. Yuk, simak apa aja sih manfaat dari salicylic acid di bawah ini!

Apa Itu Salicylic Acid?

Ilustrasi Salicylic Acid (Sumber: Freepik.com)

Salicylic acid adalah zat alami yang ditemukan di kulit pohon willow. Produk perawatan kulit yang dijual bebas biasanya mengandung salicylic acid 0,5-2%. Salicylic acid memiliki sifat antibakteri dan mengandung anti-inflamasi yang dapat mengobati jerawat. Kandungan ini juga dapat membersihkan wajah dari sebum dan kotoran serta membuka pori-pori wajah yang tersumbat.

Asam salisilat atau salicylic acid adalah senyawa yang termasuk dalam kategori asam beta hidroksi atau BHA. Bahan ini larut dalam minyak dan dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan kemampuannya menembus jauh ke dalam pori-pori wajah, Salicylic acid mampu memecah ikatan antara sebum dan sel kulit mati sehingga cocok untuk jenis kulit sensitif.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Pelembab Untuk Kulit Berjerawat

Manfaat Salicylic Acid

Ilustrasi Salicylic Acid (Sumber: Freepik.com)

Salicylic acid memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Dengan menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan ini, kamu dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Yuk, langsung aja dibaca beragam manfaat dari salicylic acid!

1. Menghilangkan Jerawat

Salicylic acid merupakan bahan yang efektif dalam pengobatan dan pencegahan jerawat karena kemampuannya untuk memecah ikatan antar sel di lapisan luar kulit. Salicylic acid juga memiliki kemampuan untuk mengurangi dan mengatur sekresi sebum. Salah satu penyebab jerawat adalah produksi sebum berlebih yang menyumbat pori-pori. Salicylic acid juga dapat mengatasi penyumbatan tersebut dan dapat mengatasi masalah jerawat.

2. Mengurangi Kadar Minyak yang Berlebih

Selain mampu mengobati dan mencegan timbulnya jerawat, salicylic acid juga memiliki kemampuan untuk memecah ikatan sebum. Dengan cara ini, kadar minyak di wajah berkurang dan tentu saja risiko berbagai masalah kulit berkurang.

3. Mengatasi Sel Kulit Mati

Banyak sekali masalah kulit yang diakibatkan dari menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit. Kulit yang menguning, kering, dan berjerawat adalah masalah yang disebabkan oleh sel kulit mati. Salicylic acid membantu mengangkat sel kulit mati yang diregenerasi dengan sel kulit baru. Dengan cara ini, kulit terlihat lebih bercahaya, lembut dan sehat.

4. Mengurangi Peradangan

Jerawat merupakan salah satu penyebab peradangan wajah. Peradangan ini ditandai dengan nyeri wajah di area peradangan, bengkak, kemerahan, dan munculnya nanah. Salicylic acid memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Salicylic acid membantu menghambat senyawa prostaglandin, senyawa yang menyebabkan peradangan.

5. Mengurangi Efek Kerusakan Kulit Akibat Matahari

Seperti yang kita semua tahu, paparan sinar matahari membuat kulit kita rentan terhadap kerusakan. Beberapa masalah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, misalnya, warna kulit tidak merata, kemerahan, kulit kusam atau gelap, dan muncul bintik-bintik hitam pada kulit. Pada konsentrasi tertentu, salicylic acid membantu mengencangkan kulit yang rusak. Setelah pengangkatan, kulit tampak lebih cerah, halus, lembut dan sehat alami.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Pelembab Untuk Mencerahkan Wajah

Cara kerja Salicylic Acid

Ketika berbicara tentang salicylic acid, perlu diketahui juga tentang kelompok asam yang digunakan untuk pengelupasan kulit di wajah kamu, yaitu asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA). Keduanya memiliki struktur molekul yang berbeda, sehingga AHA larut dalam air dan BHA larut dalam minyak. Asam dalam kelompok AHA termasuk asam glikolat, asam laktat, dan asam sitrat, sedangkan asam salisilat adalah satu-satunya asam dalam kelompok BHA.

Saat digunakan sebagai bahan perawatan kulit, kedua asam ini bekerja dengan cara yang sama, yaitu mengelupas, tetapi kadarnya menurun seiring bertambahnya usia. Di sinilah AHA dan BHA masuk untuk mempercepat prosesnya. Setelah ikatan putus, sel-sel kulit mati ini mudah rontok saat kamu membersihkan wajah.

Karena BHA larut dalam minyak, ia menembus lapisan minyak yang mengisi pori-pori dan menembus jauh untuk menghilangkan dan membersihkan minyak, kotoran, partikel polutan, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. BHA sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak dan kulit berjerawat, tetapi dapat digunakan pada jenis kulit lain juga. Penggunaan secara teratur memperbaiki kondisi kulit wajah.

Aturan Penggunaan dari Salicylic Acid

Ilustrasi Salicylic Acid (Sumber: Freepik.com)

Obat-obatan dan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat hanya boleh digunakan secara eksternal. Kamu bisa menggunakan obat ini untuk kulit yang bermasalah dengan jerawat membandel. Produk salicylic acid dapat membantu merawat kulit berjerawat. Ini dapat diterapkan dalam satu hingga tiga dosis setiap hari atau dioleskan langsung ke kulit bermasalah seperti yang diarahkan oleh dokter kulit.

Penggunaan salicylic acid harus dilakukan atas saran dokter kulit atau dermatologis. Karena setiap orang memiliki persyaratan yang berbeda, aturan penggunaan dapat bervariasi dari orang ke orang. Jangan lupa selalu cuci tangan kamu sampai bersih dan bersihkan area yang akan dioleskan sebelum mengoleskan produk salicylic acid ke kulit kamu.

Selain itu, saat mengoleskannya, hati-hati jangan sampai terkena mata. Jika efek yang lebih serius terjadi setelah menggunakan salicylic acid, penanganan medis segera harus dicari untuk mengurangi risiko yang lebih besar. Dokter kamu akan memberikan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Manfaat Retinol Untuk Kulit Berjerawat, Sudah Tahu?

Demikianlah pembahasan mengenai salicylic acid dari Vocasi, mulai dari pengertian, manfaat, cara kerja, hingga aturan penggunaannya. Bahan ini bisa banget, loh, kamu gunakan buat kamu yang memiliki masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Dengan pemakaian rutin dan kesabaran, kondisi kulit wajah kamu pastinya akan menjadi lebih baik. Semangat, ya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *