Tanggal:30 May 2024

20 Cara Mendapatkan Uang di Internet, Dijamin Mudah!

Di era digital seperti sekarang ini, sebenarnya ada banyak sekali cara dapat uang di internet, dan hampir semuanya cukup mudah untuk kamu coba. Lantaran kemajuan teknologi yang semakin pesat, kini dunia online membuka banyak sekali peluang bagi siapa saja yang hendak cari uang di internet, atau mendapatkan penghasilan tambahan secara online.

Jika kamu salah satunya, kamu bisa memulainya dari menjadi pengembara digital atau dikenal dengan istilah digital nomad, marketing, hingga wirausahawan. Ada banyak lho, ide bisnis yang dapat kamu coba di rumah menggunakan laptop dan koneksi internet yang solid. Berikut di bawah ini kami uraikan 20 cara dapat uang di internet. Simak satu per satu, yuk!

Baca juga: 8 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang dengan Mudah

20 Cara Dapat Uang Di Internet

20 Cara Dapat Uang Di Internet. Sumber: pexels.com

1. Bergabung dengan Afiliasi

Secara sederhana, afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk. Kamu akan mendapatkan  imbalan berupa komisi untuk tiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya, revenue sharing alias berbagi pendapatan.

Cara kerjanya ialah, kamu cukup rekomendasikan atau ulas produk merchant (penyelenggara program afiliasi) melalui website-mu dan sertakan link afiliasinya. Pada saat seseorang menggunakan link kamu dan melakukan pembelian produk, maka kamu akan mendapatkan komisi.

2. Membuat Blog

Kini, blogging bukan lagi sekadar hobi, lho. Kegiatan ini bisa menjadi cara dapat uang di internet untuk pemula tanpa modal. Berita bagusnya, siapa pun bisa membuat dan menulis blog. Pun, tidak ada aturan pakem topik apa yang harus ditulis. Kamu bebas ingin menulis topik apa pun.

Untuk mendapatkan uang dari blogging, tentu kamu harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buatlah blog dengan berlangganan hosting. Sebab, memanfaatkan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet.

3. Memulai Bisnis Dropshipping

Menjalani bisnis dropship juga bisa menjadi cara mendapatkan uang tanpa modal, lho. Sebab kamu bisa menjual produk tanpa harus menyetok barang tersebut lebih dulu di gudang.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Setelah memasang iklan dan pembeli bertransaksi di iklanmu, selanjutnya kamu hanya perlu menghubungi pihak supplier untuk memesan barang tersebut. Nantinya proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier.

4. Membuka Jasa Online Coaching

Cara menghasilkan uang dari internet tidak harus bermodal barang atau uang. Kamu juga bisa menawarkan jasa/keahlianmu, salah satunya keahlian mengajar. Online coaching adalah berbagi ilmu secara online menggunakan perangkat digital.

Ada sangat banyak ilmu/keahlian yang bisa kamu bagikan secara online. Mulai dari mata pelajaran sekolah, tutorial, hingga tips dan trik bisnis.

5. Bergabung ke Platform Survei Online

Cukup menjawab beberapa pertanyaan mudah, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan! Bergabung ke online survei memang menjadi cara dapat uang di internet untuk pemula yang mulai digemari. Meskipun cara ini tidak menjanjikan hasil yang besar, tetapi cukup untuk menambah uang sakumu.

Selain itu, perusahaan kian banyak yang membutuhkan survei untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendapatkan berbagai data untuk pengembangan produk. Artinya, online survei akan tetap dibutuhkan.

Baca juga: 6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

6. Menjadi Tester Website

Pernah terpikir untuk menjadi tester website sebagai cara menghasilkan uang dari internet? Tester website adalah seseorang yang melakukan pengujian pada website, baik sebelum diluncurkan secara online maupun untuk tujuan pengembangan.

Saat ini, banyak platform yang bersedia membayar kamu melakukan pengujian website. Rata-rata kamu akan menerima $10 untuk setiap pengujian yang kamu lakukan. Namun, bisa saja kamu mendapatkan hingga $60 jika pengujian yang dilakukan membutuhkan keahlian tinggi.

7. Jual Beli Domain

Domain adalah alamat website yang berfungsi sebagai sebuah identitas online. Terutama bagi pebisnis, peran domain sangat besar untuk branding. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan nama domain ideal.

Namun, ada juga yang mengeluarkan sedikit uang dengan memanfaatkan promo domain. Inilah yang sering dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan melalui bisnis jual beli domain atau domain flipping. Tak tanggung-tanggung, sebuah domain bisa dijual berkali-kali lipat!

8. Jual Barang Preloved

Saat ini bisnis jual-beli barang preloved sedang sangat tren, khususnya di kalangan anak-anak muda. Cara dapat uang di internet ini sering disebut sebagai “thrifting”, yang populer berkat kata “thrift shop”.

Nah, jika kamu punya barang atau baju bekas layak pakai yang mungkin sudah kekecilan atau kebesaran, atau mungkin modelnya sudah tidak kamu sukai lagi, coba jual secara online untuk menghasilkan uang dari Internet.

9. Narator Buku Suara

Semakin populernya buku suara atau audio book belakangan ini menjadi tanda kalau sudah banyak orang yang beralih dari buku cetak ke buku suara. Mereka lebih suka ‘mendengarkan buku’ daripada membacanya. Hanya saja, koleksi buku suara tidak sebanyak buku cetak.

Jika kamu suka membaca dan memiliki suara yang bagus, narator buku suara bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan. Kamu hanya perlu bergabung pada sebuah platform audio book, lalu persiapkan mikrofon dengan kualitas suara yang jernih dan software untuk merekam. Setelah itu, kamu bisa membuat beberapa contoh suara ketika kamu membaca buku.

10. Menjadi Podcaster

Kamu suka berbagi cerita atau mengulik informasi dengan melakukan wawancara? Nah, podcast bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet, bahkan tanpa harus memakai pembayaran PayPal.

Podcast digemari karena bisa menjadi teman dalam segala situasi, baik saat di perjalanan, bekerja, maupun bersantai. Ada dua hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk menjadi podcaster sukses, yaitu kualitas audio dan konten yang berisi.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membuat Podcast Di Spotify Bagi Pemula

11. Menjadi ProofReader

Apa kamu pernah mendengar istilah proofreading? Ini adalah sebuah proses pengecekan kesalahan pada sebuah dokumen agar siap diterbitkan. Berbeda dengan proses edit yang lebih kompleks, proofreading lebih banyak fokus pada typo, format penulisan dan tata bahasa.

Jadi, jika kamu memiliki ketelitian dalam melakukan koreksi sesuai standar penulisan yang baik, kamu bisa mencoba pekerjaan ini. Hasil yang didapatkan pun bisa dikatakan cukup menjanjikan.

12. Memulai Bisnis E-commerce

Situs e-commerce, atau toko online, semakin populer belakangan ini sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari Internet. Selain jangkauannya lebih luas, biaya awal memulai toko online juga lebih rendah sehingga kamu bisa menghemat biaya operasional.

Apa pun produk yang kamu jual, membuat toko online juga akan menjadi cara dapat uang online yang cukup menghasilkan. Sebab, karena saat ini makin banyak pembeli yang lebih suka berbelanja secara online, meskipun produk yang mereka beli adalah produk fisik.

13. Membuka Kursus Online

Kalau kamu punya keahlian di suatu bidang, cobalah membuat kursus online. Manfaatkan peluang ini sebagai cara dapat uang dari Internet, misalnya dengan membuat PDF sederhana hingga video YouTube atau TikTok.

Beberapa topik kursus online yang paling populer termasuk skill komputer, kesehatan dan fitness, bisnis atau digital marketing dan entrepreneurship, keuangan dan investasi, serta personal growth. Kamu bisa membuat website e-learning dan menjual materi di sana.

14. Menjadi YouTuber

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube, tapi langkah pertama dan yang paling utama harus kamu lakukan adalah mendaftar YouTube Partner Program dan memastikan channel kamu memenuhi syarat monetisasi.

YouTube mengizinkan hampir semua jenis konten dari berbagai niche, mulai dari game reaction hingga vlog tentang daily life. Mengembangkan channel YouTube mirip dengan blog, artinya kamu harus upload konten secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan view dan subscriber.

15. Menjadi Social Media Manager

Kemampuan mengelola akun media sosial bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet. Yaitu, dengan menjadi seorang social media manager.

Seperti yang sama-sama kita ketahui, kini media sosial memiliki peran penting dalam ikut membangun reputasi online dan meningkatkan penjualan produk. Tak heran, banyak perusahaan maupun sosok penting yang menunjuk seorang manajer mengelola akun resmi mereka.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Manager

16. Menjadi SEO Specialist

Selama orang-orang masih menggunakan Google dan platform sejenisnya untuk mencari informasi, kesempatan untuk jadi SEO Specialist masih terbuka lebar. Kamu hanya perlu menguasai trik dan cara SEO.

Atau, kamu juga bisa mengunjungi berbagai forum SEO untuk mempelajari segala hal mengenai optimasi mesin pencari dan menjadi SEO specialist.

17. Mengikuti Kontes Desain Online

Punya kemampuan desain yang baik dan ingin adu skill dengan desainer lain? Beberapa platform menggelar berbagai kontes desain yang bisa kamu ikuti. Tidak hanya untuk unjuk kualitas dan menambah portofolio, mengikuti kontes desain bisa menjadi cara mudah untuk cari uang di internet.

Untuk mengikuti sebuah kontes, kamu bisa mendaftar ke salah satu platform yang dituju dan lampirkan portofolio. Pilih kontes yang ingin kamu ikuti dan terbuka untuk umum. Kirimkan karya sesuai format yang diminta dan tunggu hasil penentuan pemenangnya.

18. Menjadi Social Media Influencer

Sesuai namanya, influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk berkat keahlian atau reputasinya. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa menjadi influencer, terutama di media sosial, merupakan cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang ampuh.

Faktanya, 80% perusahaan bersedia membayar seorang influencer karena cara tersebut dianggap efektif. Jika seseorang sesuai dengan target pasar yang ingin dijangkau, tak jarang pebisnis akan mengajak kerjasama untuk memasarkan suatu produk.

19. Jasa Titip Luar Negeri

Banyak sekali orang yang ingin membeli produk-produk dari luar negeri tetapi terkendala di bagian pembayarannya. Metode pembayaran untuk pembelian internasional biasanya terbatas pada PayPal atau kartu kredit saja.

Nah, jika memiliki akun PayPal atau kartu kredit, kamu bisa mencoba cara menghasilkan uang dari Internet ini dengan memulai jasa titip. Kamu bisa memulainya dengan membuat akun media sosial untuk mempromosikan bisnismu.

20. Content Creator di TikTok

TikTok telah berkembang pesat dibandingkan saat masih bernama Musical.ly di masa-masa awal peluncurannya. Dari yang sebelumnya hanya menampung konten-konten bertemakan musik, TikTok kini menjadi salah satu platform video paling populer di berbagai negara dengan berbagai jenis konten.

Kamu bisa menemukan konten edukasi, seni, tutorial, duet musik, hingga konten-konten yang mungkin dirasa tidak begitu memberikan manfaat tapi cukup menghibur. Nah, kamu bisa memanfaatkan platform ini sebagai cara menghasilkan uang dari internet.

Baca juga: Sedang Naik Daun, Berikut 7 Cara Berbisnis di Tiktok

Nah, itulah 20 cara dapat uang di internet yang bisa kamu coba terapkan, baik sebagai pekerjaan tetap ataupun hanya sebatas kerja sampingan. Ternyata banyak juga ya cara menghasilkan uang dari internet? Semoga daftar di atas bisa membantu kamu menemukan cara yang paling sesuai dengan keahlianmu.

Bagi kamu yang hendak atau sudah memiliki usaha online namun masih sepi order-an, kami punya solusinya! Kamu bisa mendaftarkan dirimu pada coursePanen Orderan dengan Internet”.

Tujuan dari program kursus ini ialah, untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Di sini, seorang expert akan membahas segala bentuk pendukung digital marketing di antaranya adalah Facebook, Fanpage, IG Bisnis, dan Blogger.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *