Tanggal:02 May 2024

Mengenal Apa Itu Kerja Rodi

Sebelum tahun 1908, bangsa Indonesia mengalami banyak peristiwa penting. Sejak berdirinya VOC hingga akhirnya masa kerja paksa. Kerja Rodi sendiri menjadi cara lain bagi Belanda saat itu untuk mendapatkan lebih banyak dari rakyat Indonesia.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Kerja paksa merupakan salah satu bentuk eksploitasi sumber daya manusia oleh Belanda di Indonesia. Sistem ini diterapkan di berbagai daerah. Biasanya terjadi di daerah tumbuh, daerah pertambangan, pelabuhan dan objek penting lainnya.

Baca Juga | Inilah Sejarah Perkembangan Public Relation Di Indonesia

Pengertian Kerja Rodi

Kerja rodi atau kerja paksa adalah sistem yang diterapkan oleh penjajah Belanda untuk memaksa orang bekerja tanpa dibayar. Belanda telah menjajah Indonesia selama 350 tahun sejak mereka datang ke Indonesia pada tahun 1596. Belanda menjajah Indonesia pada saat itu, dan Belanda telah melakukan kerja paksa untuk penduduk Indonesia sejak saat itu.

Baca Juga | Beginilah Perkembangan Media Massa Di Indonesia

Sejarah Kerja Rodi

Kerja rodi mulanya muncul saat Louis Napoleon memerintahkan Herman Willem Daendels menjadi gubernur jendral pada 1 Januari 1808, di mana tugas utama Daendels adalah mempertahakan pulau Jawa dari ancaman Inggris. Daendels juga diberi tugas mengatur pemerintahan di Indonesia. Setelah itu Daendels pun menerima kekuasaan dari Gubernur Jenderal Weise (tanggal 15 Januari 1808).

Tugas untuk mempertahankan Pulau Jawa membuat Daendels terbebani, karena Inggis telah menguasai daerah kekuasaan VOC di Sumatra, Ambon, dan Banda. Pada saat Daendels menjabat sebagai gubernur jendral, ia mengeluarkan langkah-langkah, antara lain: Meningkatkan jumlah tentara dengan jalan mengambil dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

Membangun pabrik senjata di Semarang dan Surabaya, membangun pangkalan armada di Anyer dan Ujung Kulon, membangun jalan raya sepanjang 1.100 km dari Anyer hingga Panarukan, serta membangun benteng-benteng pertahanan. Demi mewujudkan langkah yang ingin ia capai tersebut, Daendels pun menerapkan sebuah sistem kerja paksa (rodi). Selain menerapkan sistem kerja paksa atau kerja rodi, Daendels juga terkadang melakukan berbagai usaha untuk mengumpulkan dana dalam usaha menghadapi negara Inggris.

Baca Juga | Media Pembelajaran Penunjang Semangat Belajar

Kebijakan yang dikeluarkan Daendels di ataranya melakukan penyerahan hasil bumi dan rakyat dipaksa menjual hasil buminya kepada pemerintah kolonial Belanda dengan harga yang sangat murah (verplichte leverantie), yaitu mengeluarkan sebuah kewajiban yang dibebankan kepada rakyat Priangan untuk menanam kopi (Preanger Stelsel). Menjual tanah-tanah negara kepada pihak swasta asing seperti kepada Han Ti Ko seorang pengusaha Cina. Tentunya kebijakan serta langkah yang dibuat oleh Daendels ini sangat erat dengan tugasnya, yaitu untuk dapat mempertahankan Pulau Jawa dari serangan pasukan negara Inggris.

Kebijakan yang diberlakukan oleh Daendels antara lain:

  • Semua pegawai pemerintah menerima gaji tetap dan mereka dilarang melakukan kegiatan perdagangan, melarang penyewaan desa, kecuali untuk memproduksi gula, garam, dan sarang burung.
  • Memberlakukan kerja rodi (sistem kerja paksa) dan membangun pelabuhan, kapal perang, dan ketentaraan dengan melatih orang-orang pribumi.

Baca Juga | Inilah Sejarah Dan Perkembangan Internet Di Dunia

Tujuan Kerja Rodi

Pada saat kerja rodi dibentuk oleh Herman Willem Daendels ada beberapa tujuan. Berikut ini tujuan dibentuknya kerja paksa oleh Daendels:

  • Membangun pabrik persenjataan di semarang dan Surabaya.
  • Membangun jalan raya sepanjang 1100 km dari Anyer hingga panarukan.
  • Membangun pangkalan armada di ujung kulon dan anyer.
  • Membuat benteng-benteng pertahanan.

Baca Juga | Ini Dia 5 Pekerjaan Yang Akan Dibutuhkan Ditahun 2022

Kebijakan Kerja Rodi

Ada beberapa kebijakan kerja rodi yang perlu kamu ketahui berikut ini.

  • Semua pegawai tetap pemerintah mendapatkan gaji tetap dan dilarang melakukan kegiatan jual beli.
  • Tidak diizinkan melakukan penyewaan penyewaan desa kecuali untuk keperluan pembuatan garam, gula dan pembuatan sarang burung.
  • Diharuskan untuk menjual hasil bumi kepada pemerintah dengan harga murah.
  • Diwajibkan melakukan penjualan tanah miliki rakyat kepada pihak asing.
  • Diwajibkan kepada rakyat priangan untuk menanam kopi.

Baca Juga | Tren Kerja Di 2022, Apa Aja Ya?

Begitulah pengertian kerja rodi versi Vocasia. Nah, Sobat Voca sudah paham belum tentang kerja rodi dan sejarahnya? Semoga artikel Vocasia dapat membantu kamu dalam mendapatkan informasi yang kamu butuhkan, ya!

Baca juga | Pengertian Feodalisme, Sejarah, Dan Ciri-Cirinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *