Tanggal:12 May 2024

Daftar Pekerjaan Lulusan SMA

Buat kamu yang saat ini memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah mungkin sering merasa bingung, pekerjaan apa aja sih yang kira-kira cocok dengan lulusan SMA. Tidak perlu pesimis karena pada nyatanya lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA tidaklah sedikit. Gaji dari beberapa pekerjaan ini juga tidak bisa dikatakan rendah.

Jika kamu adalah seorang lulusan SMA, merasa beruntunglah karena pada artikel ini kamu akan tahu pekerjaan apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan modal lulusan SMA.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Lantas, apa saja perkerjaan itu? berikut daftarnya:

1. Customer service

Pekerjaan yang paling sering diminati oleh lulusan SMA salah satunya adalah menjadi seorang customer service. Pada nyatanya tidak bisa dipungkiri memang kebanyakan perusahaan akan mencari tenaga kerja wanita untuk bekerja di posisi ini namun tidak menutup kemungkinan perusahaan juga mencari customer service seorang pria.

Tugas dari seorang customer service di antaranya adalah menangani keluhan yang diterima oleh pihak perusahaan khususnya dari para pelanggan. Pekerjaan ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena dibutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi, tingkat konsentrasi yang tinggi dan wawasan yang luas dalam bidang tertentu.

Baca juga: 6 syarat jadi dosen

2. Penulis

Profesi penulis

Profesi penulis – @rawpixel.com

Buat kamu yang memang memilihi hobi menulis, ada salah satu pekerjaan yang cocok nih buat kamu apalagi kalau kamu adalah seorang lulusan SMA. bekerja menjadi seorang penulis memang dibutuhkan keahlian mengolah dna merangkai kata dengan baik. Pekerjaan ini akan sangat berpeluang buat kamu karena sudah banyak media informasi di jaman digital sepertik sekarang ini.

Wawasan kamu juga akan semakin luas jika kamu nantinya menjadi penulis, bahkan kamu juga mendapatkan uang sekaligus. Kelebihan dari pekerjaan ini adalah pekerjaannya yang fleksibel. Tetapi tidak semua pekerjaan penulis bisa fleksibel apalagi kalau kamu dituntut bekerja sesuai jadwal oleh perusahaan tempat kamu bekerja.

3. Input data

profesi penginput data

profesi penginput data – @rawpixel.com

Pekerjaan yang ketiga yaitu input data. Dimana pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk menginput data yang ingin dikelola oleh suatu perusahaan. Pekerjaan ini membutuhkan kesebaran dan ketelitian yang tinggi sehingga pekerjaan ini tidak bisa dianggap enteng. Kesalah kecil yang ada pada proses penginputan data bisa berakibat fatal

4. Asisten pilot

Mungkin kamu sering dengar bahwa banyak lulusan SMA yang mendaftar menjadi seorang asisten pilot khususnya bagi kamu yang memilih juran IPA ketika SMA. Lulusan IPA akan lebih berpeluang untuk bisa menjadi seorang asisten pilot. Pekerjaan ini juga akan memberikan gaji yang besar. Buat kamu yang minat menjadi seorang asisten pilot, sangat disarankan untuk kamu mengikuti pelatihannya terlebih dahulu.

5. Anak buah kapal

Pekerjaan yang satu ini akan membuat kamu bisa pergi ke berbagai kota bahkan sampai ke luar negeri. Pekerjaan ini juga menawarkan gaji yang besar dan bisa mendapatkan pengalaman travelling mengingat tempat kerja yang selalu berpindah-pindah. Untuk bisa menjadi seorang anak buah kapal, kamu perlu menyiapkan mental yang kuat.

Pekerjaan ini juga akan memakan waktumu bersama keluarga dikarenakan kamu akan jarang berada di rumah.

6. Guru bimbel

Membuka les private

Membuka les private – @rawpixel.com

Kalau kamu adalah salah satu murid yang berprestasi ketika SMA, kamu bisa coba mendaftar menjadi guru di salah satu tempat les bimbingan belajar atau kamu membuka jasa les private.

Bekerja sebagai seorang guru membutuhkan sikap sabar dan tegas dalam mengajar mengingat akan banyak anak didik kamu yang memiliki karakteristik yang berbeda-bedda.

7. Asisten dokter gigi

Buat kamu yang tergolong sebagai orang yang cukup pemberani, kamu bisa mendaftar menjadi seorang sisten dokter gigi. Pasalnya, seorang dokter gigi memang membutuhkan asisten ketika bekerja.

Syarat agar kamu bisa diterima menjadi seorang asisten dokter gigi adalah dengan menjadi orang yang cekatan, ramah tamah dan bisa beradaptasi denga lingkungan.

Untuk tugas seorang asiten dokter gigi tidak terbatas hanya mengurus pendaftaran namun juga bertugas untuk mengurusi segala keperluan dokter.

Berikut adalah beberapa pekerjaan untuk lulusan SMA. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *